Doa Rumah Baru Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia

2 min read

Doa Rumah Baru

Doa Rumah Baru Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Indonesia – Tiap manusia merasakan sebuah kebahagiaan jika dapat membangun atau memiliki rumah baru. Terutama bagi para lelaki yang akan menikah.

Memiliki sebuah rumah baru yang akan ditempati oleh keluarganya merupakan sebuah pencapaian yang tak terkira. Karena dapat memberikan tempat yang nyaman untuk hidup bersama keluarganya.

Lantas apakah terdapat doa jika memiliki rumah baru?

Berikut ini akan dijelaskan mengenai rumah baru dan tata cara memasukinya. Simak terus ya.

Rumah

Rumah merupakan tempat tinggal seseorang dalam berlindung dari panas dan hujan. Terutama bagi seseorang yang telah berumah tangga, rumah merupakan kebutuhan pokok.

Siapa yang tidak ingin memiliki rumah baru? Banyak orang yang berusaha untuk bekerja keras agar dapat memiliki rumah baru. Tetapi jika memang belum mampu dan sanggup untuk memiliki rumah baru, tidak apa – apa jika tinggal di rumah kontrakan terlebih dahulu. Dari pada harus memaksakan lebih dari kemampuan kita dan berujung beban dalam menjalani hidup.

Memiliki rumah baru merupakan hal yang dinantikan bagi banyak orang, tetapi jika belum dapat memilikinya tidak apa jika itu hanya rumah lama atau rumah kontrakan. Karena hidup berkeluarga merupakan hidup yang akan dijalani oleh dua orang atau lebih tidak lagi seorang.

Ketika kita memasuki rumah baru, kita sebaiknya berdoa. Hal ini dilakukan agar rumah yang kita tempati nanti diberi keberkahan oleh Allah SWT. dan terlindung dari godaan setan dan jin.

Rumah menjadi tempat yang tenteram dan nyaman untuk ditempati.

Seperti yang kita ketahui, di Indonesia masih banyak acara jika ada yg baru pindahan atau menempati rumah baru terutama bagi orang Jawa ya. Biasanya disebut dengan selamatan.

Selamatan merupakan bentuk lain dari rasa bersyukur kita atas segala nikmat yang telah Allah SWT. berikan dan agar nantinya saat tinggal di rumah tersebut diberi keberkahan, ketenteraman, kenyamanan, dan kebahagiaan bersama dengan keluarga dan orang – orang disekitarnya.

Hal itulah yang mendasari kenapa berdoa saat menempati rumah baru itu penting. Jika ada yang sampai melakukan pesta dan lain – lainnya itu merupakan hak tiap orang. Tetapi dalam Islam tidak mengajarkan hal yang berlebih – lebihan.

Jika memang memiliki rejeki lebih, bisa mengundang para tetangga untuk berkumpul berdoa bersama sekaligus sebagai cara agar dapat memperkenalkan diri di lingkungan tersebut. Atau jika rejekinya ternyata bisa sampai mengundang anak – anak yatim piatu untuk datang berdoa di rumah baru juga tidak apa – apa.

Yang penting sesuai kemampuan dan tidak berlebih – lebihan.

Doa Rumah Baru

Adapun doa yang dapat dipanjatkan ketika menempati rumah baru di antaranya yaitu:

Doa Rumah Baru1
Doa Rumah Baru

Bacaan Arab Doa Rumah Baru

أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ

Bacaan Latin Doa Rumah Baru

A’uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Rumah Baru

“Aku berlindung dengan kalimat – kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk apa saja yang Dia ciptakan.”

Dari Khaulah binti Hakim radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ نَزَلَ مَنْزِلًا ثُمَّ قَالَ أَعُوذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّاتِ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ لَمْ يَضُرَّهُ شَيْءٌ حَتَّى يَرْتَحِلَ مِنْ مَنْزِلِهِ ذَلِكَ

Artinya: “Siapa yang singgah di suatu tempat lalu ia membaca: “A’uudzu bi kalimaatillaahit taammaati min syarri maa khalaq.” (Aku berlindung dengan kalimat – kalimat Allah yang sempurna dari kejahatan makhluk – makhluk apa saja yang Dia ciptakan). Maka tak ada sesuatu pun yang membahayakannya sehingga ia beranjak dari tempatnya tersebut.” (HR. Imam Muslim)

Bisa juga menggunakan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

Allahumma innii as aluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillaahi wa lajnaa wa bismillaahi kharajnaa wa ‘alaallahi rabbanaa tawakkalnaa.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepadaMu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal.” (HR. Abu Daud dan At Thabrani)

Selain kedua doa tersebut bisa juga menggunakan doa lain, yaitu:

اَللهم يَا مَنْ فَلَقَ الْبَحْرَ لِمُوْسَى بْنِ عِمْرَانَ, وَنَجَّى يُوْنُسَ مِنْ بَطْنِ الْحُوْتِ, وَسَيَّرَ الْفُلْكَ لِمَنْ شَاءَ أَنْتَ الْعَالِمُ بِعَدَدِ قَطْرِ .الْبِحَارِ وَذَرَّاتِ الرِّمَالِ. يَا خاَلِقَ أَصْنَافِ عَجَائِبِ الْمَخُلُوْقَاتِ أَسْأَلُكَ الْكِفَايَةَ يَا كَافِيَ مَنْ اِسْتَكْفَاهُ, يَا مُجِيْبَ مَنْ دَعَاهُ, يَا مُقِيْلَ مَنْ رَجَاهُ. أَنْتَ الْكَافِيْ لَا كَافِيَ إِلَّا أَنْتَ. اِكْفِنِيْ شَرَّمَا أَخاَفُ وَأَحْذَرُ. وَامْلَأْ مَنْزِلِيْ هَذَا خَيْراً وَبَرَكَةً. وَصَلِّ عَلَى نَبِيِّكَ .وَرَسُوْلِكَ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ

Allaahumma yaa man falaqal bahra limuusaa bin ‘imraan, wa najjaa yuunusa min bathnil huut, wa sayyaral fulka liman syaa a antal ‘aalimu bi’adadi qathril bihaari wa dzarraatir rimaal. Yaa khaliqa ashnaafi ‘ajaa ibil makhluuqat. As alukal kifaayah yaa kaafiya man istakfaah, yaa mujiiba man da’aah, yaa muqiila man rajaah. Antal kaafii laa kaafiya illaa anta. Ikfinii syarra maa akhaafu wa ahdzar. Wamla’ manzilii hadzaa khairan wa barakah. Washalli ‘alaa nabiyyika wa rasuulika sayyidinaa muhammadin wa aalihi wa shahbihi wa sallim.

Artinya: “Ya Allah yang membelah lautan untuk Musa bin Imran dan menyelamatkan Yunus dari perut ikan besar, yang menjalankan perahu kepada siapa pun yang dikehendaki. Engkau mengetahui jumlah tetesan air laut dan satuan – satuan kerikil. Wahai zat yang menciptakan beberapa macam keajaiban makhluk – makhluk. Aku memohon kepadaMu kecukupan, wahai zat yang mencukupi hamba yang memintakan kecukupan kepadaNya. Wahai zat yang mengabulkan hamba yang berdoa kepadaNya yang mengampuni hamba yang mengharap rahmatNya. Engkau Maha Mencukupi, tiada yang mencukupi selain Engkau. Cukupilah aku dari keburukan sesuatu yang aku khawatirkan, penuhilah tempatku ini dengan kebaikan dan keberkahan. Salawat serta salam semoga tercurah kepada nabi dan utusanMu, junjungan kami Nabi Muhammad SAW. dan kepada keluarga serta sahabatnya.”

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa – doa yang dapat dibaca ketika memasuki rumah baru. Semoga doa ini dapat diamalkan ketika akan menempati rumah baru atau pindah rumah. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *