Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia

3 min read

Doa Masuk Kamar Mandi

Doa Masuk Kamar Mandi Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia – Siapa yang tidak pernah masuk ke kamar mandi? Tiap orang pasti akan masuk kamar mandi. Entah untuk mandi atau pun buang air kecil atau pun benar.

Tapi tahukah kamu bahwa di kamar mandi merupakan tempat para setan? Lantas apa yang harus kita lakukan agar terhindar dari setan saat sedang di kamar mandi?

Sebelum memasuki kamar mandi sebaiknya kita membaca doa. Karena doa merupakan hal yang baik agar Allah SWT. dapat melindungi kita.

Nah, berikut ini akan dijabarkan secara lengkap dan jelas mengenai doa masuk kamar mandi lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia. Simak terus ya guys.

Anjuran Berdoa Masuk Kamar Mandi

Islam telah mengatur setiap kegiatan yang kita lakukan dalam hidup kita agar selalu terlindung oleh Allah SWT. Salah satunya yaitu ketika masuk kamar mandi.

Kamar mandi merupakan tempat yang akan selalu dimasuki oleh tiap manusia. Karena kamar mandi merupakan tempat yang dibutuhkan manusia untuk mandi atau pun buang hajat.

Oleh karena itu, kita tidak boleh menganggap remeh perkara masuk atau keluar kamar mandi. Karena ini merupakan kebiasaan dalam keseharian kita.

Terdapat adab dalam masuk kamar mandi, salah satunya yaitu membaca doa masuk kamar mandi dan keluar kamar mandi.

Kamar mandi merupakan tempat yang dipenuhi dengan berbagai najis. Karena kamar mandi merupakan tempat membersihkan diri dari hadats besar atau pun kecil.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk membaca doa saat memasuki kamar mandi agar setan atau pun jin tidak dapat mengganggu kita saat berada di kamar mandi.

Hal ini terdapat dalam sebuah hadits berikut ini:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ : أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ , كَانَ إذَا دَخَلَ الْخَلَاءَ قَالَ : اَللّٰهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

Artinya: “Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu mengatakan: “Jika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam hendak masuk kamar mandi, Beliau berdoa, “Allaahumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khabaaits” (Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari segala kejahatan dan kotoran).” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan kita sebagai umatnya untuk mengamalkan doa masuk kamar mandi ketika hendak masuk kamar mandi.

Doa Masuk Kamar Mandi

Adapun doa dari masuk kamar mandi yang dianjurkan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu sebagai berikut:

Doa Masuk Kamar Mandi
Doa Masuk Kamar Mandi

Bacaan Arab Doa Masuk Kamar Mandi

اَللّٰهُمَّ اِنِّيْ اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَآئِثِ

Bacaan Latin Doa Masuk Kamar Mandi

Allaahumma innii a’uudzu bika minal khubutsi wal khabaaits.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Masuk Kamar Mandi

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari segala kejahatan dan kotoran.”

Tujuan dari membaca doa sebelum kita masuk kamar mandi yaitu agar kita terhindar dari gangguan setan atau jin kafir. Karena kamar mandi merupakan tempat setan berada.

Adab Masuk dan Saat di Kamar Mandi

Ketika memasuki kamar mandi, Islam telah mengajarkan adab yang harus diperhatikan dan dilakukan saat kita memasuki atau pun berada di kamar mandi.

Adapun adab untuk masuk ke kamar mandi dan saat berada di kamar mandi yaitu sebagai berikut:

a. Pertama – tama, sebelum memasuki kamar mandi, dahulukan membaca بِسْمِ اللهِ atau Bismillah yang artinya Dengan menyebut nama Allah.

سَتْرُ مَا بَيْنَ أَعْيُنِ الجِنِّ وَعَوْرَاتِ بَنِي آدَمَ: إِذَا دَخَلَ أَحَدُهُمُ الخَلاَءَ، أَنْ يَقُولَ: بِسْمِ اللَّهِ

Artinya: “Penghalang antara mata jin dan aurat manusia adalah ucapan “bismillaah” ketika hendak masuk kamar mandi.” (HR. Ibnu Majah dan At Tirmidzi)

b. Kemudian dilanjutkan dengan membaca doa masuk kamar mandi sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya di atas.
c. Mendahulukan kaki kiri terlebih dahulu ketika akan melangkah masuk kamar mandi.
d. Gunakanlah alas kaki ketika berada di kamar mandi. Fungsi dari alas kaki di sini yaitu agar najis yang ada dilantai tidak menempel langsung ke kulit. Kamu dapat menggunakan sendal jepit ya.
e. Usahakan jangan bernyanyi atau berbicara keras selama di kamar mandi.
f. Selama berada di kamar mandi, tidak boleh membawa atau melafadzkan ayat – ayat Al Quran.
g. Tidak boleh mengucapkan atau menjawab salam dari kamar mandi.
h. Usahakan jangan menghadap atau membelakangi kiblat ketika buang air kecil atau pun buang air besar.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Apabila seseorang dari kalian buang hajat, maka janganlah menghadap kiblat atau membelakanginya. Akan tetapi hendaknya ia menyamping dari arah kiblat.” (HR. Al Bukhari)

Tetapi jika keadaan tidak memungkinkan untuk menyamping, maka diperbolehkan untuk ke arah lain yang terpenting tidak menghadap ke arah kiblat.

i. Menutup kamar mandi dengan rapat agar aurat tidak terlihat oleh orang lain.
j. Selesai melakukan mandi, buang air kecil atau pun buang air besar, siram sampai benar – benar bersih dan berhati – hatilah dengan najis.
k. Dahulukan kaki kanan terlebih dahulu saat akan melangkah keluar kamar mandi. Lalu bacalah غُفْرَانَكَ atau Ghufraanaka yang artinya Aku meminta ampun kepadaMu dan dilanjutkan dengan doa keluar kamar mandi.

Perlu diingat juga. Saat sedang cebok atau membersihkan najis, gunakanlah tangan kiri untuk membersihkan najis dan jangan menggunakan tangan kanan untuk memegang kemaluan.

Demikianlah beberapa adab masuk kamar mandi dan saat berada di kamar mandi.

Jadi, mulai dari sekarang kita harus membiasakan diri kita agar berdoa sebelum memasuki kamar mandi. Jangan lupa juga mengamalkan adab sebelum dan saat di kamar mandi.

Karena masih banyak di antara kita melakukan hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang berada di kamar mandi, seperti salah satunya yaitu menyanyi. Perlahan demi perlahan kita harus mengurangi dan akhirnya akan terbiasa untuk tidak bernyanyi di dalam kamar mandi.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai artikel doa saat memasuki kamar mandi yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia yang dapat membantu kamu ya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan dalam keseharian ya. Terima kasih.