Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Nazilah dan Witir Lengkap

1 min read

Doa Qunut Subuh Nazilah

Berikut ini materi tentang bacaan doa qunut sholat subuh, nazilah dan witir. Pengertian qunut, Makna doa qunut subuh, Doa qunut subuh, Doa qunut nazilah, 3 Jenis doa qunut, lengkap dengan penjelasan dan gambar.

Bacaan dan rukun dalam sholat wajib lima waktu merupakan hal standar yang tidak dapat diubah-ubah. Tetapi ada salah satu bacaan yang terletak setelah rukun kedua dari sholat subuh yang sedang dibaca, termasuk Sunah dalam sholat wajib. Doa yang Sunah ialah bacaan yang disebut doa Qunut. Ada berbagai jenis doa Qunut yang merupakan doa Sunnah rosul ketika dibaca dalam ajaran Islam.

Qunut berasal dari bahasa Arab qonata yang memiliki arti tunduk dan patuh atau dengan kata lain disebut kepatuhan kepada Allah SWT. Qunut juga memiliki makna lain seperti berdiri tegak, diam, taat, berdoa dan khusyu’.

Meskipun ada perdebatan tentang makna di antara para ulama, membaca doa Qunut adalah Sunnah Muakkad atau Ab’ad, yang berarti Sunnah yang sangat kuat atau dianjurkan.

Doa Qunut ini merupakan doa khusus yang hanya dibaca ketika kita melaksanakan sholat dalam keadaan sedang berdiri. Ada tiga jenis doa Qunut yang sangat terkenal yaitu doa qunut subuh, doa qunut witir, dan juga doa qunut nazilah.

Di bawah ini merupakan penjelasan lengkap tentang doa Qunut sehingga kita dapat belajar dari doa Qunut subuh dan artinya, doa Qunut Witir, doa Qunut Nazilah, keutamaab dan manfaatnya, dan lain sebagainya.

Pengertian Qunut

Qunut merupakan serangkaian kalimat Doa yang bermanfaat bagi mereka yang membacanya atau imam dan juga bagi mereka yang mengaminkannya atau makmum.

Doa Qunut Subuh Arabbb

Ada berbagai perbedaan Do’a Qunut didalam 4 Madzhab:

• Dalam madzhab syafii: Do’a Qunut dibaca setelah melaksanakan itidal. Hukumnya adalah Sunnah Mu’akadah. Jadi, apabila seseorang tidak melakukannya, sujud harus diganti dengan sujud sahwi.

• Adapun Madzhab Maliki: Sunnah membaca doa Qunut. Tidak dilaksanakan tidak apa-apa dan ditinggalkan tidak bisa menjadi dosa.

• Tapi Madzhab Hanafi dan Hambali: Tidak bisa memakai Qunut sama sekali dalam melaksanakan sholat subuh.

Makna Doa Qunut Subuh

Doa Qunut Subuh merupakan doa yang dibaca ketika sholat Subuh, yang telah menjadi kebiasaan dan dipraktikkan oleh umat Islam. Bacaan doa Qunut, terutama ketika kita membaca waktu sholat subuh, terjadi sebelum kita sujud dalam rakaat kedua, tepat ketika dalam posisi itidal. Sholat Subuh itu sendiri merupakan sholat yang dilaksanakan sebelum matahari terbit atau sebelum fajar.

Bagi sebagian Muslim, ada orang-orang yang tidak menggunakan atau membaca doa Qunut ini ketika shalat Subuh. Tetapi bagi umat Islam di Indonesia, yang sebagian besar adalah NU dan bermazhab imam Syafi’i, mereka selalu membaca atau mengamalkan doa Qunut ini selama sholat subuh.

Bacaan Doa Qunut Subuh

Bacaan Doa Qunut dalam tulisan Arab yang biasa kita baca saat sholat subuh dan yang bisa kita ingat adalah sebagai berikut:

Doa Qunut Subuh Arab

Doa Qunut Subuh Arabbbbbb

Doa Qunut Subuh Latin

Bacaan doa qunut Latin adalah sebagai berikut:

Terjemahan Bacaan Doa Qunut Subuh

Terjemahan adalah sebagai berikut ini:

Baca Doa Qunut Nazilah

Doa Qunut ini cukup singkat dan ringkas, inilah bacaannya:

Bacaan Latin Qunut Nazilah

Arti dari Doa Qunut Nazilah

Terdapat 3 jenis doa Qunut

Berdasarkan penafsiran yang diambil dari beberapa hadits yang membahas tentang Qunut, Qunut dibagi menjadi tiga bagian, yaitu :

1. Doa Qunut Subuh
2. Doa Qunut Nazilah
3. Doa Qunut Witir

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Bacaan Doa Qunut Sholat Subuh, Nazilah dan Witir . semoga utasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi anda semua.