Doa Nabi Musa

2 min read

Doa Nabi Musa

Tidak sedikit doa yang dapat kita amalkan didasarkan pada apa yang telah kita pelajari dalam kisah Musa As. Dari doa meminta belahan jiwa, doa meminta bantuan, bahkan doa untuk mempermudah urusan duniawi. Doa ini dipraktikkan secara luas oleh hampir semua umat Islam karena doanya yang singkat dan bermakna.

Nabi Musa adalah salah seorang putra nabi Imran dari garis keturunan Nabi Yaqub As dan merupakan saudara lelaki Nabi Harun. Silsilah Nabi Musa dapat digambarkan sebagai berikut: Musa bin Imran bin Qahits bin Azir bin Lawa bin Yaqub. Nabi Musa merupakan seorang nabi yang dikirim untuk orang-orang Yahudi di bawah pemerintahan Firaun di Mesir.

Kisah Musa adalah salah satu kisah paling terkenal di dunia dan tidak hanya dikenal oleh umat Islam, tetapi juga bagi agama-agama lain di dunia, seperti Yahudi dan Kristen. Kisah Musa ditentukan oleh kisahnya tentang perang melawan Firaun (Ramses II) dan orang-orang Yahudi atau anak-anak Israel.

Selaku seorang nabi, Musa memiliki beberapa keajaiban yang diberikan oleh Allah SWT sebagai bukti kenabiannya. Tetapi selain mukjizat, ada beberapa doa wajib yang paling mustajab yang diamalkan Nabi Musa, sebagaimana dinyatakan dalam Al-Quran. Berikut ini adalah salah satu doa Musa agar urusan kita diringankan oleh Allah Swt.

Doa Nabi Musa Agar Dilapangkan Dada

Terdapat dalam surat Thaha : 25-28.

Latinnya : (Robbis rohlii shodrii, wa yassirlii amrii, wahlul ‘uqdatam mil lisaani, yafqohu qoulii)

Artinya : “YaTuhanku, lapangkanlah dadaku. mudahkanlah untukku urusanku. dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku”

Doa Nabi Musa Lainnya

Manfaat Membaca Doa Nabi Musa

Yang diucapkan Nabi Musa sangat bermanfaat. Menurut makna ini, doa ini berisi banyak permohonan kepada Allah Swt, karena tidak ada tempat lain untuk beribadah dan berdoa kecuali Allah Swt. Selain tu, beberapa sumber juga menyebutkan beberapa keuntungan ketika membaca doa Nabi Musa:

  1. Doa Nabi Musa mempunyai manfaat besar untuk membebaskan dan meringankan semua kesulitan dan kesempitan yang Anda alami.
  2. Menyederhanakan cara Anda untuk memecahkan masalah yang sulit. Tuhan akan memberi Anda titik yang jelas dalam setiap masalah Anda, apabila Anda serius mengamalkannya.
  3. Membuka hati Anda sebagai orang yang mengamalkan doa sehingga dapat menyampaikan dakwah yang baik dan akurat ke masyarakat.
  4. Dapat meluluhkan hati lawan bicara saat anda sedang berbicara dengan seseorang yang Anda hormati, atau seseorang yang memiliki pengetahuan lebih dari Anda, misalnya, ketika menyelesaikan pekerjaan di perguruan tinggi atau wawancara kerja. Ini bertujuan membuat Anda tidak mengucapkan kata-kata yang salah.
  5. Meningkatkan kepercayaan diri Anda saat berbicara di depan umum. Misalnya melakukan pidato, memberi kuliah atau sesuatu yang lain. Di mana hal itu memerlukan konsentrasi tinggi dan kepercayaan tinggi. Doa ini juga dapat membantu Anda mencegah pembicara Anda dari salah paham tentang apa yang Anda bicarakan.

Cara Mengamalkan Doa Nabi Musa

Bagaimana cara anda mengamalkan doa? Doa ini biasanya digunakan ketika Anda melakukan kegiatan tertentu. Berikut ini adalah cara untuk mempraktekkan doa salam Nabi Musa As:

a. Untuk membuat mudah berbagai urusan

Baca doa Nabi Musa setelah melakukan shalat Fardu atau Sunnah. Ulangi doa ini sampai Anda mendapatkan titik terang untuk setiap masalah yang ingin anda selesaikan.

b. Untuk meluluhkan hati orang lain

Jika Anda ingin memberikan pidato, sambutan, atau opini publik sekarang, bacalah doa ini sebelum Anda memulai pidato atau sambutan Anda. Ini untuk memudahkan Anda mengucapkan kata-kata dan menghindari mengatakan apa pun yang tidak berguna.

Selain itu, doa ini juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda karena Anda merasa bahwa Allah selalu ada di sisi Anda saat Anda berada di mata publik. Di sisi lain, doa ini juga dapat digunakan agar suami Anda dapat mendengar dan menaati kata-kata Anda sebagai seorang istri.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Nabi Musa. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read