Doa Menjenguk Orang Sakit

3 min read

Doa Menjenguk Orang Sakit

Doa Menjenguk Orang Sakit Bacaan Arab, Latin, dan Artinya Lengkap – Setiap orang memiliki kemampuan tubuh yang berbeda-beda. Pola hidup, tekanan, dan aktivitas yang berbeda-beda pula dapat menyebabkan daya tahan tubuh seseorang tentunya berbeda. Hidup sehat merupakan salah satu pilihan yang harus dilakukan agar tubuh memiliki sistem imun yang baik. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Kita harus benar-benar menjaga tubuh kita agar memiliki daya tahan tubuh yang baik agar dapat melindungi diri sendiri dan orang lain.

Daya tahan tubuh yang melemah dapat menyebabkan seseorang drop dan akhirnya tumbang, masuk rumah sakit abis itu. Padahal sehat merupakan nikmat yang diberikan Allah Subhanahu wa ta’ala. Tetapi tergantikan dengan sakit yang mau makan aja apapun juga rasanya tidak enak. Ya kan? Meski begitu ketika seseorang dari keluarga kita, teman, atau tetangga kita sedang sakit, sebaiknya sebagai umat manusia kita menjenguk orang tersebut.

Hal ini dilakukan sebagai rasa peduli dan juga hal yang terpenting yaitu mendoakan orang yang sedang sakit tersebut. Mendoakan dengan ikhlas dan berharap agar penyakitnya diangkat dan lekas pulih. Karena itu, artikel berdoa kali ini berisi mengenai doa ketika menjenguk orang sakit yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak sampai akhir ya.

Orang Sakit

Bacaan Doa Menjenguk Orang Sakit

Tubuh memberikan tanda kepada tubuh ketika merasa ada yang salah. Tanda yang diberikan tubuh haruslah disadari. Karena jika tidak bisa jadi akan menimbulkan penyakit yang lebih berbahaya lagi. Karena sakit tidaklah enak.

Sakit bisa jadi sebuah teguran dari Allah Subhanahu wa ta’ala.

Selain itu, sakit juga sebagai pelebur dosa. Dengan merasakan maka akan diambil salah satu nikmat manusia. Ketika sakit kita bisa merasakan kenikmatan dari makanan atau minuman. Semua yang masuk dalam mulut kita akan terasa pahit. Tubuh menjadi lemas tidak berdaya. Mau apa-apa susah. Apalagi jika masuk rumah sakit.

Yang menjaga di rumah sakit pun akan kerepotan. Terutama di masa pandemi seperti sekarang. Semua dibatasi. Yang menunggu pun tidak boleh ramai. Tidak bisa menjenguk lebih dari satu orang. Karena semua diperketat demi kebaikan bersama.

Ketika saudara atau orang terdekat kita sedang mengalami sakit ada baiknya untuk menjenguk orang tersebut. Menjenguk orang sakit merupakan salah satu hal yang diajarkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Ketika menjenguk orang sakit bacalah doa supaya Allah Subhanahu wa ta’ala mengangkat penyakitnya dan menyembuhkannya. Berikut ini doa ketika menjenguk orang sakit:

A. Doa Pertama

Kamu dapat membaca doa berikut ini untuk meminta kesembuhan seseorang yang sedang kamu jenguk.

اَللّٰهُمَّ رَبَّ النَّاسِ اَذْهِبِ الْبَأْسَ وَاشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لاَشِفَاءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

Allaahumma rabban naasi adzhibil ba’ sa, wasyfi antasy syaafii laa syifaa-a illaa syifaa-uka syifaa-an laa yughaadiru saqaman.

Artinya: “Ya Allah, wahai Tuhan seluruh manusia, hilangkanlah segala penyakit, dan berikanlah kesembuhan karena Engkau adalah Zat yang memberi kesembuhan. Tidak ada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Engkau, dengan kesembuhan yang tanpa ada rasa sakit sama sekali.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

B. Doa Kedua

Doa Menjenguk Orang Sakit

Adapun berikut ini doa yang dapat digunakan ketika menjenguk orang yang sedang sakit,

أَسْأَلُ اللهَ الْعَظِيمَ، رَبَّ الْعَرْشِ الْعَظِيمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As-alullaahal azhiim, rabbal ‘arsyil ‘azhiim, ayyasy fiyaka. (Dibaca 7 kali)

Artinya: “Aku mohon kepada Allah Yang Maha Agung, Tuhan yang menguasai Arasy yang agung, agar menyembuhkan penyakitmu.” (HR. At Tirmidzi dan Abu Daud)

C. Doa Ketiga

Berikut ini merupakan doa pendek yang dapat dibaca ketika menjenguk orang sakit,

لاَ بَأْسَ طَهُورٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Laaba’sa thahuurun insyaa allah.
Artinya: “Tidak mengapa, semoga sakitmu ini membuat dosamu bersih, insya Allah.” (HR. Al Bukhari)

Doa-doa tersebut dapat dibaca ketika kita datang dan hendak pulang. Dengan berdoa diharapkan Allah Subhanahu wa ta’ala meringankan, mengangkat, dan menyembuhkan agar lekas dapat sehat kembali. Meski begitu rasa sakit juga dapat menggugurkan kesalahan. Ketika sakit jangan berputus asa dan terus memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Mohon ampunlah atas segala kesalahan yang telah dilakukan. Bisa jadi rasa sakit itu teguran agar kita lebih menjaga diri kita.

Memperhatikan kondisi tubuh sendiri merupakan tugas kita. Kita yang tahu batas kemampuan tubuh kita. Kapan waktunya bekerja, istirahat, dan bermain. Tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan diri dari rasa sakit jadi penuhilah hak tubuh kamu agar tetap dapat sehat. Dengan memporsir diri kita hanya dapat menyebabkan kelelahan tubuh.

Peduli terhadap diri sendiri saja tidak bisa bagaimana jika harus memperhatikan orang lain? Makan nunggu diambilin, sering begadang, makan makanan yang tidak sehat, tidak berolah raga, dan masih banyak penyebab lainnya yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Apalagi jika seseorang tersebut tipe yang memendam segalanya sendiri, bisa jadi rasa kesal dan perasaan jelek lainnya berubah menjadi penyakit. Itu sebabnya mendekatkan diri kepada Allah Subhanahu wa ta’ala merupakan satu kunci yang dapat memberikan kebahagian kepada kita, bukan hanya perihal dunia saja, tetapi jiwa kita menjadi tenang, damai, dan tenteram.

Adab Menjenguk Orang Sakit

Ketika berkunjung untuk melihat orang yang sedang sakit, kita tidak bisa asal datang saja. Dalam Islam diajarkan beberapa tata cara ketika akan datang menjenguk orang yang sedang sakit. Adapun berikut ini adab yang harus dilakukan:

  • Mengucapkan salam,
  • Memberikan semangat dan pengertian untuk bersabar dalam menerima musibah,
  • Mempersingkat kunjungan,
  • Menghibur dan menunjukkan rasa empati, dan
  • Mendoakan.

Apalagi jika mengunjungi seseorang di rumah sakit. Kita juga harus mematuhi peraturan rumah sakit. Bukan hanya datang untuk menjenguk keluarga kita saja, tetapi perhatikan juga bagaimana orang-orang yang satu ruangan dengan saudara kita.

Jangan sampai saat kita berkunjung untuk menjenguk orang sakit malah mengganggu orang lain.

Perhatikan adab dalam menjenguk orang yang sedang sakit. Pastikan orang tersebut tidak terganggu dengan kehadiran kita. Berdoalah memohon kesembuhan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar mengangkat penyakitnya. Hal tersebut merupakan salah satu perbuatan yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa menjenguk orang sakit yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan untuk Anda sekalian. Amiin ya Rabb. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read