Doa Niat Menikah

2 min read

Doa Niat Menikah

Doa Niat Menikah Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap makhluk hidup diciptakan secara berpasangan. Ada pagi, ada malam. Ada gelap, ada terang, ada hitam, ada putih. Ada laki-laki, ada juga perempuan. Semua telah Allah Subhanahu wa ta’ala ciptakan untuk melengkapi dunia ini.

Manusia ditakdirkan memiliki pasangannya baik itu pasangan saat masih hidup atau pun telah meninggal dunia. Jika sudah jodoh, maka semua akan dipermudah oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Jangan takut karena semua telah Allah Subhanahu wa ta’ala gariskan dan tetapkan dalam Lauhul Mahfudz. Jika memang sudah jodohnya akan Allah Subhanahu wa ta’ala mudahkan. Allah Subhanahu wa ta’ala akan mempertemukan kita dengan seseorang yang kita butuhkan. Allah Mengetahui apa yang terbaik untuk kita. Niat yang baik tentunya akan mendatangkan kebaikan juga.

Ketika seseorang telah menemukan seseorang yang dia yakini, niat menikah akan muncul dengan sendirinya. Kesadaran dalam dirinya akan muncul tanpa harus dipertanyakan terus menerus. Saat keinginan menikah sudah ada berdoalah agar Allah Subhanahu wa ta’ala memudahkan niat baik kita. Berikut ini doa niat menikah yang akan dipaparkan dalam artikel berdoa kali ini. Simak bersama-sama artikel ini hingga selesai.

Perintah Menikah

Menikah merupakan ibadah terlama yang segala perbuatan baik dihitung sebagai ibadah. Dengan menikah seseorang dapat mengumpulkan amal ibadah. Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam menganjurkan hamba-Nya untuk menikah. Menjaga hubungan dalam ikatan yang halal adalah hal yang sangat dianjurkan. Menghindari zina merupakan hal yang paling utama. Dengan menjaga pandangan kita merupakan salah satu hal yang harus dilakukan.

Doa Niat Menikah

Allah Subhanahu wa ta’ala telah menciptakan manusia secara berpasang-pasangan. Dengan menikah menjadikan hidup lebih tenteram. Hal ini tertera dalam Al Quran yaitu pada surat Ar Rum ayat 21. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman:

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوْا إِلَيْهَا وَجَعَلَ بَيْنَكُمْ مَوَدَّةً وَرَحْمَةً إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآيَاتٍ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُوْنَ

Artinya: “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, agar kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berfikir.” (QS. Ar Rum ayat 21)

Bacaan Doa Niat Menikah

Berikut ini merupakan doa niat menikah yaitu:

Doa pertama

نَوَيْتُ بِهِ التَّبَرُّكَ بِدُعَاءِ الْوَلَدِ الصَّالِحِ بَعْدِيْ

Nawaitu bihit tabarruka bidu’aa ilwaladish shaalihi ba’dii.
Artinya: “Aku niat menikah untuk mendapatkan berkah doa anak saleh setelah aku tiada.”

Doa kedua

نَوَيْتُ بِهِ التَّحَصُّنَ مِنَ الشَّيْطَانِ وَكَسْرَ التَّوْقَانِ وَدَفْعَ غَوَائِلِ الشَّرِّ وَغَضَّ الْبَصَرِ وَقِلَّةَ الْوَسْوَاسِ

Nawaitu bihit tahashuna minasy syaithaani wa kasrat tauqaani wa daf’a ghawaa ilisy syarri wa ghadh dhal bashari wa qillatal waas.

Artinya: “Aku niat menikah agar terjaga dari setan, memenuhi hasrat (yang tidak terkendalikan), mencegah godaan-godaan kejelekan, memejamkan pandangan dari perkara haram, dan meminimalisir godaan-godaan.”

Doa ketiga

نَوَيْتُ بِهِ تَرْوِيْحَ النَّفْسِ وَإِيْنَاسَهَا بِالْمُجَالَسَةِ وَالنَّظَرِ وَالْمُلَاعَبَةِ إِرَاحَةً لِلْقَلْبِ وَتَقْوِيَّةً لَهُ عَلَى الْعِبَادَةِ

Nawaitu bihi tarwii hannafsi wa iinaa sahaa bil mujaalasati wan nazhari wal mulaa ‘abati iraa hatalil qalbi wa taqwiy yatalahu ‘alaal ‘ibaadati.

Artinya: “Saya niat untuk membahagiakan dan menyenangkan hati dengan duduk bersama istri, memandang dan bergurau dengannya agar menyenangkan dan menguatkan hati untuk beribadah.”

Doa keempat

نَوَيْتُ بِهَذَا التَّزْوِيْجِ مَا نَوَاهُ عِبَادُ اللهِ الصَّالِحُوْنَ وَالْعُلَمَاءُ الْعَامِلُوْنَ

Nawaitu bihadzaat tazwiijimaa nawaahu ‘ibaa dullaahish shaalihuuna wal ‘ulamaa ul’aa miluun.

Artinya: “Dengan pernikahan ini aku niat seperti yang diniati oleh hamba-hamba Allah yang saleh dan para ulama yang mengamalkan ilmunya.”

Doa Akan Mengkhitbah atau Dikhitbah

Menikah memang merupakan hal sunnah yang diharuskan. Ta’aruf bisa menjadi salah satu cara seseorang untuk berkenalan dan menjalin hubungan yang lebih serius yaitu ke jenjang pernikahan. Ketika seorang laki-laki sudah menentukan pilihannya, maka dia akan mengkhitbah seorang wanita untuk menjadi istrinya.

Berikut ini doa akan mengkhitbah atau dikhutbah yaitu:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ تَقْدِرُ وَلآ أَقْدِرُ وَتَعْلَمُ وَلآ أَعْلَمُ وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. فَإِنْ رَأَيْتَ لِيْ فِيْ (…….) خَيْرًا فِى دِيْنِيْ وَآخِرَتِيْ فَاقْدِرْهَا لِيْ

Allahumma innaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa a’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuubi. Fa in ra’aita lii fii (sebutkan nama calon pasangan beserta nama ayahnya) khairan fii diinni wa aakhiratii faqdirhaa lii.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha memberi takdir, dan bukanlah aku yang menakdirkan. Dan Engkau Maha Mengetahui apa yang tidak aku ketahui. Engkau Maha Mengetahui hal-hal yang ghaib. Maka jika Engkau melihat kebaikan antara aku dan (sebutkan nama calon pasangan beserta nama ayahnya) untuk agama dan akhiratku, maka takdirkanlah aku dengan dirinya”

Doa Agar Memiliki Istri yang Lembut Hatinya

Memiliki seorang istri yang hatinya lembut dan sabar merupakan keinginan bagi setiap lelaki. Mintalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar diberikan seorang istri yang berhati lembut. Berikut ini merupakan doanya yaitu:

اَللَّهُمَّ ارْزُقْنِي اَلْفَهَا وَوُدَّهَا وَرِضَاهَا بِي، وَاَرْضِنِي بِهَا، وَاجْمَعْ بَيْنَنَا بِأَحْسَنِ اِجْتِمَاعٍ وَاَيْسَرِ ائْتِلاَفٍ فَإِنَّكَ تُحِبُّ الْحَلاَلَ وَتُكْرِهُ الْحَرَامَ

Allahummar zuqnii alfahaa wa wuddahaa wa ridhaahaa bii, wa ardhinii bihaa, wajma’ bainanaa bi ahsani ijtimaa ‘in wa aisari’ tilaafii fa innaka tuhibbul halaala wa tukrihul haraam.

Artinya: “Ya Allah, karuniakan padaku kelembutan isteriku, kasih sayang dan ketulusannya, ridhai aku bersamanya. Himpunkan kami dalam rumah tangga yang paling baik, penuh kasih sayang dan kebahagiaan, sesungguhnya Engkau mencintai yang halal dan membenci yang haram.”

Niat yang baik akan dimudahkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena menikah merupakan ibadah, maka niat yang baik akan dilancarkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Jika memang jodoh, maka segala hal dikuatkan. Keyakinan akan dikuatkan, Allah Subhanahu wa ta’ala akan menunjukkan kepada kita segala hal baik atau pun buruk tentang pasangan kita. Tetapi dengan hati ikhlas kita bisa menerima segala hal tentangnya baik itu hal buruk atau pun hal baik.

Baca Juga:

Demikianlah doa tentang niat menikah yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Amiin ya rabb. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read