Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah

2 min read

Doa Penutup Majelis

Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah Doa Penutup Majelis Sesuai Sunnah (Doa Kuffaratul Majelis) – Menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang harus selalu kita lakukan. Karena ilmu memberikan wawasan yang luas kepada kita. Dengan belajar kita jadi mengetahui banyak hal, baik itu bersikap, berbicara, atau pun berperilaku terhadap orang lain. Belajar juga dapat kita lakukan dengan berkumpul bersama orang lain atau mengikuti suatu kegiatan yang formal atau pun tidak. Hanya melihat binatang yang berkeliaran di depan kita saja, kita bisa mendapatkan banyak ilmu. Banyak hal yang dapat kita ambil hikmahnya dan pelajari.

Bukan hanya di sekolah saja, banyak tempat yang dapat kita datangi untuk menuntut ilmu. Apalagi saat ini sudah banyak pengajian dan sejenisnya untuk memperdalam ilmu agama. Seperti ketika kita mengikuti suatu majelis. Kita bisa mendapatkan banyak hal. Seperti:

  • mendapatkan saudara baru,
  • tali silaturahmi makin melebar,
  • dapat mempelajari Al Quran dengan lebih baik lagi,
  • dapat support system,
  • ilmu tentang Islam lebih jelas lagi.

Meski begitu kita juga tetap harus berhati-hati apakah majelis yang kita ikuti tersebut memberikan dampak yang positif atau tidak. Dan yang terpenting adalah ajaran yang diajarkan tidak menyimpang dari ajaran Islam yang sesuai dengan syariat dan berpegang teguh pada Al Quran dan hadits.

Karena itu, belajar melalui majelis pun harus diteliti dahulu ya kebenarannya. Kemudian ketika mengikuti pengajian tersebut jangan lupa untuk berdoa. Berdoa merupakan hal utama yang harus dilakukan supaya ilmu yang kita peroleh dapat bertahan dan tetap kita ingat. Selain itu juga dapat bermanfaat untuk semua orang.

Hal ini dilakukan supaya apapun yang dikerjakan kita mendapat keberkahan dan perlindungan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Oleh karena itu, artikel berdoa kali ini akan berisi tentang doa penutup suatu majelis atau doa kuffaratul majelis sesuai dengan sunnah. Simak terus hingga selesai ya.

Majelis

Doa Penutup Majelis

Saat mengikuti suatu majelis pastikan kita siap dalam menerima ilmu yang disampaikan. Kita bisa membaca doa sebelum belajar karena mengikuti majelis juga dilakukan untuk menambah wawasan kita, terutama tentang Islam. Ilmu yang kita peroleh di suatu majelis harus kita aplikasikan. Jangan hanya mengikuti suatu majelis karena ikut-ikutan saja dan tidak mengamalkan ilmu yang didapatkan. Apalagi jika sampai niat kita mengikuti majelis hanya untuk pamer dan sebagainya. Sungguh hal tersebut merupakan hal yang tidak baik dilakukan.

Jangan lupa berdoa ketika akan memulai atau mengakhiri suatu majelis.

Agar ilmu yang kita peroleh saat mengikuti suatu majelis menjadi berkah mohonlah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Berikut ini merupakan doa penutup majelis atau doa kuffaratul majelis yang sesuai sunnah:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ، وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakallaahumma wa bihamdika asyhadu allaa ilaaha illa anta astaghfiruka wa atuubu ilaika.
Artinya: “Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampunan atas dosa-dosaku kepada-Mu dan bertobat kepada-Mu.” (HR. At Tirmidzi)

Doa tersebut merupakan doa yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Sebelum bangun meninggalkan majelis bacalah doa tersebut.

Doa Penutup Majelis
Doa Penutup Majelis

Ketika menghadiri suatu majelis, kita akan mendengarkan secara seksama. Tujuan dari suatu majelis yaitu menyampaikan suatu ilmu yang memberikan dampak yang positif kepada orang lain. Dan juga membuat kita lebih beriman dan bertakwa lagi kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Jika majelis tersebut berisi tentang ceramah membahas agama.

Biasakanlah untuk berdoa sebelum atau pun sesudah melakukan sesuatu.

Hadits yang Berkaitan

Hadits Pertama

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa, Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata bahwa,

وَعنْ أَبي بَرْزَة رَضيَ اللهُ عنْهُ، قَالَ: كَانَ رَسُوْلَ اللهُ صلَّى اللهُ علَيْهِ وَسَلَّمَ. يَقُوْلُ بِأَخَرَةٍ إِذَا أرَادَ أنْ يَقُوْمَ مِنَ الْمَجْلِسِ: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وبِحَمْدِكَ، أشْهَدُ أنْ لاَ إِلَـٰهَ إِلاَّ أنتَ. أسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إلَيْكَ. فَقَالَ رَجُلٌ: يَا رَسُوْلَ اللهُ، إنَّكَ لَتَقُوْلُ قَوْلاً مَا كُنْتَ تَقُوْلُهُ فِيْمَا مَضَى؟ قَالَ: ذَلِكَ كَفَّارَةٌ لِمَا يَكُوْنُ في المَجْلِسِ

Artinya: Dari Abu Barzah Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan saat di akhir (pertemuan). Saat Beliau akan bangun dari majelis, “Subhaanakallahumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaha illa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.”. (Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampunan kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu). Kemudian ada seseorang yang berkata, “Wahai Rasulullah, Engkau mengucapkan ucapan yang belum pernah Engkau ucapkan sebelumnya.”. Beliau menjawab, “Itu adalah kafarat bagi dosa yang terjadi selama di dalam majelis.”” (HR. Abu Daud dan Ahmad)

Hadits Kedua

Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ جَلَسَ في مَجْلِسٍ، فَكَثُرَ فِيْهِ لَغَطُهُ فَقَالَ قَبْلَ أنْ يَقُوْمَ مِنْ مَجْلِسِهِ ذَلِكَ: سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أشْهَدُ أنْ لا إلهَ إِلاَّ أنْتَ، أسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إلَيْكَ، إِلاَّ غُفِرَ لَهُ مَا كَانَ في مَجْلِسِهِ ذَلِكَ

Artinya: “Barangsiapa yang duduk pada suatu majelis kemudian banyak senda guraunya (kalimat yang tidak bermanfaat untuk akhiratnya). Maka hendaklah ia mengucapkan sebelum bangun dari majelisnya itu, “Subhaanakallahumma wa bihamdika, asy-hadu alla ilaha illa anta, as-tagh-firuka wa atuubu ilaik”. (Maha Suci Engkau ya Allah, dengan memuji-Mu aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Aku memohon ampunan kepada-Mu dan bertaubat kepada-Mu). Kecuali telah diampuni baginya dosa-dosa selama di majelisnya itu.” (HR. At Tirmidzi)

Penutup majelis juga dilakukan untuk memohon ampunan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala atas segala dosa yang telah diperbuat ketika menghadiri suatu majelis. Karena tidak bisa dipungkiri kita masih terkadang mengobrol atau kesalahan lainnya yang tidak kita sadari.

Baca Juga:

Demikianlah artikel berdoa mengenai doa penutup majelis atau doa kuffaratul majelis yang sesuai sunnah dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan Anda sekalian. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read

Doa Agar Diampuni Dosa

_pur
2 min read