Doa Mendapatkan Jodoh

3 min read

Doa Mendapatkan Jodoh

Doa Mendapatkan Jodoh – Jika berbicara tentang masalah jodoh. Siapa yang tidak akan tertarik. Jodoh seperti menjadi topik yang akan selalu hangat jika diangkat menjadi topik dalam segala urusan, apalagi sekarang bagi kaum Milineal khususnya kalangan para jomblo.

Tiap-tiap manusia selalu menantikan akan bertemu dan menikah dengan seseorang yang merupakan jodohnya. Bahkan banyak yang beranggapan jikalau sudah jodoh tidak akan tertukar. Pada kenyataanya, jodoh merupakan ketetapan Allah SWT. yang tetap harus diikhtiarkan, Ikhtiar yang di maksud yaitu berusaha dan dengan doa untuk mendapatkannya.

Menikah merupakan sebuah ibadah yang sangat diinginkan tiap-tiap umat manusia untuk menyempurnakan agama dan hidupnya. Menikah bersama seseorang yang telah ditetapkan dengan kita merupakan sebuah keinginan setiap manusia.

Lantas siapakah jodoh kita? Ada yang bilang merupakan cerminan diri. Itu sebabnya jika kita ingin memperoleh jodoh yang terbaik, kita juga harus memperbaiki diri kita. Hal itu merupakan salah satu usaha kita untuk mendapatkan jodoh.

Salah satu cara lain untuk memperoleh jodoh yaitu dengan ta’aruf. Jika semua cara telah kita lakukan dan tetap belum menemukan atau mendatangkan jodoh kepada kita, sudah waktunya pasrahkan semuanya kepada Allah SWT. dan memohon kepada Allah SWT. dengan cara berdoa agar dapat segera didekatkan jodoh dan akhirnya menikah.

Manusia merupakan makhluk ciptaan Allah SWT. yang dapat meminta apapun selama hal itu adalah hal yang termasuk dalam syariat dan tidak diharamkan oleh Allah SWT. Salah satunya adalah perihal jodoh. Dengan terus memanjatkan doa kepada Allah SWT. agar lekas dipertemukan dengan jodoh yang sholeh atau pun sholihah.

Doa Mendapatkan Jodohh

Berikut ini merupakan doa agar lekas mendapatkan jodoh yang terdapat dalam Al Qur’an surat Al Furqan ayat 74, Allah SWT. berfirman:

وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Walladziina yaquuluuna rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata a’yuniw waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Artinya: “Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.” (QS. Al Furqan (25) : 74 )

Doa Mendekatkan dengan Jodoh

1. Surat Al Furqan ayat 74

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ

Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrata a’yun.

Artinya: “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan dari kalangan kami sebagai penenang hati.” (QS. Al Furqan (25) : 74 )

2. Surat Al Anbiya ayat 89

رَبِّ لَا تَذَرْنِيْ فَرْدًا وَّاَنْتَ خَيْرُ الْوٰرِثِيْنَ

Rabbi laa tadzarnii fardan wa anta khairul waaritsiin.

Artinya: “Ya Tuhanku, janganlah Engkau biarkan aku hidup seorang diri (tanpa keturunan) dan Engkaulah ahli waris yang paling baik.” (QS. Al Anbiya (21) : 74 )

Potongan ayat dari surat tersebut di atas merupakan doa yang selalu dipanjatkan oleh Nabi Zakaria as. Ketika itu Nabi Zakaria as. belum juga diberikan keturunan oleh Allah SWT., setelah menjalani hidup berpuluh-puluh tahun lamanya. Nabi Zakaria as. memohon kepada Allah SWT. agar diberikan keturunan dan tidak hidup seorang diri. Oleh karena itu, doa ini digunakan untuk memohon kepada Allah SWT. supaya didekatkan dengan jodohnya.

3. Surah Al Qasas ayat 24

رَبِّ إِنِّيْ لِمَا أَنْزَلْتَ إِلَيَّ مِنْ خَيْرِ فَقِيْرٌ

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khoirin faqiirun.

Artinya: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan suatu kebaikan yang Engkau turunkan kepadaku.” (Al Qasas (28) : 24)

Doa tersebut di atas merupakan doa yang dipanjatkan oleh Nabi Musa as.

4. Doa Jodoh untuk Laki-Laki

Doa yang dilantunkan untuk mendapatkan seorang wanita yang sholehah dan terbaik sebagai pendamping hidup selamanya yaitu sebagai berikut:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجَةً طَيِّبَةً أَخْطُبُهَا وَأَتَزَوَّجُ بِهَا وَتَكُوْنُ صَاحِبَةً لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَةِ

Robbi hablii milladunka zaujatan thoyyibah akhtubuhaa wa atazawwaju biha watakunu shoohibatan lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi, dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

5. Doa Jodoh untuk Wanita

Agar segera mendapatkan seorang laki-laki yang sholeh dan dapat menjadi imam yang baik dalam membangun rumah tangga dengan penuh tanggung jawab yaitu sebagai berikut:

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ زَوْجًا طَيِّبًا وَيَكُوْنُ صَاحِبًا لِى فِى الدِّيْنِ وَالدُنْيَا وَالْأَخِرَة

Robbi hablii milladunka zaujan thoyyiban, wayakuuna shoohiban, lii fiddiini waddunyaa wal aakhiroh.

Artinya: “Ya Robb, berikanlah kepadaku suami yang terbaik dari sisi-Mu, suami yang juga menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia, dan akhirat.”

Kita tetap haus bersabar meskipun telah mengamalkan doa di atas, karena tidak semua doa akan dikabulkan dengan segera. Dan yang perlu diingat adalah, Allah SWT selalu punya cara untuk mengabulkan doa yang kita panjatkan kepada-Nya. Allah SWT. juga bukan tidak mengabulkan doa yang kita pinta tetapi Allah SWT. akan memberikan apa yang kita butuhkan, bukan apa yang kita inginkan.

Allah SWT. lebih tahu tentang apa yang kita butuhkan bukan apa yang kita inginkan.

Setiap manusia ingin hidup bersama dengan orang yang terbaik. Terbaik menurut kita belum tentu terbaik menurut Allah SWT. Allah SWT. akan memberikan kepada kita yang terbaik untuk dunia dan akhirat. Allah berfirman dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 216, yaitu:

وَعَسَى أَن تَكْرَهُواْ شَيْئًا وَهُوَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَعَسَى أَن تُحِبُّواْ شَيْئًا وَهُوَ شَرٌّ لَّكُمْ وَاللّهُ يَعْلَمُ وَأَنتُمْ لاَ تَعْلَمُونَ

Artinya: “…Tetapi boleh jadi kamu tidak menyukai sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.” (QS. Al Baqarah (2) : 216)

Amalan Agar Lekas Mendapatkan Jodoh

Doa agar lekas mendapatkan jodoh di atas dibaca sesudah sholat. Doa tersebut bisa juga diamalkan beriringan dengan usaha lainnya yaitu sebagai berikut:

  1. Memperbaiki Sholat fardhu atau wajib, baik perihal bolong-bolong dalam mengerjakannya, maupun gerakan sholat atau pun bacaan dalam sholatnya.
  2. Melaksanakan Sholat Tahajud di sepertiga malam
  3. Melaksanakan Sholat Hajat
  4. Melaksanakan Sholat Istikhorah
  5. Memperbaiki diri sendiri dan lebih menghargai diri sendiri
  6. Berserah diri dan tetap tawakal kepada Allah SWT.

Itulah beberapa cara yang bisa kita amalkan agar supaya lekas mendapatkan seorang jodoh yang terbaik.

Baca Juga:

Dengan mengamalkan doa-doa tersebut di atas, semoga dapat membantu kita dalam berikhtiar agar supaya lekas didekatkan atau dipertemukan dengan seseorang yang merupakan jodoh kita dan menikah.