Bacaan Doa Makan Sahur Puasa Ramadhan yang Benar Sesuai Sunnah

1 min read

Doa Makan Sahur

Bacaan Doa Makan Sahur Puasa Ramadhan yang Benar Sesuai Sunnah – Di bulan Ramadhan ini, bagi tiap umat Islam melaksanakan ibadah puasa merupakan hal yang wajib dilakukan.

Bahkan sejak kecil tiap anak Muslim diajarkan untuk berpuasa. Anak – anak dilatih agar nantinya saat sudah baligh, mereka mampu dan terbiasa dalam melaksanakan ibadah wajib puasa.

Lalu bagaimana dengan do’a makan sahur saat bulan puasa? Apakah sama dengan niat puasa Ramadhan?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai do’a makan sahur di saat bulan Ramadhan secara lengkap dan jelas. Simak terus ya.

Puasa Ramadhan

Puasa Ramadhan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan bagi tiap umat Muslim selama hidupnya. Puasa Ramadhan dikerjakan hanya dalam waktu satu bulan di bulan Ramadhan. Selebihnya merupakan puasa sunnah yang dikerjakan di bulan selain bulan Ramadhan.

Melaksanakan puasa diawali dengan niat. Karena semua ibadah dan pekerjaan yang diawali dengan niat merupakan hal yang baik dan akan menambah catatan amal baik kita. Dan InsyaAllah akan Allah SWT. berkahi dan permudah yang kita kerjakan tersebut.

Puasa diawali dengan sahur pada malam harinya hingga sebelum fajar atau berakhir saat masuk waktu sholat subuh. Saat makan sahur diawali dengan berdoa.

Berdoa saat makan sahur sama halnya dengan doa makan. Berbeda dengan niat puasa ya. Niat puasa Ramadhan dilakukan setelah sholat tarawih atau sebelum fajar. Sedangkan doa makan sahur diucapkan sebelum kita makan sahur.

Lebih baik setelah sholat tarawih membaca niat berpuasa agar tidak lupa berniat puasa esok harinya. Karena jika tidak berniat puasa, maka tidak sah. Karena niat merupakan salah satu dari rukun puasa.

Hal ini tercantum dalam sebuah hadits berikut ini:

وَعَنْ حَفْصَةَ أُمِّ الْمُؤْمِنِينَ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : مَنْ لَمْ يُبَيِّتْ الصِّيَامَ قَبْلَ الْفَجْرِ فَلَا صِيَامَ لَهُ

Artinya: “Dari Hafshah Ummul Mukminin bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Barang siapa yang tidak berniat di malam hari sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.”” (HR. Abu Daud, At Tirmidzi, An Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Doa Makan Sahur

Sebelum memulai makan sahur kita sebaiknya membaca:

a. Bismillah
b. Do’a makan sahur

Adapun doa makan sahur yaitu sebagai berikut:

بِسْمِ اللَّهِ

Bismillah

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah.”

Kenapa membaca Bismillah? Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ

Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian makan, maka hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan apabila lupa, hendaklah ia membaca “Bismillaahi awwalahu wa aakhirahu” (dengan nama Allah pada awal dan akhir).” (HR. At Tirmidzi dan Abu Daud)

Karena Bismillah seperti kalimat pembuka dalam berdoa.

Setelah membaca Bismillah, barulah membaca do’a makan sahur yaitu doa makan. Adapun doa makan yang umum digunakan yaitu sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baariklanaa fiimaa razaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar.

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari azab neraka.” (HR. Imam Malik)

Kamu juga dapat menggunakan doa berikut ini saat akan menyantap makanan sahur kamu:

Doa Makan Sahur

Bacaan Arab Doa Makan Sahur

يَرْحَمُ اللهُ المُتَسَحِّرِيْنَ

Bacaan Latin Doa Makan Sahur

Yarhamullaahul mutasahhiriin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Makan Sahur

“Semoga Allah menurunkan rahmat-Nya bagi mereka yang bersahur.”

Rasulullah SAW. menggunakan doa tersebut sebelum menyantap makanannya.

Dengan begitu, kamu tetap harus membaca do’a makan sahur ya sebelum menyantap makanan sahur kamu. Agar makanan yang kita makan lebih berkah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa sahur yang dapat diamalkan saat kamu sedang makan sahur. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita ya. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *