Doa Perjalanan Jauh

2 min read

Doa Perjalanan Jauhh

Berikut adalah doa perjalanan jauh, mulai dari makna dari berpergian, doa keselamatan, serta bacaan doa perjalanan jauh secara lengkap.

Ketika orang tua melepaskan anak kesayangan mereka, dia berkata, “Hati-hati, anakku. Ingat persis apa yang dikatakan orang tuamu. Jangan lupakan ibadahmu. Jangan lupakan Allah. Jangan biarkan pergaulan yang buruk, dll.”

Ketika seorang teman ingin mengucapkan selamat tinggal kepada temannya, ia juga mengatakan: “Hati-hati di jalan. Banyak kecelakaan terjadi. Jaga hartamu Anda dengan hati-hati. Awas, pencopet selalu mengintai. Tidak ngebut dan sebagainya.”

Ketika seorang akan suami pergi bekerja,sang istri berdoa untuk suaminya yang tersayang. Dia juga berkata, “Suamiku, jaga dirimu. Ingat aku di mana pun kamu berada. Bekerja dengan benar dan jangan macam-macam.”

Berpergian

Ketika seseorang ingin bepergian atau mengucapkan selamat tinggal, orang-orang yang mereka tinggalkan menyampaikan pesan itu. Mereka menyarankan untuk berhati-hati di jalan dan mengucapkan selamat tinggal.

Berhati-hati dengan barang bawaan,berhati-hati tangani godaan dan rayuan, berhati-hati dengan pergaulan dan pertemanan, dan sebagainya. Inti dari semua pesan ini adalah saran, peringatan, permintaan atau perintah untuk berhati-hati.

Tetapi seperti kata pepatah: “Mujur tidak bisa dicapai, Malang tidak bisa disangkal.”

Apapun pesan seseorang bagi Anda, terkadang itu bisa menjadi pesan terakhir. Bahkan jika orang yang Anda kasihi memberi tahu Anda untuk berhati-hati, tetapi bencana, kecelakaan, atau musibah masih terjadi jika Allah Menghendakinya.

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja. Bencana dapat terjadi pada perjalanan Anda, apakah Anda mengendarai kendaraan darat, pesawat terbang, atau kendaraan laut, meskipun Anda telah berhati-hati sebelumnya.

Jadi apa yang perlu disampaikan dan disiapkan saat bepergian tidak cukup untuk disarankan sekedar hati-hati. Selain itu, kita membutuhkan teman, pelindung, dan penolong yang akan selalu bersama kita saat berpergian.

Doa Keselamatan

Agar apa yang kita inginkan dapat tercapai dengan lancar dan aman tanpa hambatan atau halangan dan aral suatu apapun. Semua ini tidak dapat dicapai kecuali melalui doa keselamatan atau doa perjalanan jauh.

Dengan berdoa memberi orang kesempatan dari Allah. Untuk sedikit membengkokkan takdirnya. Ingat bahwa ketentuan Allah (Takdir), ada yang Muallaq, ada juga Mubram.

Takdir muallaq artinya ketetapan Allah yang masih bisa diubah karena berkaitan dengan peristiwa sehari-hari.

Seperti Umar bin Khathab Ra. Suatu ketika dia membatalkan kunjungannya ke suatu daerah karena dia mendengar bahwa ada wabah penyakit di daerah itu.

Ketika ditanya mengapa Umar menghindari Takdir dari Allah, Ia menjawab:

“Aku menghindari satu takdir ke takdir yang lain.”

Jadi takdir Muallaq ialah takdir yang masih bisa diubah melalui upaya diri kita sendiri. Dan salah satu upaya ini adalah dengan memohon kepada Allah melalui berdoa.

Sedangkan Takdir Mubram adalah takdir Allah yang tidak bisa lagi diubah, contohnya seperti takdir kematian dan kelahiran seseorang.

Untuk melindungi diri kita dan terutama untuk menjaga diri kita dari apa yang bisa terjadi di dalam perjalanan, kita tidak boleh lupa membaca doa perjalanan yang sebagaimana dianjurkan oleh Nabi Saw.

Diriwayatkan oleh Abdullah bin Sirjia Ra. berkata, “Ketika Nabi Muhammad bepergian, Beliau melafalkan doa.”

Bacaan Doa Perjalanan Jauh

Bacaan Arab Doa Perjalanan Jauh :

Bacaan-Doa-Perjalanan-Jauh

Bacaan Latin Doa Perjalanan Jauh :”Allahumma antash shoohibu fis safar, wal kholiifatu fil ahli. Allahumma inni a’udzubika min wa’tsaa-is safari wa ka-aabatil manzhori wa suu-il munqolabi fil maali wal ahli.”

Arti Doa Perjalanan Jauh : “Ya Allah, Engkau adalah teman seperjalanan dan perwakilan keluarga. Ya Allah, saya berlindung-Mu dari kesulitan perjalanan, kesedihan tempat kembali, doa orang-orang yang dianiaya dan dari pandangan sedih tentang keluarga dan harta.” (HR. Tirmdzi dan Ibn Majah dengan Sanad yang Shahih)

Orang yang ingin bepergian dapat menambahkan dengan membaca doa untuk naik kendaraan, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Perjalanan Jauh. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read