Doa Qunut

1 min read

Doa Qunut

Doa Qunut – Berikut ini adalah materi tentang doa qunut, mulai dari bacaan doa qunut dalam sholat, tata cara doa qunut, manfaat dan keutamaan doa qunut.

Bacaan Sholat lima waktu sudah standar dan tidak dapat diubah urutannya. Tetapi ada pembacaan setelah rukuk kedua dalam sholat subuh yang merupakan sunah rasul, untuk membaca doa di tengah-tengah shalat wajib.

Doa tersebut ialah bacaan Qunut. Ada beberapa Qunut yang menjadi Sunnah dalam ajaran Islam yaitu, bacaan doa Qunut Nazilah atau doa Qunut ketika terjadi musibah.

Jika Anda membaca Qunut Nazila ini, Anda secara spiritual akan menghadap Allah SWT untuk meminta pengampunan dan petunjuk-Nya sehingga nasib buruk akan segera berakhir.Lalu ada Qunut pendek dan Qunut yang dibaca ketika melaksanakan sholat subuh.

Pada kesempatan ini Qunut akan dibahas Qunut dalam sholat subuh yang pendek sesuai Sunnah Rosul.

Doa Qunut Sholat Subuh

Qunut saat shalat Subuh biasanya dilakukan oleh umat Islam. Dalam sholat subuh bacaan Qunut selalu dilakukan setelah rukuk pada rakaat kedua sebelum sujud.Sholat subuh dilakukan sebelum fajar atau sebelum matahari terbit.

Bacaan Arabnya :

Tulisan Latinnya :

Artinya :

Tata Cara Qunut

Perihal dengan tata cara Qunut dilakukan ketika melakukan i’tidal (gerakan berdiri setelah rukuk). Doa paling utama yang dilakukan hanya pada rukuk terakhir dalam sholat dan biasanya dibacakan setiap sholat Subuh.

Ini Qunut yang dapat dilakukan ketika salah satu saudara atau saudari kita terkena dampak musibah.

Suatu bentuk persaudaraan di antara umat Islam lainnya ialah qunut, sehingga Allah segera menghilangkan kemalangan yang menimpa saudara-saudari kita.

Manfaat dan Keutamaan

Banyak sekali keutamaan shalat Subuh berjamaah, karena dalam shalat Subuh ada tambahan Qunut yang memiliki beberapa manfaat.

Qunut bukan hanya sekedar doa yang hanya dibaca untuk memohon kepada Allah SWT. Melafalkan Qunut memiliki banyak manfaat bagi mereka yang membacanya dengan tulus dan ikhlas. Berikut adalah keutamaan dari Qunut:

1. Sebagai Petunjuk

Bacaan Qunut berisi doa dengan bunyi “Allahummahdinii fii man hadaiit”, yang berarti permintaan seorang hamba kepada Allah agar diberi petunjuk.

kalimat atau Lafadz dapat dipandang sebagai kata-kata dari Tawasul, yaitu kata-kata yang berarti adanya berkah Hidayah sebagai Allah SWT yang menawarkan hidayah kepada para hamba-Nya.

2. Dapat Perlindungan

Kalimat yang ada di dalam qunut “Wa’aafinii fii man afaiit” berisi kalimat yang berarti “Kasihkanlah hamba keselamatan sebagaimana hamba-Mu yang lain yang sudah diberikan keselamatan”.

Kata-kata ini menegaskan makna bahwa Allah SWT perindungan kepada hambanya dengan memberikan keselamatan kepada hamba-Nya yang memohon.

Perlindungan yang diberikan Allah SWT kepada hamba-hamba-Nya tidak hanya perlindungan dan keselamatan di dunia, tetapi juga keselamatan untuk akhirat kelak.

3. Menghindari Berbagai Penyakit

Dalam doa ada ungkapan “wa’aafini fii man hadaiit”, yang diyakini menawarkan perlindungan dalam bentuk keselamatan.

Kalimat ini dapat membawa keselamatan, misalnya, untuk menyelamatkan hamba-hamba-Nya dari segala jenis penyakit, baik itu penyakit hati atau penyakit rohani atau penyakit jasmani yang ada pada hamba-Nya.

Membaca Qunut dengan rutin dapat membuat manusia terhindar dari hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT, baik dalam hal kesenangan maupun dalam hal kekayaan dan tahta.

4. Memberikan Berkah Terhadap Nikmat yang Telah diiberikan

Dalam bacaan ada juga ungkapan “wabaariklii fiimaa a’thoiit” yang berarti Berkahilah kepadaku untuk apa yang telah Engkau kasih.

Kalimat ini menunjukkan dan menjelaskan bahwa Allah SWT senantiasa memberikan kebaikan dalam bentuk keberkahan kepada setiap hamba-Nya.

Sejumlah kecil atau besar bantuan yang Allah SWT berikan kepada masing-masing hamba-Nya akan menjadi berkah bagi hamba-hambanya.

Baca Juga :