Doa Menyembelih Hewan Kurban saat Idul Adha Lengkap

2 min read

Doa Menyembelih Hewan Kurban

Doa Menyembelih Hewan Kurban saat Idul Adha Lengkap – Sebentar lagi kita akan bertemu dengan bulan Dzulhijjah. Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang dinantikan karena pada tanggal 10 Dzulhijjah termasuk Idul Adha.

Masa haji yang menandakan dekatnya Idul Adha. Tetapi di tahun ini, tahun 2020, merupakan tahun yang berbeda. Karena wabah atau pandemi dari virus corona membuat pemerintah mengambil keputusan untuk meniadakan keberangkatan haji pada tahun ini.

Meskipun begitu, bisa saja penyembelihan hewan kurban akan tetap dilangsungkan. Lantas jika menyembelih hewan kurban apakah cukup dengan bismillah saja? Atau ada doa yang dibaca ketika memotong hewan kurban?

Berikut ini akan dijelaskan secara lengkap pada ulasan berikut mengenai Doa menyembelih hewan kurban. Simak terus ya.

Kurban

Taqarrub atau udhiyyah berarti kurban. Kurban di sini maksudnya yaitu hewan ternak yang akan di kurbankan di saat Idul Adha, tepatnya pada tanggal 10 Dzulhijjah.

Berkurban yaitu menyembelih hewan ternak dengan niat untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Hal ini tercantum dalam ayat Al Quran yaitu pada surat Al Kautsar ayat 2, Allah SWT. berfirman:

فَصَلِّ لِرَبِّكَ وَانْحَرْ

Artinya: “Maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah).” (QS. Al Kautsar ayat 2)

Hewan ternak yang dikurban yaitu unta, sapi, kerbau, domba, atau kambing.

Berkurban dilakukan saat Idul Adha dan di tiga hari tasyrik, sehingga dapat menyembelih kurban pada tanggal 10, 11, 12, 13 Dzulhijjah.

Berkurban merupakan sunnah bagi umat Muslim. Tetapi jika seseorang umat Muslim yang mampu dan tidak melakukannya maka artinya makruh karena tidak berkurban.

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ وَجَدَ سَعَةً فَلَمْ يُضَحِّ فَلا يَقْرَبَنَّ مُصَلاَّنَا

Artinya: “Barang siapa mendapatkan kelapangan tetapi tidak berkurban, maka janganlah dia mendekati tempat sholat kami.” (HR. Imam Ahmad dan Ibnu Majah)

Jika memang mampu dan berkecukupan tidak ada salahnya untuk berkurban. Karena sebagian dari harta kita juga termasuk dalam hak orang lain.

Berkurban karena Allah SWT. bertujuan untuk mendapatkan keberkahan dan ketakwaan. Hal ini tercantum dalam Al Quran surat Al Hajj ayat 37, Allah SWT. berfirman:

لَنۡ یَّنَالَ اللّٰہَ لُحُوۡمُہَا وَ لَا دِمَآؤُہَا وَ لٰکِنۡ یَّنَالُہُ التَّقۡوٰی مِنۡکُمۡ ؕ کَذٰلِکَ سَخَّرَہَا لَکُمۡ لِتُکَبِّرُوا اللّٰہَ عَلٰی مَا ہَدٰىکُمۡ ؕ وَ بَشِّرِ الۡمُحۡسِنِیۡنَ

Artinya: “Daging – daging unta dan darahnya itu sekali – kali tidak dapat mencapai (keridhoan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang – orang yang berbuat baik.” (QS. Al Hajj ayat 37)

Doa Menyembelih Hewan Kurban

Ketika menyembelih hewan kurban, mulailah dengan membaca doa. Jangan sampai melupakan untuk membaca doa untuk memotong hewan kurban ya.

Berdoa untuk menyembelih hewan kurban terdapat beberapa jenis, yaitu:

a. Doa untuk memotong hewan kurban

Adapun doa dari menyembelih hewan kurban yaitu sebagai berikut:

Doa Menyembelih Hewan Kurban

Bacaan Arab Doa Menyembelih Hewan Kurban

اَللَّهُمَّ هَذِهِ مِنْكَ وَإِلَيْكَ فَتَقَبَّلْ مِنِّيْ يَا كَرِيْمُ

Bacaan Latin Doa Menyembelih Hewan Kurban

Allahumma hadzihi minka wa ilaika fataqabbal minnii yaa kariim.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban

“Ya Tuhanku, hewan ini adalah nikmat dari-Mu. Dan dengan ini aku bertaqarrub kepada-Mu. Karenanya ya Tuhan Yang Maha Pemurah, terimalah taqarrubku.”

Selain doa tersebut dapat juga menggunakan doa yang lain.

b. Doa untuk memotong hewan kurban milik sendiri

Doa ini digunakan jika memotong hewan kurban milik sendiri yaitu sebagai berikut:

Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Sendiri

Bacaan Arab Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Sendiri

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنِّي

Bacaan Latin Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Sendiri

Bismillaahi allahumma wallaahu akbar allahumma hadzaa minka wa laka, hadzaa ‘annii.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Sendiri

“Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, (ternak ini) dari-Mu dan untuk-Mu. Kurban ini dariku.” (HR. Muslim dan Al Baihaqi)

c. Doa unutk memotong hewan kurban milik orang lain

Sedangkan jika hewan kurban yang akan disembelih milik orang lain maka dapat menggunakan doa berikut ini:

Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Orang Lain

Bacaan Arab Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Orang Lain

بِسْمِ اللَّه اللَّهُمَّ وَاللَّهُ أَكْبَرُ اَللَّهُمَّ هَذَا مِنْكَ وَلَكَ، هَذَا عَنْ فُلَانٍ

Bacaan Latin Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Orang Lain

Bismillaahi allahumma wallaahu akbar allahumma hadzaa minka wa laka, hadzaa ‘an (nama).

Terjemahan Arti Bacaan Doa Menyembelih Hewan Kurban Milik Orang Lain

“Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, (ternak ini) dari-Mu dan untuk-Mu. Kurban ini atas (nama).” (HR. Muslim dan Al Baihaqi)

Doa yang akan dibaca dapat digunakan salah satunya. Biasanya orang yang memotong hewan kurban merupakan seseorang yang dianggap mampu. Dalam artian ilmu agamanya lebih atau tau dan mengerti tata cara memotong hewan kurban.

Setelah memotong hewan kurban dan berkurban dengan niat dan hati yang ikhlas hanya untuk Allah SWT., semoga kurban kita diterima oleh Allah SWT.

وَإِذْ يَرْفَعُ إِبْرَاهِيمُ الْقَوَاعِدَ مِنَ الْبَيْتِ وَإِسْمَاعِيلُ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا ۖ إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Artinya: “Dan (ingatlah), ketika Ibrahim meninggikan (membina) dasar – dasar Baitullah bersama Ismail (seraya berdoa): “Ya Tuhan kami terimalah dari pada kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui”.” QS. Al Baqarah ayat 127)

Semoga tahun ini tetap dapat melaksanakan pemotongan hewan kurban yang berjalan dengan lancar dan tidak menimbulkan berkumpulnya khalayak ramai. Agar tetap terjaga keamanan di masa pandemi ini.

Meski ibadah haji ditunda hingga tahun depan, semoga alam segera pulih. Pandemi yang menghambat aktivitas kita dapat segara ditemukan vaksinnya. Jaga kesehatan dan kebersihan. Jangan lupa untuk menggunakan masker. Hidup sehat dan bersih merupakan salah satu kunci. Karena kebersihan sebagian dari iman.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa menyembelih hewan kurban yang dapat diamalkan saat menyembelih hewan kurban di Idul Adha berikutnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu ya. Terima kasih.