Doa Nabi Daud

2 min read

Doa Nabi Daud lengkap dibahas secara rinci dalam bahasa arab, latin, dan Indonesia serta amalan yang dilakukan nabi daud.

Nabi Daud merupakan salah satu nabi yang diperintahkan untuk mengingatkan anak-anak Israel untuk kembali ke jalan Allah SWT. Namun, setiap tugas yang didapatkan tentu memiliki kesulitan dan mendapatkan pengalaman yang beliau alami sendiri.

Allah SWT Maha baik kepada hamba-hamba-Nya. Untuk menyederhanakan dakwah yang dilakukan oleh Nabi Daud, Allah memberikan kepada Nabi Daud mukjizat. Di antaranya, Nabi Daud memiliki suara merdu dan juga dapat melunakkan besi.

Namun, Nabi Daud lupa dan selalu berdoa kepada Allah SWT. Dia selalu berdoa tentang kehidupan yang setiap hari selalu dicari orang.

Doa Nabi Daud Agar Mendapat Suara Merdu

Latinnya : (Allaahummaj’al shoutii kashouti a-immatil haroomainisy-syariifain)

Bacaan Indonesianya : “Yaa Allah, jadikan suara saya indah saat membaca Al-qur’an”

Doa Nabi Daud Untuk Ketentraman Rumah Tangga

Latinnya : (Allahumma inni a’uzubika min malin yakunu ‘alayya fitnatan wa min waladin yakun ‘alayya wabalan wa minimroatis su-i tuqorribus syaiba qablal masyibi wa a’uzubika min jaris su-i tar’ani ‘ainahu wa tasma’uni uzunahu in ro-a hasanatan dafanaha wa ini ro-a sayyiatan aza’aha)

Artinya : “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepadaMu dari harta yang menjadi fitnah, dari anak yang menjadi bencana, dari istri buruk yang mendekatkan uban sebelum datangnya waktu beruban. Dan aku berlindung kepadaMu dari tetangga buruk yang matanya mengawasiku dan kedua telinganya mendengarku, yang jika melihat kebaikan ia sembunyikan, dan jika melihat keburukan ia sebarkan.”

Amalan Nabi Daud

Doa untuk melembutkan hati yang keras

Mukjizat lain yang dimiliki oleh Nabi Daud yaitu kemampuannya untuk melunakkan besi yang keras dengan jari-jarinya. Jadi hikmat dari mukjizat ini ialah kita dapat memiliki kekuatan seperti itu. Bukan untuk melunakkan besi, tetapi kita berharap bahwa dengan doa ini kita dapat melembutkan hati orang yang keras.

Dengan membaca “Allahumma layyin li qalbahu, laiyyinta li daawudal hadiid”.
Arti dari doa ini adalah “Ya allah, lembutkanlah hatinya seperti Engkau melembutkan besi (akan) Daud”.

Anda dapat membaca doa ini jika Anda harus menghadapi seseorang yang memiliki hati yang keras. Memintalah pada Allah, Sang pemilik hati, dan yang Maha membolak balikkan hati hambanya.

Doa untuk mendapatkan jodoh

Agar segera menemukan jodoh adalah doa yang paling banyak diminta. Doa ini cukup mustajab dan Anda dapat mempraktikkannya untuk membuatnya lebih mudah dan lebih dekat dengan jodoh Anda.

Pembacaan doa ini, sebagaimana dinyatakan dalam hadis kisah Tirmidzi, adalah “Allahumma inni as-aluka hubbaka wa Hubba man yuibbuka, wa ‘amalalladzii yuballighunii hubbaka, Allahummaj’al hubbaka ahabba ilayya min nafsii wa expan wa minal maa’il baarid” .

Arti dari doa ini sendiri adalah, “Ya Allah, sungguh, aku meminta kepada-Mu untuk cinta-Mu dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon padamu, perbuatan yang bisa menuntunku pada cinta-Mu, ya Allah, buat cinta-Mu lebih aku cinta dari diriku, keluargaku serta air dingin.

Kita dapat membaca doa ini setelah setiap sholat fardu atau sholat sunnah. Melafalkan doa ini setelah sholat hajat akan mudah dikabulkan oleh Allah. Namun, jangan lupa untuk menjaga ketulusan dan kesabaran dan berserah diri kepada Allah sampai Allah menilai bahwa kita siap untuk menemukan pasangan terbaik dari-Nya.

Puasa Shaiam ad-Dahr

Shaim ad-Dahr merupakan puasa yang selalu dipraktikkan oleh Nabi Daud. Puasa Nabi Daud adalah yang paling disukai Allah. yaitu berpuasa berselang ke hari berikutnya. Puasa ini adalah cara Nabi Daud untuk selalu bersyukur atas semua berkah yang telah ia terima dari Allah.

Bertasbih dan selalu meminta cinta Allah

Nabi Daud juga bertasbih sepanjang hidupnya sebagai bentuk cinta kepada Allah. Berdasarkan Hadits, Nabi Daud mencintai Allah lebih dari keluarganya, kekayaannya, dan dirinya sendiri. Dia selalu meminta cinta Allah dengan berdoa, “Allahumma inni as-aluka hubbaka wa hubba man yuhibuka wal amalalladzi yuballighuni hubbaka, allahumma al hubbaka ahabba ilayya min nafsi wa ahli wa minal ma’il barid”

Doa di atas memiliki makna: “Ya Allah, sungguh, aku memohon kepada-Mu untuk cinta-Mu dan cinta orang-orang yang mencintai-Mu, dan aku memohon kepada-Mu untuk perbuatan yang dapat menuntunku pada cinta-Mu. ya Allah, jadikanlah cinta-Mu lebih aku cintai dari diriku, keluargaku dan air dingin di ladang tandus”

Sholat malam

Berdasarkan Hadits Bukhari pada no 1131, Abdullah bin Amr RA, berkata:

“Rasulullah Saw berkata: sesungguhnya Memang, puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Daud, sedangkan sholat yang paling disukai adalah juga sholat Daud As, Beliau tidur sampai tengah malam, kemudian bangun untuk sepertiga malam (untuk sholat Lail) dan kemudian tertidur untuk seperenam (sisa malam) dan dia berpuasa satu hari dan berbuka sehari”

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *