Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dari Segala Penjuru : Arab, Latin, dan Arti

2 min read

Doa Pembuka Rezeki

Kumpulan Doa Pembuka Rezeki dari Segala Penjuru : Arab, Latin, dan Arti – Manusia tidak dapat hidup sendiri. Manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan orang lain. Selain itu, untuk bertahan hidup manusia membutuhkan makan. Tidak hanya makan saja, untuk pendidikan dan lain – lain manusia juga membutuhkan biaya.

Lantas bagaimana cara manusia membutuhkan segala kebutuhan hidupnya? Ya. Sulit pasti. Manusia membutuhkan pekerjaan atau pun harus melakukan hal lain agar dapat memperoleh uang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Allah Subhanahu wa ta’ala tidak akan tinggal diam kepada umat-Nya yang mau berusaha dan berdoa kepada-Nya.

Semua rezeki yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala telah disesuaikan bagi tiap hamba-Nya. Lantas bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan rezeki dari Allah Subhanahu wa ta’ala?

Kali ini akan kita bahas bagaimana cara manusia memenuhi kebutuhannya dan bagaimana agar mendapatkan rezeki yang berkah? Simak terus ya.

Rezeki

Setiap manusia harus berusaha agar dapat menghidupi kebutuhan hidupnya. Bisa dengan bekerja, berdagang, atau melakukan hal yang penuh dengan keberkahan dan tentunya halal.

Begitulah cara manusia memenuhi kebutuhan hidupnya. Allah Subhanahu wa ta’ala telah memberikan rezeki kepada tiap – tiap manusia. Sudah ada takaran yang sesuai dengan ikhtiar hamba-Nya.

Lantas bagaimana cara agar kita dapat memperoleh rezeki yang halal lagi berkah?

Rezeki merupakan anugerah atau pemberian yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada hamba-Nya. Rezeki di sini memiliki makna yang luas.

Rezeki bisa berarti pemberian berupa harta, materi, keluarga, teman, kesehatan, anak, suami, istri, dan lain sebagainya. Nikmat yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada kita juga termasuk ke dalam rezeki.

Dengan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala kita bisa memohon agar diberikan rezeki yang melimpah. Meminta agar dibukakan pintu rezeki kita. Agar dari segala penjuru mendatangkan rezeki kepada kita.

Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala katakan,

اللهُ الَّذِي خَلَقَكُمْ ثُمَّ رَزَقَكُمْ ثُمَّ يُمِيْتُكُمْ ثُمَّ يُحْيِيْكُمْ هَلْ مِنْ شُرَكَائِكُمْ مَنْ يَفْعَلُ مِنْ ذَلِكُمْ مِنْ شَيْءٍ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ

Artinya: “Allah-lah yang menciptakan kamu, kemudian memberimu rezeki, kemudian mematikanmu, kemudian menghidupkanmu (kembali). Adakah di antara yang kamu sekutukan dengan Allah itu yang dapat berbuat sesuatu dari yang demikian itu? Maha Sucilah Dia dan Maha Tinggi dari apa yang mereka persekutukan.” (QS. Ar Rum ayat 40)

Jangan takut gagal. Allah Subhanahu wa ta’ala yang akan menolong kita. Kalau tidak dicoba kita tidak akan tahu berhasil atau tidaknya.

Setiap manusia yang berusaha dan berdoa akan dibantu oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Rezeki tiap orang tidak akan tertukar. Hal ini sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan dalam surat Al Baqarah ayat 186.

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِذَا سَأَلَكَ عِبَادِي عَنِّي فَإِنِّي قَرِيْبٌ ۖ أُجِيْبُ دَعْوَةَ الدَّاعِ إِذَا دَعَانِ ۖ فَلْيَسْتَجِيْبُوا لِي وَلْيُؤْمِنُوا بِي لَعَلَّهُمْ يَرْشُدُونَ

Artinya: “Dan apabila hamba – hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasanya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permintaan orang yang berdoa jika ia memohon kepada-Ku, maka hendaklah mereka itu memenuhi (segala perintah-Ku) dan hendaklah mereka beriman kepada-Ku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.” (QS. Al Baqarah ayat 186)

Doa Pembuka Rezeki

Dengan memanjatkan doa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala termasuk ke dalam usaha yang kita lakukan. Tentunya usaha itu harus dibarengi dengan usaha yang maksimal tidak hanya dengan berdoa dan ini dinamakan dengan ikhtiar.

Adapun berikut ini doa pembuka rezeki yang dapat diamalkan yaitu sebagai berikut:

Bacaan Doa Pembuka Rezeki
Bacaan Doa Pembuka Rezeki

a. Surat Al Maidah ayat 114

اَللَّهُمَّ رَبَّنَا أَنْزِلْ عَلَيْنَا مَائِدَةً مِنَ السَّمَاءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِأَوَّلِنَا وَءَاخِرِنَا وَءَايَةً مِنْكَ وَارْزُقْنَا وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّازِقِيْنَ

Allaahumma rabbanaa anzil ‘alainaa maa-idatan minas samaa-i takuunu lanaa ‘iidan liawwalinaa wa aakhirinaa wa aayatan minka warzuqna wa anta khairur raaziqiin.

Artinya: “Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami yaitu bagi orang – orang yang bersama kami dan yang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berikanlah kami rezeki, dan Engkaulah pemberi rezeki yang paling utama.” (QS. Al Maidah ayat 114)

b. Hadist riwayat Ibnu Majah dan Ahmad

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma innii as-aluka ‘ilman naafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbalaa.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat (bagi diriku dan orang lain), rezeki yang halal, dan amal yang diterima (di sisi-Mu dan mendapatkan ganjaran yang baik).” (HR. Ibnu Majah dan Ahmad)

Doa tersebut dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah sholat Subuh.

c. Hadist riwayat At Tirmidzi

اللَّهُمَّ اكْفِنِى بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِى بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ

Allahumak finii bi halaalika ‘an haraamika wa aghninii bi fadhlika ‘amman siwaak.

Artinya: “Ya Allah cukupkanlah aku dengan yang halal dan jauhkanlah aku dari yang haram, dan cukupkanlah aku dengan karunia-Mu dari bergantung pada selain-Mu.” (HR. At Tirmidzi)

d. Hadist riwayat Muslim

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَارْحَمْنِي، وَاهْدِني، وَعَافِني، وَارْزُقْنِي

Allahummaghfirlii, warhamnii, wahdinii, wa ‘aafinii, warzuqnii.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk kepadaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.” (HR. Muslim)

Doa – doa tersebut dapat Anda amalkan sehabis melaksanakan sholat wajib atau pun di waktu – waktu yang mustajab untuk berdoa.

Memohonlah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala agar dibukakan pintu rezeki kita dari arah mana saja. Jika tidak berhasil di bidang ini, bisa saja kita akan berhasil di bidang yang lain. Jangan lelah untuk terus berusaha dan dibarengi dengan berdoa tentunya.

Ingat! Tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. Berusaha dan juga berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan dibarengi pula dengan ibadah yang rajin. Baik itu ibadah yang wajib dikerjakan dan ibadah sunnah lainnya.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa pembuka rezeki yang telah dijelaskan secara rinci. Semoga ulasan kali ini dapat diamalkan dalam kehidupan sehari – hari dan bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Ajaran Sunan Giri

_pur
3 min read

Ajaran Sunan Gunung Jati

_pur
3 min read