Doa Nurbuat

2 min read

Doa Nurbuat

Doa Nurbuat – Kita sebagai manusia yang hidup bertetangga dan bersosialisasi dengan masyarakat di lingkungan sekitar kita, pasti akan ada yang menyukai atau membenci kita. Apapun alasannya.

Lantas bagaimana cara kita menghadapi persoalan hidup kita? Pastinya kita hanya dapat meminta kepada Allah SWT. agar dapat menjalani persoalan yang ada dengan ikhlas dan sabar. Kita dapat menggunakan doa nurbuat untuk menghadapi persoalan hidup kita.

Nah, apa sebenarnya doa nubuat tersebut? Bagaimana dengan bacaan doa tersebut dan manfaat apa saja yang akan kita dapatkan jika kita mengamalkan doa tersebut?

Berikut ini akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian doa nurbuat, bacaan doa nurbuat, dan manfaat yang terkandung pada doa nurbuat. Simak terus artikel ini ya.

Pengertian Doa Nurbuat

Salah satu doa yang memiliki banyak keutamaan yaitu doa nurbuat atau juga doa nubuwwah.

Nurbuat atau nurun – nubuwaah yaitu cahaya kenabian. Doa nurbuat merupakan doa pengasihan untuk melunakkan hati orang yang memusuhi kita. Doa ini berguna untuk membuat orang yang membenci atau memusuhi kita menjadi menyayangi kita. Doa ini merupakan doa yang sangat luar biasa.

Bacaan Doa Nurbuat

Doa Nurbuat

Berikut ini merupakan doa nurbuat:

Bacaan Arab Doa Nurbuat

اَللّٰهُمَّ ذِى السُّلْطَانِ الْعَظِيْمِ وَذِى الْمَنِّ الْقَدِيْمِ وَذِي الْوَجْهِ الْكَرِيْمِ وَوَلِيِّ الْكَلِمَاتِ التَّامَّاتِ وَالدَّعَوَاتِ الْمُسْتَجَابَةِ عَاقِلِ الْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ مِنْ اَنْفُسِ الْحَقِّ عَيْنِ الْقُدْرَةِ وَالنَّاظِرِيْنَ وَعَيْنِ وَالْجِنِّ الْاِنْسِ وَالشَّيَاطِيْنِ

وَاِنْ يَّكَادُ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا لَيُزْ لِقُوْنَكَ بِاَبْصَارِهِمْ لَمَّا سَمِعُوا الذِّكْرَ وَيَقُوْلُوْنَ اِنَّهُ لَمَجْنُوْنٌ وَمَاهُوَ اِلاَّذِكْرٌ لِّلْعَالَمِيْنَ وَمُسْتَجَابُ اْلقُرْاٰنِ الْعَظِيْمِ وَوَرِثَ سُلَيْمَانُ دَاوُدَ عَلَيْهِمَا السَّلَامُ الْوَدُوْدُ ذُوالْعَرْشِ الْمَجِيْدِ

طَوِّلْ عُمْرِيْ وَصَحِّحْ جَسَدِيْ وَاقْضِ حَاجَتِيْ وَاَكْثِرْ اَمْوَالِيْ وَاَوْلَادِيْ وَحَبِّبْنِيْ لِلنَّاسِ اَجْمَعِيْنَ وَتَبَاعَدِ الْعَدَاوَةَ كُلَّهَا مِنْ بَنِيْ اٰدَمَ عَلَيْهِ السَّلَامُ مَنْ كَانَ حَيًّا وَّيَحِقَّ الْقَوْلُ عَلَى الْكَافِرِيْنَ اِنَّكَ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ

سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى الْمُرْسَلِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْ

Bacaan Latin Doa Nurbuat

Allaahumma dzis sultaanil ‘aziimi wa dzil mannil qadiimi wa dzil wajhil kariimi wa waliyyil kalimaatit taammaati wad da’awaatil mustajaabaati ‘aaqilil hasani wal husaini min anfusil haqqi ‘ainil qudrati wan naaziriina wa ‘ainil jinni wal insi wasy syayaatiin,

Wa iy yakaadul ladziina kafaruu layuz liquunaka bi abshaa rihim lammaa samii ‘udz dzikra wa yaquu luuna innahuu lamajnuunuw wa maa huwa illaa dzikrul lil ‘aalamiina wa mustajaabul qur aanil ‘aziimi wa waritsa sulaimaanu daawuuda ‘alaihimas salaamu al wuduudu dzul ‘arsyil majiid.

Thawwil ‘umrii wa shahhih jasadii waqdii haajatii wa aktsir amwaalii wa aulaadii wa habbibnii lin naasi ajma ‘iina wa tabaa ‘adil ‘adaawata kul lahaa mim banii aadama ‘alaihis salaamu man kaana hayyaaw wa yahiqqal qaulu ‘alal kaafiriina innaka ‘alaa kulli syai’in qadiir.

Subhaana rabbika rabbil ‘izzati ‘ammaa yasifuuna wa salaamun ‘alal mursaliina wal hamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin.

Terjemahan Arti Doa Nurbuat

“Ya Allah, Yang memiliki kekuasaan yang besar, Yang memiliki anugerah yang terdahulu, Yang memiliki Zat Yang Maha Mulia, Yang menguasai kalimat – kalimat yang sempurna dan doa – doa yang mustajab, Penjamin Al Hasan dan Al Husain dari jiwa – jiwa yang hak, pandangan yang penuh kuasa, dan orang – orang yang melihat dan dari pandangan para jin, manusia, dan juga setan.

Dan sesungguhnya orang – orang kafir itu benar – benar hampir menggelincirkan kamu dengan pandangan mereka, tatkala mereka mendengar Al Quran dan mereka pun berkata, “Sesungguhnya ia (Muhammad) benar – benar orang yang gila, dan Al Quran itu tidak lain hanyalah peringatan bagi seluruh umat. Dan wahai yang memperkenankan melalui Al Quran yang sangat agung. Dan Sulaiman As. dan Daud As. (Dia) Yang Maha Pengasih, Yang memiliki Arasy yang mulia.

Maka panjangkanlah usia ku, sehatkanlah tubuhku, tunaikanlah segala keperluanku dan perbanyak lah harta dan anak – anakku, jadikanlah aku orang yang disukai seluruh manusia, dan jauhkanlah diriku dari segala permusuhan dari anak – anak Adam yang masih hidup. Dan pastilah ketetapan (azab) terhadap orang – orang yang kafir. Sesungguhnya Engkau adalah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Maha suci Tuhanmu, yaitu Tuhan yang memiliki kebesaran, dari apapun yang digambarkan oleh mereka (orang – orang kafir), dan kesejahteraan semoga terlimpah kepada para rasul, dan segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.”

Manfaat Doa Nurbuat

Dalam hidup manusia pasti memiliki persoalan hidupnya sendiri. Baik itu masalah yang ringan atau pun berat. Apalagi jika kita menghadapi masalah karena ada orang yang membenci dan ingin kita jatuh. Sungguh berat bukan?

Tetapi jika terus meminta kepada Allah SWT. untuk terus menjaga kita, maka semua persoalan hidup yang terasa begitu berat pun dapat kita atasi dengan baik dan semua masalah tersebut dimudahkan oleh Allah SWT.

Dengan mengamalkan doa nubuwwah ini kita dapat terhindar dari gangguan jin dan setan yang berniat berbuat jahat terhadap kita.

Selain itu, doa nubuwwah ini juga dapat membuat orang yang membenci atau memusuhi kita, menjadi luluh hatinya. Orang yang membenci atau memusuhi kita yang berniat menjatuhkan kita akan berbalik menjadi menyayangi kita.

Doa ini dapat membantu kita ketika kita sedang sakit, karena doa ini dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Caranya yaitu minyak kelapa kita bacakan doa nurbuat, kemudian minyak kelapa tersebut diusapkan atau dibalurkan ke bagian tubuh yang sakit.

Bagi ibu hamil yang akan segera melahirkan pun dapat membantu persalinan dengan doa ini. Siapkan mangkuk berwarna putih yang diisi air kemudian bacakan doa nurbuat dan air tersebut diminumkan kepada ibu hamil tersebut. Atau langsung membaca doa ini di bagian pinggang ibu hamil tersebut. Insya Allah proses persalinan berjalan lancar.

Doa ini juga dapat mengabulkan segala hajat kita. Jika kita mengamalkan doa ini setiap harinya, maka kita akan mendapatkan kesejahteraan dan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Sungguh banyak manfaat yang kita dapatkan dengan mengamalkan doa tersebut bukan? Agar mendapatkan manfaat dari doa tersebut, kita harus mengamalkannya dan beristiqamah tentunya.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa nurbuat. Semoga dapat menambah wawasan kamu dan bermanfaat. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read