Doa Masuk + Keluar Masjid

3 min read

Doa Masuk + Keluar Masjid

Doa Masuk + Keluar Masjid Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Masjid merupakan salah satu tempat ibadah bagi umat Islam. Selain itu, masjid sebagai rumah Allah Subhanahu wa ta’ala yang suci. Tempat di mana setiap umat Muslim beribadah tidak hanya melaksanakan sholat saja tetapi juga dapat mengaji dan melakukan ibadah lainnya. Jangan pernah meninggalkan masjid. Teruslah isi masjid dengan ibadah hanya kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sama seperti saat kita keluar masuk rumah atau pun kamar mandi, saat memasuki masjid sebaiknya berdoa. Karena masjid merupakan tempat yang suci dan rumah Allah Subhanahu wa ta’ala. Jika bertamu tentunya kita harus mengikuti adab sopan santun ketika memasuki atau keluar dari masjid atau musholah. Masjid juga tempat yang mulia. Salah satu adab dari masuk dan keluar masjid yaitu berdoa. Setelah berdoa jangan lupa untuk melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid.

Dalam keadaan yang suci dan bersih memasuki masjid untuk menambah pahala dan mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Beribadah dengan hati yang ikhlas dan keadaan bersih juga menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Awali dengan berdoa sebelum memasuki atau keluar dari masjid. Tahukah kamu bagaimana doa saat masuk + keluar dari masjid? Berikut ini artikel berdoa mengenai doa masuk + keluar dari masjid yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak hingga akhir artikel ini ya.

Masjid

Masjid merupakan salah satu tempat ibadah yang penuh dengan kemuliaan. Di dalam masjid tidak boleh melakukan hal-hal yang menimbulkan dosa atau pun fitnah. Berbuat dosa di masjid atau musholah merupakan hal yang sangat berdosa. Karena masjid merupakan rumah Allah Subhanahu wa ta’ala.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kita hal-hal baik yang patut kita contoh.

Masjid

Abu Sa’id Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا دَخَلَ أَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ افْتَحْ لِى أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ. وَإِذَا خَرَجَ فَلْيَقُلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Artinya: “Jika salah seorang di antara kalian memasuki masjid, maka ucapkanlah, “Allahummaf tahlii abwaaba rahmatik” (Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu). Jika keluar dari masjid ucapkanlah, “Allahumma inni as-aluka min fadhlik” (Ya Allah, aku memohon pada-Mu di antara karunia-Mu).” (HR. Muslim)

Dengan berdoa menjadikan lebih berkah. Selain itu, kita juga membentengi diri dari gangguan setan yang akan mengganggu kekhusyukan kita dalam beribadah. Kita lebih terjaga dan terlindungi dari segala mara bahaya.

Salah satunya yaitu dengan membaca doa ketika masuk + keluar masjid. Adapun berikut ini doa ketika masuk + keluar dari masjid:

Bacaan Doa Masuk Masjid

اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

Allahummaf tahlii abwaaba rahmatik.
Artinya: “Ya Allah, bukalah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Doa Masuk Masjid
Doa Masuk Masjid

Bacaan Doa Masuk Masjid Panjang

أَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A’uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allaahummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba rahmatik.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Tuhanku, berilah sholawat dan salam atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad. Ya Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu rahmat-Mu.”

Bacaan Doa Keluar Masjid

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ

Allahumma innii asaluka min fadlik.
Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon keutamaan dari-Mu.”

Doa Keluar Masjid
Doa Keluar Masjid

Bacaan Doa Keluar Masjid Panjang

أعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ فَضْلِكَ

A’uudzu billaahil ‘azhiim wa biwajhihil kariim wa sulthaanihil qadiim minas syaithaanir rajiim. Bismillaahi wal hamdulillaah. Allaahumma shalli wa sallim ‘alaa sayyidinaa muhammadin wa ‘alaa aali sayyidinaa muhammadin. Allâhummaghfirlii dzunuubii waftahlii abwaaba fadhlik.

Artinya: “Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya yang sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Ya Tuhanku, berilah sholawat dan salam atas Muhammad dan atas keluarga Muhammad. Ya Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Bukalah bagiku segala pintu kemurahan-Mu.”

Adab Masuk dan Keluar Masjid

Berikut ini adab masuk ke masjid yaitu sebagai berikut:

  1. Sebelum berangkat ke masjid atau musholah berwudhu terlebih dahulu.
  2. Gunakan pakaian yang bersih, suci, dan sopan.
  3. Ketika keluar rumah jangan lupa membaca doa keluar rumah.
  4. Dalam perjalanan menuju masjid atau musholah bacalah doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ فِىْ قَلْبِى نُوْرًا وَفِى لِسَانِىْ نُوْرًا وَفِىْ بَصَرِىْ نُوْرًا وَفِىْ سَمْعِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَسَارِىْ نُوْرًا وَعَنْ يَمِيْنِىْ نُوْرًا وَفَوْقِىْ نُوْرًا وَتَحْتِىْ نُوْرًا وَاَمَامِىْ نُوْرًا وَخَلْفِىْ نُوْرًا وَاجْعَلْ لِّىْ نُوْرًا

Allaahummaj ‘al fii qalbhii nuuraan wa fii lisaanii nuuraan wa fii basharii nuuraan wa fii sam ‘ii nuuraan wa ‘an yamiinii nuuraan wa’an yasaarii nuuraan wa fauqii nuuraa wa tahtii nuuraa wa amaamii nuuraan wa khalfii nuuraan waj ‘al lii nuuraan.

Artinya: “Ya Allah, jadikanlah di hatiku cahaya, pada lisanku cahaya dalam pendengaranku cahaya, di pandanganku cahaya, dari kananku cahaya, dari kiriku cahaya, dari atasku cahaya, dari bawahku cahaya, dari depanku cahaya, belakangku cahaya, dan jadikanlah untukku cahaya.”

  1. Perbanyak membaca dzikir dan sholawat dan berjalan dengan santai tidak tergesa-gesa.
  2. Saat tiba di masjid atau musholah, lepaskan alas kaki dari kaki kiri terlebih dahulu dan diikuti dengan kaki kanan.
  3. Ketika memasuki masjid dahulukan kaki kanan untuk melangkah masuk ke dalam masjid atau musholah.
  4. Baca doa masuk masjid atau musholah.
  5. Kerjakan sholat tahiyatul masjid.

Adapun berikut ini adab keluar dari masjid yaitu sebagai berikut:

  1. Ketika keluar dari masjid gunakan kaki kiri terlebih dahulu untuk melangkah keluar masjid atau musholah.
  2. Perbanyak membaca dzikir dan sholawat.
  3. Niatkan kembali untuk beribadah lagi di masjid atau musholah.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa masuk + keluar dari masjid yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan di kehidupan sehari-hari. Amiin ya Rabb. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read