Doa Ketika Mimpi Buruk

3 min read

Doa Ketika Mimpi Buruk.

Doa Ketika Mimpi Buruk – Mimpi merupakan sebuah bunga tidur. Tidak jarang orang yang bermimpi ketika sedang tidur.

Apabila kita tidur dengan nyenyak, biasanya kita tidak akan bermimpi. Tapi, tak jarang banyak yang bermimpi dan mimpinya terkadang mimpi buruk.

Mimpi buruk bisa disebabkan karena jin atau pun setan. Lantas bagaimana jika kita bermimpi buruk? Apa yang harus kita lakukan? Adakah doa yang dapat kita baca ketika bermimpi buruk?

Berikut ini akan dibahas secara lengkap artikel mengenai pengertian mimpi, doa ketika bermimpi buruk dari bacaan Arab, Latin, dan Indonesia, serta hal – hal yang harus dilakukan ketika kita mengalami mimpi buruk.

Simak terus artikel ini ya. Kamu dapat melihat artikel sebelumnya pada berdoa.co.id ini ya.

Pengertian Mimpi

Mimpi merupakan gambaran dan cerita yang diciptakan oleh pikiran kita sendiri ketika kita sedang tidur. Ada juga yang mengatakan bahwa mimpi merupakan bunga tidur.

Terdapat beberapa jenis mimpi yang terjadi saat kita tidur, yaitu:

  • mimpi karena diri sendiri,
  • mimpi karena merupakan berita gembira yang diberikan oleh Allah SWT., dan
  • mimpi sedih yang berasal dari setan.

Berdasarkan hadits riwayat Imam Bukhari dan Muslim bahwa Rasulullah SAW. berkata:

“Mimpi itu ada tiga macam, yaitu mimpi yang baik sebagai berita gembira dari Allah, mimpi seorang muslim yang dialami oleh dirinya sendiri, dan mimpi sedih yang berasal dari setan. Jika salah seorang di antara kalian mengalami mimpi yang tidak disukai, janganlah menceritakannya kepada orang lain, bangunlah, kemudian sholatlah.” (HR. Imam Bukhari dan Muslim)

Bacaan Doa Ketika Mimpi Buruk

Berikut ini merupakan doa ketika mimpi buruk yaitu:

Doa Ketika Mimpi Buruk

Bacaan Arab Doa Ketika Mimpi Buruk

هُوَ اللهُ ، اَللهُ رَبِّيْ لَا شَرِيْكَ لَهُ. أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّةِ مِنْ غَضَبِهِ وَمِنْ شَرِّ عِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَأَنْ يَحْضُرُوْنِ

Bacaan Latin Doa Ketika Mimpi Buruk

Huwallaahu, allaahu rabbii, laa syariika lah. A‘uudzu bikalimaatillaahit tammaati min ghadhabihi wa min syarri ‘ibaadihi wa min hamazaatisy syayaatiini wa an yahdhuruun.

Terjemahan Arti Doa Mimpi Buruk

“Dialah Allah, Allah Tuhanku. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat – kalimat Allah yang sempurna dari kemarahan-Nya, keburukan hukuman-Nya, kejahatan hamba – hamba-Nya, dan dari godaan setan serta aku berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu.”

Atau bisa dengan doa yang lainnya yaitu:

Doa kedua adalah sebagai berikut;

أَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوْذُ بِكَ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَان وَسَيِّئاَتِ اْلأَحْلاَمِ

Allahumma innii a ’uuzubika min ‘amalisy syaithaani wa sayyi aatil ahlaam.

Artinya:
“Ya Allah aku berlindung kepada -Mu dari perbuatan setan dan buruknya mimpi.”

Hal yang Dilakukan Ketika Mimpi Buruk

Mimpi buruk asalnya dari setan. Oleh sebab itu, kita harus berlindung kepada Allah SWT. agar dapat dijauhkan dari setan. Janganlah lupa membaca doa sebelum tidur agar kita dihindarkan dari gangguan setan yang menyebabkan mimpi buruk dan dilindungi oleh Allah SWT.

Firman Allah SWT. di dalam Al Quran surat Al A’raaf ayat ke-200, yaitu:

وَ اِمَّا یَنۡزَغَنَّکَ مِنَ الشَّیۡطٰنِ نَزۡغٌ فَاسۡتَعِذۡ بِاللّٰہِ ؕ اِنَّہٗ سَمِیۡعٌ عَلِیۡمٌ

Artinya:
“Dan, jika kamu ditimpa sesuatu godaan setan maka berlindunglah kepada Allah.” (QS. Al A’raaf ayat 200)

1. Jangan menceritakan mimpi buruk kepada orang lain

Apabila bermimpi buruk, janganlah menceritakan mimpi tersebut kepada orang lain karena mimpi tersebut berasal dari setan

عَنْ جَابِرٍ قَالَ جَاءَ أَعْرَابِىٌّ إِلَى النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ رَأَيْتُ فِى الْمَنَامِ كَأَنَّ رَأْسِى ضُرِبَ فَتَدَحْرَجَ فَاشْتَدَدْتُ عَلَى أَثَرِهِ. فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- لِلأَعْرَابِىِّ « لاَ تُحَدِّثِ النَّاسَ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِكَ فِى مَنَامِكَ ». وَقَالَ سَمِعْتُ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- بَعْدُ يَخْطُبُ فَقَالَ « لاَ يُحَدِّثَنَّ أَحَدُكُمْ بِتَلَعُّبِ الشَّيْطَانِ بِهِ فِى مَنَامِهِ .

Artinya:
Dari Jabir radhiallahu ‘anhu, ada seorang Arab Badui datang menemui Nabi kemudian bertanya, “Ya Rasulullah, aku bermimpi kepalaku dipenggal lalu menggelinding kemudian aku berlari kencang mengejarnya”. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada orang tersebut, “Janganlah kamu ceritakan (kepada orang lain) ulah setan yang mempermainkan dirimu di alam mimpi”. Setelah kejadian itu, aku mendengar Nabi menyampaikan dalam salah satu khutbahnya, “Janganlah kalian menceritakan ulah setan yang mempermainkan dirinya dalam alam mimpi.” (HR. Muslim)

Tetapi, jika itu mimpi baik maka ceritakanlah kepada orang lain. Seperti pada hadits riwayat Bukhari dan Muslim, yaitu:

“Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi yang ia sukai, maka sesungguhnya ia datangnya dari Allah SWT., maka bertahmidlah (ucapkan Alhamdulillah) dan kabarkanlah mimpi baik tersebut (kepada orang lain).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ciri – ciri mimpi yang benar yaitu ketika cuaca sedang, pepohonan bergoyang hingga jatuhnya dedaunan, dan kondisi psikologis orang tersebut dalam keadaan seimbang atau normal, serta tidak sedang memikirkan sesuatu hal sebelum tidur.

Anjuran untuk menceritakan mimpi yang baik tertera pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yaitu:

“Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi yang ia sukai, maka sesungguhnya ia datangnya dari Allah Swt, maka bertahmidlah (ucapkan Alhamdulillah) dan kabarkanlah mimpi baik tersebut (kepada orang lain).” (HR. Bukhari dan Muslim).

Berdasarkan sabda Rasulullah SAW. telah mengajarkan kita mengenai mimpi buruk, bahwa:

إِذَا رَأَى أَحَدُكُمْ الرُّؤْيَا يَكْرَهُهَا فَلْيَبْصُقْ عَنْ يَسَارِهِ ثَلَاثًا وَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ثَلَاثًا وَلْيَتَحَوَّلْ عَنْ جَنْبِهِ الَّذِي كَانَ عَلَيْهِ

Artinya:
“Apabila salah seorang dari kalian melihat mimpi yang ia benci, maka hendaknya ia meludah ke kiri sebanyak tiga kali dan berlindunglah kepada Allah dari kejahatan setan sebanyak tiga kali dan ubahlah posisi tidurnya posisi tidurnya dari posisi sebelumnya ke posisi lainnya.” (HR. Muslim)

2. Meludah kearah kiri sebanyak tiga kali.

Maksud dari meludah ke arah kiri yaitu untuk mencela dan menghina setan.

3. Berlindung kepada Allah SWT. dengan membaca doa

Membaca doa atau berta’awwudz dari gangguan dan tipu daya setan, serta keburukan yang orang itu mimpikan sebanyak tiga kali.

4. Mengubah posisi tidurnya ke sisi lain.

Jika saat terjadinya mimpi buruk posisi tidurnya berbaring ke arah kanan, maka sebaiknya merubah posisi tidurnya menjadi ke arah kiri. Begitu pun sebaliknya.

Dengan merubah posisi tidur, mimpi buruk yang datang tadi agar dibuang jauh – jauh dan digantikan dengan mimpi yang baik.

Sebelum tidur ada baiknya setelah membaca doa tidur, bacalah surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas sebanyak tiga kali. Kemudian membaca ayat kursi.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa mimpi buruk yang telah dipaparkan secara lengkap. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu dan dapat bermanfaat, serta diamalkan di tiap harinya. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read