Doa Paling Utama dan Doa Terbaik untuk Diamalkan Umat Muslim

3 min read

Doa Paling Utama

Doa Paling Utama dan Doa Terbaik untuk Diamalkan Umat Muslim – Setiap manusia selalu berdoa dan berharap kepada Tuhannya. Siapa pun itu tanpa diminta sekali pun. Berdoa memohon kepada Allah SWT. tidak ada salahnya. Bahkan bukan suatu perkara yang sulit.

Lantas kenapa kita masih berkeras hati dan bersifat angkuh. Padahal kita sebagai manusia yang lemah di mata Allah SWT.

Allah SWT. merasa senang jika kita terus berdoa dan meminta kepada Nya. Lalu doa manakah yang paling utama dan terbaik yang dapat kita panjatkan kepada Allah SWT.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa yang paling utama dan terbaik yang dapat kita panjatkan kepada Allah SWT. secara lengkap dan jelas. Simak terus ya.

Makna Doa

Doa memiliki berbagai makna. Doa bisa diartikan sebagai permohonan, harapan, keinginan, atau pun permintaan yang ditujukan kepada Allah SWT. atas segala hal yang terjadi kepada manusia baik itu sebuah kesenangan atau pun kesedihan.

Doa secara bahasa artinya seruan. Sedangkan doa berdasarkan istilah merupakan suatu permohonan atau permintaan terhadap Allah SWT.

Setiap manusia selalu mempunyai keinginan dan harapan. Berdoa kepada Allah SWT. tidak kenal waktu dan tempat. Kapan saja dan di mana saja kita bisa meminta kepada Allah SWT. Karena Allah SWT. dapat mendengar kita meski kita berbicara di dalam hati kita.

Perlu diingat! Mintalah apa pun terhadap Allah SWT. selagi permintaan itu merupakan hal – hal yang baik. Janganlah takut doa kita tidak dikabulkan. Bersabarlah karena Allah SWT. akan mengabulkan doa kita di saat yang menurut Allah SWT. tepat dan hal itu merupakan hal yang kita butuhkan. Jangan berputus asa untuk meminta kepada Allah SWT.

Doa Paling Utama dan Terbaik

Doa yang paling utama dan yang paling baik yaitu dengan mengingat Allah SWT. Karena doa merupakan salah satu cara kita mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Terdapat berbagai macam doa yang paling utama dan terbaik yang telah Allah SWT. katakan dan juga Nabi Muhammad SAW. perintahkan. Adapun berikut ini salah satu di antara doa – doa yang paling utama dan terbaik yaitu:

a. Doa kebahagiaan dunia akhirat

Doa untuk segala perkara dan yang paling utama telah Allah SWT. katakan dalam surat Al Baqarah ayat 201, yaitu:

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Dan di antara mereka ada yang berdoa: “Wahai Rabb kami berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkanlah kami dari siksa api neraka”.” (QS. Al Baqarah ayat 201)

Berikut ini merupakan doa kebahagiaan dunia dan akhirat beserta bacaan Arab, Latin, dan Indonesia:

Doa Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

b. Tahmid

Kalimat tahmid yaitu merupakan ungkapan rasa syukur umat Muslim kepada Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia yang telah Allah SWT. berikan.

Kata tahmid merupakan salah satu bacaan dalam berdoa ketika doa pagi siang dan sore, doa setelah sholat, wirit, atau pun dzikir.

Allah SWT. berfirman pada sebuah ayat Al Quran yaitu pada surat Al Fatihah ayat 2 berikut ini:

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

Artinya: “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.” (QS. Al Fatihah ayat 2)

Berikut ini kata tahmid dalam bahasa Arab, Latin, dan Indonesia:

Bacaan arab tahmid

الْحَمْدُلِلهِ

Bacaan latin tahmid

Alhamdulillah

Terjemahan arti tahmid

“Segala puji bagi Allah SWT.”

Kalimat tahmid selalu Nabi Muhammad SAW. baca si setiap kondisi. Baik itu kondisi susah, senang, atau pun sedang terkena musibah.

Aisyah radhiyallahu ‘anha pernah bercerita tentang Nabi Muhammad SAW., bahwa:

”Jika Rasulullah melihat hal – hal yang menyenangkan, Beliau mengucapkan, “Alhamdulillah”, yang dengan nikmat-Nya amal – amal saleh disempurnakan pahalanya. Dan jika melihat hal – hal yang tidak menyenangkan, Beliau mengucapkan, “Alhamdulillah”, atas segala hal yang terjadi.” (HR. Ibnu Majah)

c. Ayat Kursi

Salah satu dari doa yang paling utama yaitu ayat kursi. Ayat kursi merupakan salah satu ayat yang terdapat pada Al Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 255.

Berikut ini merupakan bacaan dari ayat kursi beserta bacaan Arab, Latin, dan Indonesia:

Bacaan arab ayat kursi

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ, لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ, لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ, يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ, وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ, وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Bacaan latin ayat kursi

Allaahu laa ilaaha illaa huwal hayyul qayyuum, laa ta’ khudzuhu sinatuw walaa naum. Lahu maa fissamaawaati wa maa fil ardhi man dzal ladzii yasyfa’u ‘indahu illaa bi idznih, ya’lamu maa baina aidiihim wa maa khalfahum wa laa yuhiithuuna bisyai’im min ‘ilmihii illaa bimaa syaa’, wa si ’a kursiyyuhus samaawaati wal ardh, wa laa ya uuduhu hifdhuhumaa wa huwal ‘aliyyul ‘azhiim.

Terjemahan arti ayat kursi

“Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus – menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Milik-Nya-lah apa yang di langit dan di bumi. Tidak ada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa seizin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang ada di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui sesuatu apa pun dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.” (QS. Al Baqarah ayat 255)

Doa – doa tersebut merupakan doa yang sering kita baca dalam keseharian. Semoga kita dapat mengamalkan doa – doa tersebut. Doa tersebut tidak sulit untuk kita baca karena doa tersebut merupakan doa sehari – hari. Tinggal bagaimana caranya agar kita bisa terbiasa agar dapat mengamalkannya. Tidak perlu menunggu kondisi kita sedang terpuruk. Karena doa – doa tersebut dapat diamalkan di setiap kondisi.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa yang paling utama dan terbaik yang dapat kita panjatkan kepada Allah SWT. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan apat menjadikan doa – doa tersebut sebagai amalan yang dapat diaplikasikan di tiap harinya. Terima kasih.