Doa untuk Pernikahan

2 min read

Doa untuk Pernikahan

Doa untuk Pernikahan – Pernikahan merupakan hal yang dinantikan bagi tiap orang. Menikah bersama seseorang yang diimpikan merupakan hal yang luar biasa. Oleh karena itu, salah satu momen terpenting dalam hidup ini yaitu menikah. Mendatangi

Ketika kita menghadiri pernikahan kerabat atau teman kita, kita pasti mengucapkan selamat kepada kedua mempelai pernikahan tersebut. Lantas bagaimana cara mengucapkan selamat berdasarkan Islam?

Bagaimana doa pernikahan yang benar dan baik yang harusnya kita berikan kepada kedua mempelai?

Berikut ini akan dipaparkan mengenai doa pernikahan yang diajarkan dalam Islam. So, simak terus artikel ini ya.

Perintah untuk Menikah

Pernikahan merupakan bersatunya kedua insan menjadi pasangan yang terikat atas hubungan yang halal dan sah menurut hukum untuk menjadi suami dan istri dengan tujuan membangun keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah. Pernikahan dilakukan dengan aqad nikah atau ijab qabul atau janji menikah yang dilaksanakan oleh dua orang yang diucapkan oleh kata – kata dengan maksud untuk melanjutkan pernikahan sesuai dengan syariat Islam.

Setiap manusia diciptakan secara berpasangan dan akan menikah dengan seseorang telah ditakdirkan padanya. Berdasarkan firman Alah SWT. di dalam Al Qur’an surat An Najm ayat ke 45 yaitu:

وَ اَنَّہٗ خَلَقَ الزَّوۡجَیۡنِ الذَّکَرَ وَ الۡاُنۡثٰی

Artinya:
“Dan sesungguhnya Dialah yang menciptakan berpasang – pasangan laki – laki dan perempuan.” (QS. An Najm ayat 45)

Menikah merupakan salah satu hal yang disunnahkan oleh para Rasul. Sehingga kita harus melaksanakan menikah agar mendapatkan pahala dan mengikuti perintah Rasul. Rasulullah SAW. bersabda bahwa:

أَرْبَعٌ مِنْ سُـنَنِ الْمُرْسَلِيْنَ: اَلْحَيَـاءُ، وَالتَّعَطُّرُ، وَالسِّوَاكُ، وَالنِّكَاحُ

Artinya:
“Ada empat perkara yang termasuk sunnah para Rasul, yaitu rasa malu, memakai wewangian, bersiwak, dan menikah.”

Menikah adalah ibadah. Dengan menikah berarti kita telah melaksanakan ibadah yang akan menyempurnakan agama kita. Karena menikah merupakan pelengkap dari agama kita.

Rasulullah SAW. telah bersabda berdasarkan dari sahabat Anas bin Malik ra. bahwa:

مَنْ تَزَوَّجَ فَقَدِ اسْتَكْمَلَ نِصْفَ اْلإِيْمَانِ، فَلْيَتَّقِ اللهَ فِي النِّصْفِ الْبَاقِى

Artinya:
“Barang siapa yang menikah, maka ia telah melengkapi setengah dari agamanya. Dan hendaklah ia bertakwa kepada Allah dalam memelihara yang separuhnya lagi.”

Doa untuk Pernikahan

Doa Pernikahan

Mendapatkan sebuah undangan pernikahan merupakan hal yang wajar. Oleh karena itu, datang ke pernikahan kerabat atau teman merupakan hal yang baik. Kita akan mendapatkan berkah dari pernikahan itu dan dapat mendoakan kedua mempelai laki – laki dan perempuan. Ikut turut bahagia karena pernikahan kedua pasangan tersebut.

Bahkan Rasulullah SAW. pun memerintahkan agar kita datang menghadiri ke acara pernikahan jika kita diundang ke acara pernikahan atau walimah. Sesuai sabda Rasulullah SAW. bahwa:

إِذَا دُعِيَ أَحَدُكُمْ إِلَى الْوَلِيْمَةِ فَلْيَأْتِهَا

Artinya:
“Jika salah seorang di antara kalian diundang menghadiri acara walimah, maka datangilah.” (HR. Bukhari)

Saat datang ke sebuah acara pernikahan dalam rangka untuk menyaksikan proses ijab qabul pun kita akan memperoleh hikmah dari pernikahan yaitu keberkahan yang luar biasa.

Saat bertemu dengan pengantin kita biasanya mengucapkan atau memberikan ucapan “Selamat ya atas pernikahan kalian, semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warahmah”. Kalimat tersebut sebaiknya mulai kita ganti dengan doa pernikahan.

Berikut ini merupakan doa untuk pernikahan yang dapat kita ucapkan kepada kedua mempelai laki – laki dan perempuan sebagai berikut:

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata bahwa:

“Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW. saat ada yang menikah, beliau memberi ucapan selamat dan mendoakan kepada seseorang yang menikah, dan beliau berkata:

Bacaan Arab Doa untuk Pernikahan

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Bacaan Latin Doa untuk Pernikahan

Baarakallaahu laka, wa baaraka ‘alayka wa jama’a baynakumaa fii khayr.

Terjemahan Doa untuk Pernikahan

“Mudah – mudahan Allah SWT. selalu memberikan berkah kepadamu, baik ketika kamu sedang senang maupun kamu sedang susah. Dan Allah SWT. selalu mengumpulkan kamu berdua (pengantin laki – laki dan perempuan) di dalam kebaikan.” (HR. Abu Daud, Ahmad, At Tirmidzi, An Nasaiy, dan Ibnu Majah)

Kamu juga dapat menggunakan doa pernikahan yang lebih lengkap seperti doa berikut ini:

Bacaan Arab Doa untuk Pernikahan Lengkap

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ. بَارَكَ اللهُ لِكُلِّ وَاحِدٍ مِنْكُمَا فِيْ صَاحِبِهِ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِيْ خَيْرٍ

Bacaan Latin Doa untuk Pernikahan Lengkap

Baarakallaahu laka wa jama’a baynakumaa fii khayr. Baarakallaahu likulli waa hidin minkumaa fii shaahibihi wa jama’a baynakumaa fii khayr.

Terjemahan Doa untuk Pernikahan Lengkap

“Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagimu. Dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan. Berkah Allah (semoga tercurahkan) bagi masing – masing kalian berdua atas pasangannya, dan (semoga) Allah mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Bisa juga dengan doa lainnya, berikut beberapa doa pernikahan yang dapat dibaca yaitu sebagai berikut:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ، وَاغْفِرْ لَهُم،ْ وَارْحَمْهُمْ

Allahumma baarik lahum fiimaa razaqtahum, wagh fir lahum war hamhum.

Artinya:
“Ya Allah, berkahilah apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka, ampunilah mereka dan sayangilah mereka.” (HR Muslim)

atau dapat menggunakan doa berikut ini:

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُمْ، وَارْحَمْهُمْ، وَبَاِرِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ

Allahummagh fir lahum, war hamhum, wa baarik lahum fiimaa razaqtahum.

Artinya:
“Ya Allah, ampunilah mereka, sayangilah mereka dan berkahilah mereka pada apa – apa yang Engkau karuniakan kepada mereka.” (HR Ahmad)

Ketika sedang menghadiri pernikahan dan sedang menikmati hidangan yang disediakan, maka berdoalah seperti doa berikut ini:

اَللّٰهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِيْ، وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

Allaahumma ath’im man ath’amanii, wasqi man saqaanii.

Artinya:
“Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku, dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.”

Bisa juga dengan menggunakan doa berikut ini:

أَفْطَرَ عِنْدَكُمُ الصَّائِمُوْنَ، وَأَكَلَ طَعَامَكُمُ اْلأَبْرَارُ، وَصَلَّتْ عَلَيْكُمُ الْمَلاَئِكَةُ

Afthara ‘indakumus shaaimuuna, wa akala tha’aa makumul abraaru, wa shallat ‘alaykumul malaaikah.

Artinya:
“Telah berbuka di sisi kalian orang-orang yang berpuasa, dan telah menyantap makanan kalian orang-orang yang baik, dan para Malaikat telah mendoakan kalian.”

Baca Juga:

Demikianlah pembahasan mengenai doa untuk pernikahan yang telah dijabarkan secara jelas dan terperinci. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat bagi kalian semua ya. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read