Doa Meredakan Angin Kencang

2 min read

Doa Meredakan Angin Kencang

Doa Meredakan Angin Kencang – Indonesia merupakan negara yang beriklim tropis. Musim yang ada di Indonesia hanya ada musim hujan dan kemarau. Indonesia sering sekali terjadi bencana akhir-akhir ini. Saat musim hujan sering terjadi banjir, angin kencang. Jika memasuki musim kemarau, panas yang terlampau panas hingga kekeringan di mana-mana.

Saat hujan, terkadang terdapat angin yang begitu kencang yang menyebabkan banyak bencana. Salah satunya yaitu rumah banyak yang rusak, pohon tumbang, dan lain sebagainya. Ketika angin kencang terjadi lebih baik berada di dalam rumah.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika terjadi angin kencang? Apakah terdapat do’a yang dapat meredakan angin kencang tersebut? Ya, kita dapat meminta perlindungan dan pertolongan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Berikut ini akan dibahas mengenai ulasan do’a untuk meredakan angin kencang lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Angin Kencang

Saat hujan dapat membentuk angin. Angin ini berasal dari udara dingin yang tetap yang akhirnya mencapai permukaan tanah dan menyebar ke segala arah dan mengakibatkan angin kencang. Angin kencang bisa menyebabkan badai atau pun tornado.

Angin kencang sangatlah berbahaya. Semakin kencangnya kecepatan angin dapat membawa atau menghancurkan apapun yang ada di hadapannya. Angin kencang yang muncul pun bisa berbentuk besar atau pun kecil.

Allah Subhanahu wa ta’ala menjelaskan perihal angin yang menjadi hujan pada salah satu ayat di dalam Al Quran yaitu pada surat Ar Rum ayat 48. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

اللهُ الَّذِي يُرْسِلُ الرِّيَاحَ فَتُثِيرُ سَحَابًا فَيَبْسُطُهُ فِي السَّمَاءِ كَيْفَ يَشَاءُ وَيَجْعَلُهُ كِسَفًا فَتَرَى الْوَدْقَ يَخْرُجُ مِنْ خِلَالِهِ ۖ فَإِذَا أَصَابَ بِهِ مَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ إِذَا هُمْ يَسْتَبْشِرُونَ

Artinya: “Allah, Dia-lah yang mengirimkan angin, lalu angin itu menggerakkan awan dan Allah. Membentangkan di langit menurut yang dikehendaki-Nya, dan menjadikannya bergumpal-gumpal. Kemudian, kamu lihat hujan keluar dari celah-celahnya, maka jika hujan itu turun mengenai hamba-hamba-Nya yang dikehendaki-Nya, tiba-tiba mereka menjadi gembira.” (QS. Ar Rum ayat 48)

Begitulah hujan turun yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala sebagai salah satu nikmat rezeki yang terkadang bisa juga menjadi sebuah musibah yang melanda.

Semua yang Allah Subhanahu wa ta’ala ciptakan memiliki tugas dan maksudnya sendiri. Baik itu berupa musibah atau pun rezeki. Sebagai manusia, kita hanya bisa menjalaninya dengan ikhlas dan sabar. Karena Allah Subhanahu wa ta’ala telah menakdirkan semua yang terjadi dengan sebaik-baiknya. Allah Maha Mengetahui sedangkan kita tidak.

Doa Meredakan Angin Kencang

Ketika angin semakin kencang kita hanya bisa pasrah dan terus berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar melindungi dan menjaga kita. Selain itu juga, berdoa agar dapat meredakan angin kencang tersebut.

Berikut ini merupakan doa-doa yang dapat dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala berdasarkan dengan ajaran yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam untuk meredakan angin kencang yaitu:

a. Doa Meredakan Angin Kencang Panjang

Adapun do’a yang digunakan untuk meredakan angin kencang dengan menggunakan do’a yang lebih lengkap yaitu sebagai berikut:

Bacaan Arab Doa Meredakan Angin Kencang Panjang

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيهَا وَخَيْرَ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُرْسِلَتْ بِهِ

Bacaan Latin Doa Meredakan Angin Kencang Panjang

Allahumma innii as-aluka khairahaa wa khaira maa fiihaa wa khaira maa ursilat bihi wa a’uudzu bika min syarrihaa wa syarrimaa fiihaa wa syarrimaa ursilat bih.

Terjemahan Arti Doa Meredakan Angin Kencang Panjang

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin (ribut) ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan angin yang dihembuskan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan tujuan angin itu dihembuskan.” (HR. At Tirmidzi dan An Nasa’i)

b. Doa Meredakan Angin Kencang Pendek

Adapun do’a yang digunakan untuk meredakan angin kencang yaitu sebagai berikut:

Doa Meredakan Angin Kencang

Bacaan Arab Doa Meredakan Angin Kencang Pendek

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ خَيْرَهَا وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

Bacaan Latin Doa Meredakan Angin Kencang Pendek

Allahumma innii as-aluka khairahaa wa a’uudzubika min syarri ha.

Terjemahan Arti Doa Meredakan Angin Kencang Pendek

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekan angin ini.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)

c. Doa Meredakan Angin Kencang

Ubai bin Ka’ab Radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Janganlah kalian mencaci angin. Kemudian jika Engkau melihat yang tidak menyenangkan, maka berdoalah:

Bacaan Arab Doa Meredakan Angin Kencang

اللَّهُمَّ إِنِّي نَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِ هَذِهِ الرِّيْحَ وَخَيْرِ مَا فِيْهَا وَخَيْرِ مَا أُمِرَتْ بِهِ وَنَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذِهِ الرِّيْحَ وَشَرِّ مَا فِيْهَا وَشَرِّ مَا أُمِرَتْ بِهِ

Bacaan Latin Do’a Meredakan Angin Kencang

Allahumma innii nasaluka min khairi hadzihir riiha wa khairi maa fiihaa wa khairi maa umirat bihi wa na’uudzubika min syarri hadzihir riiha wa syarri maa fiihaa wa syarri maa umirat bih.

Terjemahan Arti Do’a Meredakan Angin Kencang

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada padanya, dan kebaikan yang dibawanya. Dan kami berlindung kepada-Mu dari keburukan angin ini, keburukan yang ada padanya, dan keburukan yang dibawanya.” (HR. At Tirmidzi)

Anda dapat membaca salah satu dari doa-doa yang telah disebutkan tersebut. Doa tersebut merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam. Dengan membaca doa kita mendapatkan pahala karena telah berbuat baik, dan juga menjadi seseorang yang lebih bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Karena kita mengingatkan dan mengajarkan doa tersebut.

Tetaplah berhati-hati ketika berada di rumah atau pun di luar rumah. Jangan lupa berdoa sebelum melakukan sesuatu dan jangan melupakan sholat. Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang dapat menjaga dan melindungi kamu.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai do’a untuk meredakan angin kencang lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Doa Ketika Mendengar Petir

Doa ibu
2 min read