Doa Melepas Pakaian Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia

1 min read

Doa Melepas Pakaian

Doa Melepas Pakaian Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia – Tiap manusia yang telah lahir di dunia ini tidak beralaskan sehelai kain pun. Berbeda dengan waktu meninggal. Saat seseorang meninggal hanya beralaskan sehelai kain putih.

Saat seorang manusia sudah baligh atau dewasa, pakaian merupakan hal wajib yang harus digunakan untuk menutup auratnya. Semua perbuatan yang kita kerjakan harus dengan niat dan doa. Begitu pula ketika kita berpakaian dan melepasnya.

Tahukah kamu bagaimana doa melepas pakaian yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa melepas pakaian yang akan diterangkan secara lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia. Simak terus ya.

Pakaian

Pakaian merupakan kebutuhan pokok yang dibutuhkan oleh manusia yang berfungsi untuk menutupi dan melindunginya dirinya.

Dalam Islam pun, pakaian menjadi sebuah hal yang wajib digunakan karena sebagai salah satu cara untuk menutupi aurat mereka.

Allah SWT. pernah berfirman dalam sebuah ayat Al Quran yaitu:

یٰبَنِیۡۤ اٰدَمَ قَدۡ اَنۡزَلۡنَا عَلَیۡکُمۡ لِبَاسًا یُّوَارِیۡ سَوۡاٰتِکُمۡ وَ رِیۡشًا ؕ وَ لِبَاسُ التَّقۡوٰی ۙ ذٰلِکَ خَیۡرٌ ؕ ذٰلِکَ مِنۡ اٰیٰتِ اللّٰہِ لَعَلَّہُمۡ یَذَّکَّرُوۡنَ

Artinya: “Wahai anak cucu Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu pakaian yang menutup auratmu dan juga (pakaian) bulu (untuk menjadi perhiasan), dan pakaian takwa itulah yang paling baik.” (QS. Al A’raf ayat 26)

Berdasarkan Surat Al A’raf ayat 26 tersebut bahwa pakaian memiliki fungsi yang sangat penting. Gunakanlah pakaian yang sesuai ketika berada di suatu tempat dengan tetap memperhatikan ketentuan batasan aurat bagi laki – laki atau pun aurat perempuan.

Pakaian juga dapat membuat kamu dalam masalah jika tidak menggunakan sesuai dengan syariat Islam ya. Pakaian yang baik akan menjadikan diri kita baik juga.

Sebab itu, ketika kita memakai atau melepas pakaian ada baiknya jika kita berdoa saat memakai atau melepas pakaian.

Doa Melepas Pakaian

Setiap perbuatan di dahului dengan niat dan doa. Sama halnya dengan melepas pakaian. Berikut ini merupakan bacaan dari doa melepas pakaian yang dapat diamalkan dalam keseharian.

Doa Melepas Pakaian

Bacaan Arab Doa Melepas Pakaian

بِسْمِ اللهِ الَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلَّا هُوَ

Bacaan Latin Doa Melepas Pakaian

Bismillaahil ladzii laa ilaaha illaa huwa.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Melepas Pakaian

“Dengan nama Allah yang tidak ada Tuhan selain-Nya.”

Rasulullah SAW. pun ketika akan melepas dan menggunakan pakaian berdoa. Mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW. merupakan hal yang baik dilakukan. Begitu pula dengan melepas pakaian dan berdoa.

Dari Anas bin Malik radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

سَتْرُ ما بينَ أَعْيُنِ الجِنِّ و عَوْرَاتِ بَنِي آدمَ إذا وضعَ أحدُهُمْ ثَوْبَهُ أنْ يقولَ: بسمِ اللهِ.

Artinya: “Tirai penghalang antara mata jin dan aurat manusia adalah bila seseorang hendak melepaskan pakaian, hendaklah ia membaca bismillah.” (HR. At Thabrani)

Berdasarkan hadits tersebut maka tidak hanya seorang manusia yag bukan mahrom yang tidak boleh melihat aurat kita tetapi juga jin. Allah SWT. bahkan melindungi aurat kita dari para jin. MasyaAllah. Sungguh Allah SWT. Maha Mengetahui.

Membiasakan diri melakukan hal – hal yang baik seperti berdoa setiap melakukan segala sesuatu merupakan suatu hal kecil yang sangat bermanfaat.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa melepaskan pakaian yang telah diterangkan secara jelas dan lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu dalam mengamalkan doa melepaskan pakaian tersebut di kehidupan sehari – hari dan menjadikannya suatu kebiasaan yang positif. Terima kasih.