Bacaan Doa Sapu Jagat Arab, Latin, dan Arti Beserta Keutamaannya

2 min read

Doa Sapu Jagat

Bacaan Doa Sapu Jagat Arab, Latin, dan Arti Beserta Keutamaannya – Hidup bahagia baik itu di dunia atau pun di akhirat merupakan keinginan setiap orang. Tetapi jika melakukan hal-hal yang tidak baik, apakah bisa bahagia di dunia dan akhirat? Tentu tidak. Jika kita bertaubat dan memohon ampunan dari Allah Subhanahu wa ta’ala, serta berjanji tidak akan mengulanginya kembali insya Allah akan mendapatkan ampunan-Nya.

Selamat dan bahagia ketika hidup di dunia dan kelak di akhirat mendapatkan tempat yang dijauhkan dari api neraka merupakan keinginan tiap orang. Memohon kepada-Nya dan terus berharap diberikan tempat terindah di akhirat kelak. Serta dapat membawa keluarga yang kita sayangi.

Dengan membaca doa sapu jagat insya Allah akan diberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Tapi tahukah kamu bagaimana do’a sapu jagat? Dan apa saja keutamaan dari do’a sapu jagat ini? Ulasan kali ini akan membahas mengenai bacaan doa sapu jagat dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya, serta keutamaan doa tersebut. Simak terus ya.

Pengertian

Doa sapu jagat yaitu doa kesejahteraan di dunia dan keselamatan di akhirat. Dengan doa ini kita akan dijaga dan diridhai Allah Subhanahu wa ta’ala. Bahagia dunia dan akhirat. Selain itu, dengan doa ini Allah Subhanahu wa ta’ala akan memberikan kesehatan, keselamatan, rezeki, keberkahan, dan hal baik lainnya.

Doa sapu jagat merupakan doa yang sebaiknya dibaca di waktu mustajab. Memohon hal-hal baik agar terjaga dari siksa api neraka dan mendapat keberkahan di dunia.

Do’a sapu jagat dapat dibaca di waktu-waktu berikut ini, di antaranya yaitu:

a. Sebelum salam ketika sholat
b. Sesudah sholat fardhu
c. Sholat di sepertiga malam
d. Antara adzan dan iqomah
e. Saat hujan turun

Bacaan Doa Sapu Jagat

Perintah membaca do’a sapu jagat juga terdapat pada salah satu ayat Al Quran yaitu pada surat Al Baqarah ayat 201. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَمِنْهُمْ مَنْ يَقُولُ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Dan di antara mereka ada orang yang berdoa: “Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.” (QS. Al Baqarah ayat 201)

Berikut ini merupakan doa yang biasa dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam,

Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa,

عَنْ أَنَسٍ قَالَ: كَانَ أَكْثَرُ دُعَاءِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اللَّهُمَّ رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya: “Dari Anas, ia mengatakan: “Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam paling sering membaca doa “Wahai Tuhan kami, anugerahi kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka.”” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

a. Bacaan Doa Sapu Jagat Pendek

Adapun berikut ini do’a sapu jagat pendek yaitu:

Bacaan Doa Sapu Jagat

Bacaan Arab Doa Sapu Jagat Pendek

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin Doa Sapu Jagat Pendek

Rabbanaa aatinaa fid dun yaa hasanah, wa fil aakhirati hasanah, wa qinaa ‘adzaabanaar.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sapu Jagat Pendek

“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan jauhkan kami dari api neraka.”

b. Bacaan Doa Sapu Jagat Panjang

Adapun berikut ini do’a sapu jagat panjang yaitu:

Bacaan Arab Doa Sapu Jagat Panjang

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَالْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَالْمَوْتِ. اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَالْحِسَابِ

Bacaan Latin Doa Sapu Jagat Panjang

Allaahumma innaa nas aluka salaamatan fid diin, wa ’aafiyatan fil jasad, wa ziyaadatan fil ’ilmi wa barakatan firrizqi wa taubatan qablal maut, wa rahmatan ‘indal maut, wa magfiratan ba’dal maut. Allaahumma hawwin ‘alainaa fii sakaraatil maut, wa najaatam minannaari wal ’afwa ‘indal hisaab.

Terjemahan Arti Bacaan Arab Doa Sapu Jagat Panjang

“Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu akan keselamatan agama dan kesehatan badan, dan bertambahnya ilmu pengetahuan, dan keberkahan dalam rezeki, dan diampuni sebelum mati, dan mendapat rahmat waktu mati, dan pengampunan sesudah mati. Ya Allah, mudahkan bagi kami waktu (sekarat) menghadapi mati, dan selamatkan kami dari siksa api neraka, dan pengampunan waktu hisab.”

Dari kedua do’a sapu jagat tersebut silakan membaca salah satunya. Baik itu do’a sapu jagat yang panjang atau pun yang pendek memiliki keutamaan yang luar biasa.

Keutamaan

Keutamaan dari membaca do’a sapu jagat di antaranya yaitu:

a. Mendapatkan kebaikan selama di dunia
b. Mendapatkan kebaikan di akhirat
c. Mendapatkan perlindungan dari api neraka

Karena keutamaan yang terkandung dalam do’a tersebut begitu luar biasa, do’a ini disebut dengan do’a sapu jagat. Doa yang dapat memberikan keselamatan baik itu di dunia atau pun di akhirat.

Semoga dengan membaca doa ini kita selalu mendapatkan perlindungan dari Allah Subhanahu wa ta’ala. Diberikan kebahagiaan salam hidup, dijaga dan diberikan keluarga, dan dipertemukan dengan orang-orang yang saleh lagi baik.

Dengan membaca doa ini juga semoga dilapangkan segala hajat kita dan juga dimudahkan saat sakratul maut.

Begitu besar keutamaan dari doa ini, sehingga sayang sekali jika doa ini tidak diamalkan. Kamu dapat membaca doa sapu jagat yang pendek jika kesulitan membaca doa yang panjang.

Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui dan tidak akan menyusahkan hamba-Nya.

Mengikuti ajaran Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam juga merupakan ladang pahala untuk kita. Karena doa ini sering dibaca oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wasallam itu artinya kita mencontoh apa yang diajarkan oleh Beliau. Mengamalkan apa yang diajarkan Beliau artinya kita memperoleh pahala dan keutamaan dari doa tersebut.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa sapu jagat yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya beserta keutamaan dari doa tersebut. Semoga doa tersebut dapat diamalkan di keseharian dan artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Pelaksanaan Shalat Jumat

_pur
3 min read