Doa Mandi Wajib (Mandi Junub)

1 min read

Doa Mandi Wajib

Doa Mandi Wajib (Mandi Junub) – Berikut ini ialah maateri lengkap tentang doa mandi wajib dalam bahasa Arab, doa mandi wajib dalam bahasa Latin, serta manfaat mandi wajib dan selengkapnya

Setiap Muslim ketika ingin melakukan sholat fardu lima waktu, Sholat sunnah Dhuha, sholat Tahajjud, atau shalat Sunnah lainnya diwajibkan dalam keadaan suci. Yang dimaksud suci disini yaitu bebas dari hadast besar atau kecil.

Hadast kecil dapat dibersihkan dengan mencuci, sedangkan hadast besar diwajibkan untuk melakukan mandi wajib atau mandi junub. Saat melakukan mandi junub ini harus membaca doa mandi junub dengan urutan langkah-langkah yang benar agar mandi menjadi sempurna.

Junub artinya jauh. Tetapi berdasarkan pendapat dari para ulama fiqh bahwa junub berarti orang yang perlu mandi karena keluar air mani, baik karena hubungan badan atau karena hal-hal lain yang dapat menyebabkan air mani keluar. Mengapa disebut junub? Karena dalam kondisi seperti ini orang harus menjauhkan diri dari pelaksanaan ibadah sebelum mereka dapat membersihkan diri dengan mandi.

Orang-orang yang dilarang oleh hukum untuk shalat tetap di masjid, tawaf, membaca atau membaca ayat-ayat dari Al-Quran dan menyentuh mushaf. Junub terkandung dalam hadats besar, dan cara untuk memurnikan mereka adalah dengan mandi.

Niat dan Doa Mandi Wajib

Bacaan Latinnya :
“Nawaitu Ghusla Lirof’il Hadatsil Akbari Fardol Lillaahi Ta’aalaa”

Artinya :
“Saya berniat mandi wajib untuk menghilangkan hadat besar karena Allah Ta’ala”

Manfaat Mandi Wajib atau Mandi Junub

Mandi jubub disebutkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala dalam potongan firmannya Al Quran surat Al Maidah ayat 6, yaitu: “Jika Anda junub, maka mandilah”. Di balik perintah mandi wajib atau mandi Junub, aktivitas ini menyimpan manfaat luar biasa, dan manfaat mandi Junub berikut meliputi:

1. Dapat Mengembalikan Vitalitas

Ketika air mani kita keluar, kita biasanya merasa lemah. Nah, mandi junub mampu mengembalikan vitalitas, kebugaran, dan kebahagiaan karena keluar air mani tersebut. Ini sejalan dengan hadits riwayat Abu Dzar Al Ghifary, Rasulullah, ahu alayhi wa sallam bersabda sebagai berikut:

“Ketika saya mandi, saya merasa seolah-olah dua beban berat saya telah menghilang dari diri ini. Dua beban berat, kemalasan sebagai beban terberat dan naiknya roh ke alam luhur, kemudian tingkatkan kemampuan untuk mendapatkan keajaiban ciptaan Allah ketika bangun dari tidur. “

Ternyata manfaat mandi Junub yang pertama ini tidak hanya didasarkan pada hadits, tetapi juga dapat dijelaskan secara medis. Jika seseorang melepaskan air maninya sekali saja, orang itu melepaskan sekitar 2 miliar sperma. Dengan kata lain, orang itu juga akan kehilangan begitu banyak energi hanya dalam satu kali air maninya keluar.

Ini akan membuat orang merasa lelah dan untuk memulihkan kondisinya, tentu saja itu tidak akan cukup hanya dengan membilas atau mencuci alat kelamin, tetapi dengan menyirami semua anggota tubuh secara merata.

2. Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Tubuh

Mandi dapat menghilangkan berbagai kotoran dan penyebab bau badan yang tidak menyenangkan. Bau seperti itu jelas sangat mengganggu pria dan wanita, dan mandi dapat menghilangkannya.

3. Menghilangkan Kuman

Seperti halnya mandi biasanya, Mandi Junub juga dapat membersihkan kuman di kulit kita. Karena itu, ketika mandi Junub, kita seharusnya tidak hanya menyiramkan air ke kulit, tetapi juga menggosoknya dengan telapak tangan kita.

Kuman yang menempel di kulit dapat rontok dan terbawa oleh air.Dengan cara ini kita juga bisa terhindar dari berbagai penyakit yang bisa disebabkan oleh kuman ini.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Mandi wajib, beserta bacaan lainnya. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagai Anda semua.