Doa Memakai Pakaian Sehari-hari dan Baru Lengkap: Arab, Latin, dan Arti

2 min read

Doa Memakai Pakaian

Doa Memakai Pakaian Sehari – hari dan Baru Lengkap: Arab, Latin, dan Arti – Tiap manusia pasti mengenakan pakaian untuk melindungi dirinya dari paparan sinar matahari, cuaca yang tidak menentu, polusi, dan berbagai macam kondisi lainnya.

Pakaian merupakan kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan tiap orang. Lalu bagaimana jika kita mengenakan pakaian? Apakah langsung pakai saja pakaian tersebut? Atau kita memulai dengan berdoa sebelum memakainya? Ya mengenakan pakaian dimulai dengan berdoa, sama halnya dengan ketika kita melepas pakaian yang dibarengi dengan berdoa, memakai pakaian pun juga dibarengi dengan berdoa.

Tahukah kamu bagaimana bacaan dari doa ketika mengenakan pakaian?

Tenang guys, berikut ini akan dijelaskan mengenai doa yang diucapkan ketika kita mengenakan pakaian baik itu pakaian lama atau pun pakaian baru yang diterangkan secara lengkap dan jelas beserta bacaan Arab, Latin, dan Indonesia nya. Simak terus ya guys.

Pakaian yang Menutup Aurat

Mengenakan pakaian yang dapat menutupi aurat merupakan keharusan bagi tiap umat Muslim. Kenapa begitu? Agar auratnya terjaga dan tidak dapat dilihat oleh orang lain. Apakah kamu tidak malu jika ada orang lain yang melihat aurat kamu? Dan juga bukankah malu itu sebagian dari iman?

Oleh karena itu, kita harus menjaga aurat kita dan menumbuhkan sifat malu terhadap diri kita terutama tubuh kita agar tidak terlihat oleh orang lain.

Hal ini merupakan hal yang mendasari pentingnya pakaian bagi tiap umat Muslim. Tentunya pakaian yang sesuai dengan syariat Islam ya, yang dapat menutupi aurat kita.

Setiap tindakan dan perbuatan yang kita lakukan sebaiknya diawali dengan niat dan doa. Agar Allah SWT. selalu melindungi dan memberikan keberkahan kepada kita.

Oleh sebab itu, ketika kita memakai pakaian pun terdapat doa yang dapat kita amalkan saat memakainya. Hal ini serupa dengan ketika kita melepaskan pakaian, terdapat doa melepas pakaian yang dapat kita amalkan agar setan tidak melihat batasan pada tubuh kita.

Baik itu pakaian lama atau pun baru kita tetap harus berdoa ya. Mulailah dengan membiasakan dari hal yang kecil terlebih dahulu.

Apalagi jika kita memiliki pakaian baru. Bukankah sungguh senang hati kita saat memakainya. Dan jangan lupa untuk terus bersyukur kepada Allah SWT. atas segala nikmat yang telah Allah SWT. berikan kepada kita ya.

Bahkan Umar Radhiyallahu ‘anhu pernah diberi pesan oleh Nabi Muhammad SAW. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

الْبَسْ جَدِيدًا، وَعِشْ حَمِيدًا، وَمُتْ شَهِيدًا

Artinya: “Berpakaianlah yang baru, hiduplah dengan terpuji, dan matilah dalam keadaan syahid.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Meskipun begitu, kita tidak harus selalu membeli pakaian yang baru. Gunakanlah pakaian sewajarnya tak perlu berlebihan dengan terus – terusan membeli baju baru. Kecuali memang pakaian kita sudah tidak muat di badan kita lagi atau rusak. Jika memang sudah tidak muat lagi dan masih layak untuk dipakai, bisa kita berikan kepada orang lain yang membutuhkannya.

Bacaan Doa Memakai Pakaian

Menggunakan pakaian akan kita lakukan di tiap waktunya. Saat akan mandi atau akan bepergian kita akan mengganti pakaian.

Saat menggunakan pakaian, kita dapat berdoa ketika mengenakan pakaian. Baik itu pakaian sehari – hari atau pun pakaian baru.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai doa mengenakan pakaian sehari – hari dan pakaian baru.

Bacaan Doa Memakai Pakaian Sehari – Hari

Adapun doa dari mengenakan pakaian yaitu sebagai berikut:

Doa Memakai Pakaian

Bacaan Arab Doa Memakai Pakaian

بِسْمِ اللهِ اَللّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَاهُوَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّمَا هُوَلَهُ

Bacaan Latin Doa Memakai Pakaian

Bismillaahi allaahumma innii as aluka min khairihi wa khairi maa huwa lahuu wa a’uu dzubika min syarrihi wa syarri maa huwa lahuu.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Memakai Pakaian

“Dengan nama-Mu ya Allah, bagi-Mu segala puji, Engkau yang telah memakaikan pakaian itu kepadaku, aku meminta kepada Engkau untuk memperoleh kebaikan pakaian ini dan kebaikan apa saja yang ada padanya. Dan, aku berlindung kepada Engkau dari keburukannya (pakaian) ini dan keburukan apa saja yang ada padanya.” (HR. Ahmad, Abu Daud, At Tirmidzi, dan Hakim)

Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru

Adapun doa dari memakai pakaian baru sebagai berikut:

Doa Memakai Pakaian Baru

Bacaan Arab Doa Memakai Pakaian Baru

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِىْ كَسَانِىْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّىْ وَلاَقُوَّةٍ

Bacaan Latin Doa Memakai Pakaian Baru

Alhamdu lillaahil ladzii kasaanii haadzaa wa razaqaniihi min ghairi hawlim minni wa laa quwwatin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Memakai Pakaian Baru

“Segala puji bagi Allah yang memberikan aku pakaian ini dan memberikan rezeki dengan tidak ada upaya dan kekuatan dariku.”

Doa – doa tersebut merupakan doa yang dapat diamalkan dalam keseharian kita. Karena merupakan aktivitas yang biasa kita lakukan di tiap harinya.

Sedikit demi sedikit menabung kegiatan positif yang akan menjadikannya kebiasaan yang baik dan ladang pahala untuk kita yang dapat ditularkan kepada orang – orang di sekitar kita.

Baca Juga:

Demikianlah doa dari mengenakan pakaian sehari – hari atau pun pakaian lama dan pakaian baru yang telah dijelaskan secara lengkap dan jelas. Semoga doa ini dapat diamalkan di tiap harinya ya dan menjadikan ladang pahala untuk kita semua. Amiin. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *