Doa Perjalanan Darat

2 min read

Doa Perjalanan Darat

Doa Perjalanan Darat Aman Selamat Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Arti โ€“ Bagi sebagian orang melakukan perjalanan memang merupakan hal biasa, baik itu untuk liburan, kerja, atau pun pulang ke rumah. Perjalanan dapat dilakukan melalui jalur darat, laut, atau pun udara.

Ketika memasuki musim liburan atau di kalender sudah dipenuhi dengan tanggalan yang berwarna merah itu artinya โ€œIts time to holiday guysโ€. Liburan merupakan salah satu sarana untuk meringankan beban yang ada di pundak kita. Berat gitu kan ya pundaknya kayak ada yg dudukin eh ๐Ÿ˜€

Liburan juga dibutuhkan untuk merilekskan diri kita supaya menjadi lebih produktif lagi dalam bekerja. Apalagi kalau sudah melihat laut, vitamin sea. Tentunya liburan pun harus diisi dengan hal-hal positif dan menyenangkan. Selain itu juga, bagi sebagian orang melakukan perjalanan juga bisa dikarenakan tuntutan pekerjaan yang mengharuskan untuk melakukan perjalanan dinas. Meski saat ini perjalanan dinas biasa dilakukan melalui jalur udara.

Di masa pandemi seperti sekarang tentunya juga harus memperhatikan keamanan, keselamatan, dan juga kesehatan diri kita dan orang lain ya. Oleh karena itu, meminta perlindungan dari Allah Subhanahu wa taโ€™ala agar perjalanan berjalan aman sampai tujuan. Nah artikel berdoa kali ini akan menjelaskan mengenai doa dalam perjalanan darat yang dapat diamalkan saat melakukan perjalanan. Simak terus artikel ini hingga selesai ya.

Perjalanan Darat

Jika zaman dahulu perjalanan dilakukan menggunakan bantuan hewan seperti unta dan kuda. Berbeda sekali dengan saat ini. Karena teknologi berkembang dengan pesat, alat transportasi pun berkembang dengan pesat, terutama transportasi udara yaitu pesawat terbang. Alat transportasi ini merupakan alat transportasi yang sudah dapat dinikmati banyak orang. Dengan pesawat, waktu tempuh menjadi lebih cepat.

Meski begitu, masih banyak orang yang menyukai bepergian melalui jalur darat. Hal ini dilakukan karena lebih murah dan dapat membawa banyak benda dibandingkan pesawat. Untuk melakukan perjalanan darat bisa ditempuh menggunakan kereta, bus, mobil, motor, atau pun angkutan darat lainnya.

Sebelum melakukan perjalanan, cek terlebih dahulu apakah ada barang-barang yang tertinggal atau tidak. Setelah itu baca doa sebelum keluar rumah ya agar perjalanan kamu selamat sampai tujuan dan dilindungi oleh Allah Subhanahu wa taโ€™ala.

Doa Perjalanan Darat

Doa Perjalanan Darat
Doa Perjalanan Darat

Adapun berikut ini merupakan doa perjalanan darat yaitu:

ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุญูุจู ููู‰ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู„ููŠููŽุฉู ููู‰ ุงู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุนู’ุซูŽุงุกู ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู ูˆูŽูƒูŽุขุจูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุธูŽุฑู ูˆูŽุณููˆุกู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูŽุจู ููู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู

Allahumma antash shaahibu fis safar, wal khaliifatu fil ahli. Allahumma innii aโ€™uudzubika min waโ€™tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhari wa suu-il munqalabi fil maali wal ahli.

Artinya: โ€œYa Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan pengganti dalam keluarga. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang yang teraniaya, dan dari pandangan yang menyedihkan dalam keluarga dan harta.โ€

Dengan doa tersebut, semoga perjalanan kita aman, lancar, dan selamat sampai tiba di tujuan. Amiin ya rabb.

Doa saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan

Berikut ini merupakan doa saat melakukan perjalanan menggunakan kendaraan:

ุงูŽู„ู„ู‡ู ุงูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงูŽู„ู„ู‡ู ุงูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุงูŽู„ู„ู‡ู ุงูŽูƒู’ุจูŽุฑู ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ ุณูŽุฎู‘ูŽุฑูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู…ูŽุง ูƒูู†ู‘ูŽุง ู„ูŽู‡ู ู…ูู‚ู’ุฑูู†ููŠู†ูŽ ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽุง ุฅูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ู„ูŽู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูุจููˆู†ูŽ. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูŽุง ู†ูŽุณู’ุฃูŽู„ููƒูŽ ููู‰ ุณูŽููŽุฑูู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุจูุฑู‘ูŽ ูˆูŽุงู„ุชู‘ูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ูˆูŽู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุนูŽู…ูŽู„ู ู…ูŽุง ุชูŽุฑู’ุถูŽู‰. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู‡ูŽูˆู‘ูู†ู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุณูŽููŽุฑูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽุงุทู’ูˆู ุนูŽู†ู‘ูŽุง ุจูุนู’ุฏูŽู‡ู. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุตู‘ูŽุงุญูุจู ููู‰ ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู ูˆูŽุงู„ู’ุฎูŽู„ููŠููŽุฉู ููู‰ ุงู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู. ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ุฅูู†ู‘ูู‰ ุฃูŽุนููˆุฐู ุจููƒูŽ ู…ูู†ู’ ูˆูŽุนู’ุซูŽุงุกู ุงู„ุณู‘ูŽููŽุฑู ูˆูŽูƒูŽุขุจูŽุฉู ุงู„ู’ู…ูŽู†ู’ุธูŽุฑู ูˆูŽุณููˆุกู ุงู„ู’ู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูŽุจู ููู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุงู„ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽู‡ู’ู„ู

Allahu akbar, Allahu akbar, Allahu akbar, subhaanal ladzii sakh khara lanaa hadzaa wa maa kunnaa lahu muqriniin, wa innaa ilaa rabbinaa lamun qalibuun. Allahumma innaa nas-aluka fii safarinaa hadzaal birra wat taqwa wa minal โ€˜amali maa tardha. Allahumma hawwin โ€˜alainaa safaranaa hadzaa wathwi โ€˜annaa buโ€™dah. Allahumma antash shaahibu fiis sabari wal khaliifatu fiil ahl. Allahumma inni aโ€™uudzubika min waโ€™tsa issafari wa ka aabatil manzhari wa suu-il munqalabi fiil maali wal ahl.

Artinya: โ€œAllah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Maha Suci Dzat yang telah menundukkan semua ini bagi kami padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya dan sesungguhnya kami akan kembali kepada Rabb kami. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu kebaikan, takwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah segala urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan pengganti bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah, Engkau adalah teman dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kesulitan dalam bepergian, pemandangan yang menyedihkan dan jeleknya kembali baik bagi harta maupun keluarga kami.โ€ (HR. Muslim)

Doa Naik Kendaraan

Ketika naik kendaraan, bacalah doa naik kendaraan sebelum melakukan perjalanan darat. Berikut ini doanya,

ุณูุจู’ุญูŽุงู†ูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐูู‰ู’ ุณูŽุฎู‘ูŽุฑูŽู„ูŽู†ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุง ูˆูŽู…ูŽุงูƒูู†ู‘ูŽุงู„ูŽู‡ู ู…ูู‚ู’ุฑูู†ููŠู’ู†ูŽ ูˆูŽุงูู†ู‘ูŽุข ุงูู„ูŽู‰ ุฑูŽุจู‘ูู†ูŽุง ู„ูŽู…ูู†ู’ู‚ูŽู„ูุจููˆู’ู†ูŽ

Subhaanalladzii sakkhara lanaa hadza wama kunna lahu muqriniin wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun.

Artinya: โ€œMaha Suci Allah yang telah menundukkan untuk kami (kendaraan) ini. Padahal sebelumnya kami tidak mampu untuk menguasainya, dan hanya kepada-Mu lah kami akan kembali.โ€

Memohon kepada Allah Subhanahu wa taโ€™ala supaya kita terhindar dari segala keburukan dalam perjalanan, mencukupkan, dan memudahkan urusan yang akan kita hadapi. Sama halnya dengan urusan yang ditinggalkan. Selain itu, berdoa sebelum melakukan perjalanan darat dilakukan agar Allah Subhanahu wa taโ€™ala menjaga dan melindungi kita dari mara bahaya yang akan datang serta selamat sampai tujuan.

Berhati-hatilah ketika melakukan perjalanan darat di masa pandemi ini, karena meski kita menggunakan kendaraan pribadi tetap saja kita akan melakukan kontak fisik dengan orang lain. Patuhi protokol kesehatan yang ada. Sayangi diri kamu sendiri dan orang lain. Karena kita tidak tahu apakah kita terkontaminasi virus atau tidak.

Ingat takeline,

โ€œIngat pesan ibu, pakai masker kamu, cuci tangan menggunakan sabun, jangan sampai tertular, jaga jarak, hindari kerumunan, dan jaga keluarga kamuโ€.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa dalam perjalanan darat yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan sebelum melakukan perjalanan darat. Amiin ya rabb. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read