Doa Penutup Acara

1 min read

Doa Penutup Acara

Doa Penutup Acara – Berikut ini adalah materi tentang doa penutup acara, doa pembuka acara, keutamaan berdoa di akhir acara serta adab dalam berdoa dengan penjelasan yang lengkap.

Dalam suatu acara, akan ada saat ketika acara dimulai dan berakhir. Karena itu, sebagai Muslim, kita harus membaca doa pembukaan dan penutupan acara.

Doa ini dapat memungkinkan kelancaran suatu acara dari awal acara hingga akhir acara. Kelancaran suatu acara adalah tujuan kita ketika kita menyelenggarakan acara tersebut.

Tidak peduli apakah itu acara kelompok, acara bisnis, pernikahan atau acara lain, itu harus memastikan proses kelancarannya. Karena jika acara berjalan dengan lancar, semua orang akan merasa senang.

Pada setiap pertemuan, juga ditawarkan untuk memulai dan mengakhiri dengan doa agar Allah SWT akan selalu menikmati acara yang kita selenggarakan.

Setiap acara umumnya dihadiri oleh kaum muslimin dan muslimat. Maka harus ada doa pembukaan dan penutupan sehingga acara berjalan dengan lancar dan selalu diberkati oleh Allah SWT.

Doa Pembuka Acara

Kalimat pembuka program biasanya didahului dengan salam, diikuti dengan membaca Bismillaah atau Al-Fatihah. Dan kemudian melanjutkan dengan ungkapan puja dan memuji Allah SWT karena kita semua berkumpul di acara ini.

Doa Penutup Acara

Kalimat penutup acara biasanya berakhir dengan permintaan maaf dari pembawa acara dan pengisi acara apabila mereka memiliki kata atau tindakan yang salah yang tidak menyenangkan bagi para tamu undangan.

Kemudian lanjutkan dengan berdoa, kemudian bacalah Hamdalah dan akhiri dengan salam terakhir. Doa dalam doa terakhir acara ini adalah untuk meminta ampun kepada Allah SWT untuk semua dosa yang telah kita lakukan. Baik sengaja atau tidak sengaja.

Ketika kita membaca doa penutup, kita tentu berharap bahwa pengetahuan dan wawasan yang kita dapatkan dari suatu acara dapat dipraktikkan dan bahwa kita dapat melakukannya dan itu dapat bermanfaat sesuai dengan iman yang kuat.

Berikut ini adalah doa penutup acara:

Bacaan Latinnya :
“Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika”

Artinya :
“Maha Suci Allah dan Segala Puji bagi Allah SWT. Saya bersaksi bahwa tidak ada tuhan selain Allah. Saya memohon ampunan dan bertobat kepada-Mu.”

Keutamaan Berdoa di Akhir Acara

Ada juga beberapa keutamaan ketika kita berdoa di akhir acara, sebagai berikut:

  1. Berdoa di akhir program dapat menghapus dosa-dosa yang kita lakukan dengan sengaja atau tidak sengaja.
  2. Dengan berdoa di akhir acara, diharapkan pengetahuan dan wawasan dari pertemuan atau acara tersebut dapat dipraktikkan dan bermanfaat untuk masa depan.
  3. Allah SWT akan memudahkan kita untuk pergi ke surga, dan Allah SWT tidak marah kepada hamba-hamba-Nya, termasuk kita.
  4. Dalam berdoa kita pasti akan mengalami hal-hal baik di dalamnya.
  5. Dapat memperkuat iman.
  6. Dapat menenangkan jiwa.

Adab Saat Berdoa

Ada beberapa cara kita berdoa kepada Allah SWT, yaitu:

  1. Kita harus berdoa dengan sungguh-sungguh atau berdoa dengan sungguh-sungguh dengan harapan diberikan SWT oleh Allah.
  2. Ketika sebuah doa dikatakan, itu harus diterima dan ditafsirkan dan hati diperkuat. Karena doa penutup acara memiliki banyak makna.
  3. Angkat kedua tangan dengan telapak tangan terbuka di depan dada atau di tengah dada.
  4. Berdoalah dengan wajah Anda ke arah Kiblat (jika mungkin).
  5. Jangan terburu-buru dalam ngelafalkan doa, tetapi kita harus tetap tenang.
  6. Dapat menenangkan jiwa.
    Kita dapat mengatakan itu tentang doa pembukaan dan penutupan. Semoga kita bisa berlatih ketika kita bertemu seseorang yang tentu saja mengadakan acara.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Penutup Acara. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.