Doa Nabi Yunus

3 min read

Doa Nabi Yunus

Doa Nabi Yunus – Pernahkah kalian mendengar kisah tentang Nabi Yunus as. ketika ditelan bulat-bulat oleh ikan paus yang sangat besar? Bagaimana cara Nabi Yunus as. bertahan hingga bisa keluar dari perut ikan paus yang sangat gelap?

Apa yang dilakukan Nabi Yunus ketika ditimpa masalah yang sangat besar dan berhasil keluar dan tetap hidup? Semua karena pertolongan Allah SWT. Nabi Yunus as. selalu berdoa kepada Allah SWT. dan doa tersebut dikenal dengan sebutan doa Nabi Yunus yang dapat membantu setiap manusia ketika menghadapi masalah dan lainnya.

Artikel kali ini akan membahas tentang Doa Nabi Yunus. Untuk itu, terus simak yaa… Jika kalian ingin mengetahui tentang doa lainnya yang memiliki banyak keutamaan dapat terus memantau artikel artikel di sini ya… Atau jika ingin membaca artikel sebelumnya tentang doa malam hari dapat dilihat juga…

Setiap manusia mempunyai jalan hidupnya sendiri. Tidak ada satu manusia pun yang sama satu sama lain. Baik itu tentang masalah, kebahagiaan, atau pun musibah tidak ada satu pun yang mengalami hal yang sama. Dengan membaca doa nabi Yunus akan membuat masalah lebih ringan. Insyaallah.

Salah satu dari doa yang berasal dalam potongan ayat Al Qur’an yaitu doa nabi Yunus. Doa nabi Yunus terdapat dalam Al Qur’an pada surat Al Anbiya ayat ke 87 dan 88, berikut ini:

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (87) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ(88

Artinya: “Dan (ingatlah kisah) Dzun Nuun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempit nya (menyulitkan nya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: Laa ilaaha illa anta, subhaanaka innii kuntu minaz zhaalimiin. “Sungguh tidak ada sesembahan yang berhak disembah selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang orang yang dzalim”. Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan dan demikianlah Kami selamatkan orang orang yang beriman.” (QS. Al Anbiya : 87 – 88)

Kisah Nabi Yunus as.

Dahulu kala terdapat seorang nabi yang merasa gagal karena tidak sabar dalam berdakwah terhadap umatnya dan akhirnya seseorang tersebut pergi berlayar meninggalkan kaumnya. Beliau adalah Nabi Yunus as. Nabi Yunus as. berlayar ke laut lepas, ketika kapal yang dinaiki oleh nya kelebihan muatan dan menjadi oleng.

Nabi Yunus as. akhirnya keluar dari kapal itu dan ditelan oleh seekor ikan paus yang sangat besar. Di dalam perut paus yang sangat gelap Nabi Yunus as. terjebak. Tak hanya gelap dal perut ikan, tetapi juga Nabi Yunus as. diliputi pula oleh gelapnya malam dan lautan.

Nabi-Yunus

Di dalam semua kegelapan itu, Nabi Yunus as. tersadar akan kesalahan yang telah diperbuatnya. Nabi Yunus as. bertobat kepada Allah SWT. dan terus menerus memohon ampunan Allah SWT. Nabi Yunus as. terus-menerus memuji Allah SWT. dan mengakui kesalahan dirinya. Nabi Yunus as. terus membaca doa berikut:

Tanpa henti terus memanjatkan doa tersebut di atas, dan dikenal dengan doa tersebut. Nabi Yunus as. merasa sangat bersalah dan terus berserah diri kepada Allah SWT.

Akhirnya Allah SWT. memerintahkan paus besar itu untuk merapat ke tepi pulau. Saat itu, di sanalah ikan paus itu memuntahkan Nabi Yunus as. Terdapat banyak tanaman buah-buahan yang menyehatkan dan segar tepi pulau tersebut, yang dapat dinikmati oleh Nabi Yunus as.

Dibalik semua keberkahan yang nabi Yunus as. rasakan terdapat nikmat lain yang amat sangat luar biasa, yaitu ketika Nabi Yunus as. kembali ke kaumnya, ternyata seluruh kaum pengikut Nabi Yunus as. telah beriman kepada Allah SWT.

Allah SWT. telah memberikan kemudahan atas masalah Nabi Yunus as. dan menyelesaikannya. Nabi Yunus dapat bertahan dalam perut ikan paus dan dikeluarkan di tepi pulau yang penuh dengan tanaman yang menyehatkan, serta kembalinya kaum Nabi Yunus as. dalam keimanan.

Begitulah cerita tentang Keutamaan dari doa Nabi Yunus yang membantu Nabi Yunus as. menghadapi masalahnya.

Berikut ini merupakan sabda Rasulullah SAW. yang menceritakan kepada para sahabat-sahabatnya tentang kisah Nabi Yunus as.:

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ اِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ , سُبْحَا نَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ . فَاِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَيْءٍ قَطُّ اِلاَّ اسْتَجَابَ اللهُ لَهُ .

Artinya: “Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) ketika ia berdoa dalam perut ikan paus adalah : Laa ilaaha illa anta, subhaanaka inni kuntu minaz zhaalimin. Tidak ada tuhan yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku adalah termasuk diantara orang orang yang berbuat aniaya. Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu masalah melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR Tirmidzi)

Doa Nabi Yunus

لاَ اِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ , سُبْحَا نَكَ اِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّا لِمِيْنَ

Laa ilaha illaa anta, subhaanaka innii kuntu minaz zhaalimiin.

Artinya: “Tidak ada tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang orang yang dzalim.” (QS. Al Anbiya 21 : 87)

Hidup ini penuh dengan kehidupan yang gelap. Supaya dapat keluar dari gelapnya kehidupan terdapat tiga cara yang harus diamalkan yaitu sebagai berikut:

  1. Mengakui keesaan Allah SWT.
  2. Mengakui kesucian Allah SWT.
  3. Mengakui kesalahan diri sendiri

Keutamaan Doa Nabi Yunus

Rasulullah SAW. telah bersabda tentang manfaat membaca doa ini. Berikut ini merupakan beberapa dari keutamaan atau manfaat dari membaca doa nabi Yunus yaitu sebagai berikut:

Dalam hadist riwayat Ahmad, At Tirmidzi, An Nasaa’i, dan Al Hakim dalam Nawadir Al Ushul, Rasulullah SAW. mengatakan bahwa barangsiapa yang membaca doa ini (doa nabi Yunus) maka permintaan atau hajatnya akan dikabulkan.

Dalam hadist riwayat Al Hakim dari Sa’ad bin Abi Waqash yang diambil dari sebuah kitab Ad Durr Al Mantsur, Rasulullah SAW. berkata bahwa yang membaca doa ini sebanyak 40 kali saat kondisi tubuh sedang sakit, lalu kemudian dia meninggal dunia, maka dia akan memperoleh pahala seperti orang yang meninggal dalam keadaan mati syahid.

Agar hidup bahagia di dunia dan di akhirat, dengan membaca secara rutin doa nabi Yunus ini sebanyak 1.000 kali di tiap harinya atau dengan membaca doa ini sebanyak 40 kali sesudah sholat subuh tanpa terputus sama sekali di tiap subuh.

Dengan doa nabi Yunus ini setiap manusia yang mengalami kesusahan dalam dirinya akan digantikan dengan sebuah kebahagiaan dalam hidupnya.

Baca Juga:

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Nabi Yunus. Semoga artikel ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *