Doa Naik Kendaraan

2 min read

Doa Naik Kendaraan

Berikut ini adalah materi tentang Doa Ketika Naik Kendaraan sesuai Sunnah Rasulullah, Doa Ketika Naik Kendaraan Lengkap serta Penjelasan Doa Ketika Naik Kendaraan.

Melalui hewan dan binatang, manusia bisa makan daging mereka, minum susu mereka, menggunakan bulunya dengan menggunakan kekuatan mereka dan mengubahnya menjadi kendaraan manusia.

Dan dari hal-hal yang ada di Bumi, manusia dapat mengubahnya, memprosesnya, dan mengolahnya menjadi hal-hal yang berguna dan bermanfaat seperti yang mereka inginkan.

Kendaraan adalah barang berharga yang berasal dari karya agung manusia. Kalau dulu orang hanya mengenal melalui binatang atau hewan, seperti kuda, unta, keledai, gajah, sapi dan lainnya.

Sekarang manusia telah berhasil membuat kendaraan dari berbagai objek alami yang memiliki sifat lebih cepat, lebih canggih, lebih baik dan lebih menarik. Mulai dari kendaraan darat, kendaraan laut hingga pesawat terbang.

Bacaan Doa Naik Kendaraan Sesuai Sunnah Rasulullah

Diriwayatkan oleh Sahabat Ali Ra, bahwa pada saat Rasulullah mengendarai seekor unta, maka urutan doa berikut dibaca oleh Beliau:

Membaca “Bismillah”.

Dia membaca “bismillah”, pada saat Rasulullah meletakkan kakinya di atas tunggangan untanya.

Baca Alhamdulillah.

Dia membaca “Alhamdulillah”, Pada saat Rasulullah SAW sudah duduk diatas punggung untanya.

Membaca doa ketika naik kendaraan.

Selanjutnya, ia membacakan doa naik kendaraan (ketika ia sedang menunggangi unta) sebagai berikut:

kendaraan

Baca Alhamdulillah dan Takbir sebanyak tiga kali.

  • “Alhamdulillah”, berarti bahwa ‘Segala puji hanya untuk Allah’ (3x).
  • “Allah Akbar”, berarti bahwa ‘Allah Maha Besar’ (3x).

Membaca doa Istighfar.

Bacaan Doa Ketika Naik Kendaraan Lengkap

Berikut ini adalah bacaan Arab doa ketika naik kendaraan lengkap :

سُبْحَانَ الَّذِيْ سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ. وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ

Bacaan Latin Doa Ketika Naik Kendaraan Lengkap:

“Bismillaah, Alhamdulillaah, subhaanal-ladzii sakh-khoro lanaa haadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin. Wa innaa ilaa robbinaa lamunqolibuun”.
“Alhamdulillaah (3x), Allaahu Akbar (3x), Subhaanakallaahumma Innii Zholamtu Nafsii Faghfir Lii, Fa-Innahu Laa Yaghfirudz-Dzunuuba illaa Anta.”

Artinya Doa Krtika Naik Kendaraan Lengkap :

“Maha Suci Tuhan yang telah mengatasi semua ini untuk kami padahal kami tidak mampu menguasainya, dan sesungguhnya kami memang akan kembali kepada Tuhan kami” (pada hari penghakiman/hari kiamat).

“Segalla Puji bagi Allah (3x), Allah Maha besar (3x). Maha Suci bagi Engkau ya Allah. Sungguh, aku telah menganiaya diriku sendiri, jadi ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang bisa mengampuni dosa dosa kecuali Engkau.”

Penjelasan Doa Naik Kendaraan

Sesuai dengan instruksi yang diajarkan di atas dalam Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad Saw di atas. Jadi jika Anda akan mengendarai kendaraan pribadi atau angkutan umum. Kita hendaklah membaca doa dalam perjalanan dengan urutan sebagai berikut:

1. Baca Bismillah

Membaca “Bismillah” ketika Anda mulai memasuki kendaraan.

Dijelaskan dalam sebuah hadits bahwa Nabi Muhammad bersabda:

“Ada setan di setiap punggung unta itu. Jad, jika menungganginya hendaklah menyebutkan nama Allah Swt Yang Maha Tinggi” (HR. Ahmad, Nasa’i, Ibn Hibban, dan Hakim).

Sabda Rasulullah ini memiliki arti bahwa orang yang mengendarai kendaraan ini dapat menghadapi sifat iblis seperti kesombongan, ujub, pamer dan berbangga diri.

2. Baca Alhamdulillah

Pembacaan alhamdulillah dilakukan ketika sedang didirikan atau duduk di atas kendaraan. Pentingnya membaca bacaan ini adalah bentuk dari rasa syukur kita.

3. Mengucapkan Doa Tasbih

Doa doa ini dibacakan setelah kita duduk di atas kendaraan, yaitu setelah kita membaca Hamdalah.

4. Baca Alhamdulillah dan Takbir Sebanyak Tiga Kali

Mengapa kita harus mengulangi pembacaan Hamdalah ini? Karena Allah sudah memberi kita kekuatan dan kemampuan sehingga kita dapat bersyukur dan berbuat ketaatan kepada-Nya. Dan Mengapa kita membaca takbir? Karena kebaikan Allah yang kita miliki saat ini adalah kenikmatan yang benar-benar luar biasa.

5. Baca doa Istighfar

Dalam doa istighfar yang diajarkan di atas, kita mulai dengan mensucikan Allah. Hal ini menyiratkan makna bahwa Allah adalah Dzat dari yang Maha Sempurna dan dilindungi dari segala celaan dan kekurangan.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Naik Kendaraan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *