Doa Nabi Adam

2 min read

doa nabi adam

Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang Doa Nabi Adam ketika dia diturunkan ke bumi karena melanggar perintah Allah.

Ketika berada di surga, nabi Adam berbuat salah kepada Allah, dia harus diusir dari surga dan dipisahkan dari Hawa selama 300 tahun.

Selama 300 tahun ini, Nabi Adam selalu berdoa dan mengakui kesalahannya kepada Tuhan.

Perbuatan Dzolim adalah tindakan yang sangat berbahaya bagi dirinya sendiri maupun bagi orang lain.
Karena kerugian yang diakibatkan dari tindakan ini termasuk dalam kelas tindakan yang harus dihindari oleh semua Muslim.

Namun, ada begitu banyak orang yang tidak sabar sehingga mereka sengaja dan tidak sengaja melakukan kesalahan.

Banyak orang yang secara tidak sadar melakukan sesuatu yang salah dapat merugikan diri sendiri dan lebih buruk bagi orang lain.

Kisah tentang perbuatan zalim ini terkandung dalam Alquran, yang menceritakan nabi Adam yang diusir dari surga karena ia tidak bisa menghindar dari godaan iblis.

Selain itu, Nabi Adam merasakan penderitaan lain ketika di bumi, ia harus dipisahkan dari Siti Hawa, dalam jangka waktu yang lama, yaitu 300 tahun.

Selama masa ini, Nabi Adam selalu meminta ampunan untuk bertobat dari kesalahannya agar bersatu kembali dengan Hawa.

Berikut beberapa Doa Nabi Adam, arab latin dan terjemahannya lengkap dengan gambar :

Doa Nabi Adam

(Rabbanaa zholamnaa anfusanaa wa illam tagfirlanaa watarhamnaa lanakuunanna minal khaasiriin)

Artinya : “Ya Tuhan kami, kami telah menzhalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi”

Doa Ampunan Nabi Adam

(La ilaha illa anta subhanaka wa bihamdika rabbi ‘amiltu su-an wa dzalamtu nafsi faghfirli anta khoirul ghofirin la ilaha illa anta subhanaka wa bihamdika robbi ‘amiltu su-an wa dzolamtu nafsi farhamni innaka arhamur rohimin la ilaha illa anta subhanaka wa bihamdika robbi ‘amiltu su-an wa dzolamtu nafsi fatub ‘alayya innaka antat tawwabur rohim)

Artinya : “Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah melakukan dosa dan menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku karena Engkau sebaik-sebaik pemberi ampunan. Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah melakukan dosa dan menzalimi diriku sendiri, maka kasihanilah aku, sesungguhnya Engkau sebaik-baik pengasih. Tiada Tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau dan segala puji untuk-Mu. Tuhanku, aku telah melakukan dosa dan menzalimi diriku sendiri, maka ampunilah aku, sesungguhnya Engkau sebaik-baik penerima taubat dan Maha Penyayang”

Doa nabi Adam ketika berada di Multazam

doa nabi adam

(Allohumma innaka ta‘lamu sirri wa ‘alaniyyati, faqbal ma‘dzirati. Wa ta‘lam ma fi nafsi faghfir li dzunubi. Wa ta‘lam hajati fa a‘thini suali. Allohumma inni as’aluka imanan yubasyir qalbi, wa yaqinan shodiqon hatta a‘lama annahu la yushibuni illa ma katabtu li, war ridho bima qodhoita ‘alayya)

Artinya : “Ya Allah, Engkau mengetahui rahasia dan tindak-tandukku, terimalah permohonan maafku. Engkau mengetahui detak hatiku, ampunilah dosaku. Engkau mengetahui kebutuhanku, kabulkanlah permohonanku. Ya Allah, aku memohon pada-Mu diberikan keimanan yang meresap dalam hati, keyakinan yang teguh sehingga aku yakin bahwa tidak ada apa pun yang akan menimpaku kecuali karena takdir yang telah Engkau catat, dan aku rida terhadap ketentuan yang Engkau tetapkan untukku.”

Waktu yang tepat untuk membaca doa Nabi Adam

Sangat disarankan membaca doa Nabi Adam saat waktu tertentu, misalnya yang berikut:

  1. Berdoa setelah Sholat Fardu dan setelah shalat Sunnah juga bisa dibaca.
  2. Berdoa setelah bertaubat dan setelah mengerjakan shalat sunnah taubat 2 rakaat.
  3. Berdoa saat berada di makam Nabi Ibrahim AS, setelah melakukan shalat sunnah Tawaf.

Manfaat doa Nabi Adam

  1. Dapat menyadarkan semua dosa yang telah kita lakukan.
  2. Ini adalah doa pengampunan semua dosa.
  3. Ditinggalkan dan dijauhkan dari godaan dan bisikan setan yang terkutuk.
  4. Mendapat pengalaman dari kesalahan yang dilakukan Nabi Adam AS.
  5. Memiliki banyak keutamaan baik untuk kehidupan dan akhirat.
  6. Ketika dipraktekkan secara teratur dan sering, maka doa-doanya lebih dekat untuk dijawab oleh Allah SWT.

Demikianlah materi tentang doa Nabi Adam serta teks Latin dan maknanya yang telah saya tambahkan, serta waktu atau momen yang tepat untuk membaca doa, dan manfaat dari melaksanakan doa ini.

Jangan lupa baca juga doa lainya : Bacaan Doa Sapu Jagat Arab, Latin, dan Arti

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read