Doa Sebelum Belajar Mudah Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti

3 min read

Doa Sebelum Belajar1

Doa Sebelum Belajar Mudah Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti – Belajar merupakan suatu cara agar tiap orang mengetahui banyak hal. Dengan belajar, seseorang bisa menjadi apa yang ia inginkan. Seseorang tersebut mengalami proses untuk berubah, baik itu tingkah laku, pengetahuan, keterampilan, sikap, dan hal – hal positif lainnya.

Bagi orang Indonesia menuntut ilmu dengan pendidikan 9 tahun merupakan hal yang wajib. Selain itu bisa juga dimulai dari kecil. Bagi anak – anak bisa mengikuti TPQ atau Taman Pendidikan Al Qur’an dan juga TK atau PAUD. Menuntut ilmu baik itu ilmu agama atau pun ilmu dunia haruslah dilakukan. Belajar mengaji juga merupakan dasar bagi umat Islam.

Sebelum memulai belajar ada baiknya untuk membaca doa terlebih dhaulu agar ilmu yang dipelajari dapat terserap dan berkah untuk kita. Tahukah kamu bagaimana dengan doa sebelum belajar?

Ya. Ulasan kali ini akan membahas mengenai doa sebelum belajar yang mudah dan lengkap untuk dipraktekan dalam kehidupan sehari – hari. Simak ulasan ini ya.

Sebelum Belajar

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan bagi tiap manusia. Kita tidak dapat hidup jika tidak belajar. Belajar pun tidak harus duduk tenang di bangku sekolahan. kita bisa belajar dengan bersosialisai di lingkungan kita. Dapat juga belajar dari suatu komunitas atau perkumpulan.

Belajar dapat dari mana saja dan kapan saja, tidak memandang umur, gender, atau pun status. Siapa pun dapat belajar. Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam pun belajar. Beliau mengatakan bahwa belajar merupakan suatu hal yang wajib untuk dilakukan.

Sabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ

Artinya: “Menuntut ilmu itu wajib atas setiap muslim.” (HR. Ibnu Majah)

Dari hadist tersebut dapat diketahui bahwa belajar merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia.

Belajar tidak melulu pelajaran sekolah, tetapi juga dapat belajar dari perjalanan hidup seseorang, dari film yang ditonton, dan lain sebagainya. Apalagi untuk anak kecil yang sedang tumbuh dan berkembang. Perlu diawasi pula tentang apa yang mereka pelajari jangan sampai mereka belajar hal – hal yang tidak baik.

Bahkan kita sering mendengar kalimat “Belajarlah sampai ke negeri Cina”. Itu sebabnya belajar itu sangat penting. Mencari ilmu pun tidak hanya seputar di situ situ aja. Selama ilmu yang kita pelajari benar di manapun tempat belajarnya merupakan hal yang baik.

Mencari ilmu pun sama halnya dengan ibadah. Ilmu yang kita pelajari dapat kita ajarkan juga kepada orang lain. Maka pahalanya akan mengalir terus tanpa henti. Semua itu harus diawali dengan berdoa. Supaya ilmu yang kita dapatkan berkah.

Doa Sebelum Belajar

Ketika seseorang akan memulai untuk belajar ada baiknya untuk berdoa terlebih dahulu. Membaca doa sebelum melakukan aktivitas merupakan hal yang dapat menjaga kamu. Semua yang diawali dengan doa akan baik hasilnya dan diberkahi Allah Subhanahu wa ta’ala.

Doa sebelum belajar beraneka ragam. Terdapat doa yang mudah dan simple untuk dibaca. Silakan Anda memilih doa mana yang ingin Anda praktekan dalam kehidupan sehari – hari.

Adapun berikut ini doa – doa sebelum belajar:

Doa Sebelum Belajar Pertama

Doa Sebelum Belajar
Doa Sebelum Belajar

Bacaan Arab Doa Sebelum Belajar

رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا وَارْزُقْنِيْ فَهْمًا, وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latin Doa Sebelum Belajar

Rabbi zidnii ‘ilman warzuqnii fahmaa, waj’alnii minash shaalihiin.

Terjemahan Arti Doa Sebelum Belajar

“Ya Allah, tambahkanlah kepada aku ilmu, berikanlah kepada aku karunia untuk dapat memahaminya, dan jadikanlah aku termasuk dalam golongan orang – orang yang saleh.”

Doa tersebut merupakan doa yang biasa dibaca ketika sebelum memulai belajar. Biasanya anak – anak yang akan memulai untuk mengaji dan belajar di tingkat Sekolah Dasar akan dibiasakan untuk membaca doa ini.

Doa Sebelum Belajar Kedua

Bacaan Arab Doa Sebelum Belajar

رَضِتُ بِااللهِ رَبَا, وَبِالْاِسْلاَمِ دِيْنَا, وَبِمُحَمَّدٍ نَبِيَا وَرَسُوْلاَ. رَبِّ زِدْ نِيْ عِلْمًـا وَرْزُقْنِـيْ فَهْمًـا

Bacaan Latin Doa Sebelum Belajar

“Radhitu billaahirabaa, wa bil islaamidiinaa, wa bimuhammadin nabiyyaa wa rasuula. Rabbi zidnii ‘ilmaan warzuqnii fahmaa.”

Terjemahan Arti Doa Sebelum Belajar

“Kami ridha Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai agamaku, dan Nabi Muhammad sebagai Nabi dan Rasulku. Ya Allah, tambahkanlah kepada aku ilmu dan berikanlah kepada aku pengertian yang baik.”

Doa ini bisa juga dipanjatkan ketika kita berdoa setelah sholat. Karena doa ini memiliki keutamaan yang besar da biasadimalkn di sehasri – hari.

Doa Sebelum Belajar Ketiga

Bacaan Arab Doa Sebelum Belajar

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ عِلْماً نَافِعاً، وَرِزْقاً طَيِّباً، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Bacaan Latin Doa Sebelum Belajar

Allahumma innii as aluka ‘ilman naafi’an, wa rizqan thayyiban, wa ‘amalan mutaqabbalan.

Terjemahan Arti Doa Sebelum Belajar

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik, dan amal yang diterima.“ (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Ibnu As Sunni)

Doa ini merupakan doa yang dibaca saat dzikir pagi. Ketika memulai hari doa ini merupakan doa yang baik untuk dipanjatkan kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Doa Sebelum Belajar Keempat

Bacaan Arab Doa Sebelum Belajar

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عِلْمٍ لَا يَنْفَعُ، وَمِنْ قَلْبٍ لَا يَخْشَعُ، وَمِنْ نَفْسٍ لَا تَشْبَعُ، وَمِنْ دُعَاءٍ لَا يُسْمَعُ

Bacaan Latin Doa Sebelum Belajar

Allahumma innii au’dzubika min i’lmin laa yanfa’, wa min qalbii laa yakhsya’, wa min nafsyin laa tasyba’, wa min du’aain laa yusma’.

Terjemahan Arti Doa Sebelum Belajar

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari ilmu yang tidak bermanfaat, dari hati yang tidak khusyuk, dari jiwa yang tidak merasa puas, dan dari doa yang tidak didengar (tidak dikabulkan).” (HR. Abu Daud, An Nasa’i, dan Ibnu Majah)

Doa tersebut merupakan doa yang sunnah dibaca ketika sebelum memulai pembelajaran. Jangan lupa untuk membaca doa sebelum memulai belajarnya ya supaya ilmu yang dipelajari lebih bermanfaat dan berkah.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa sebelum belajar yang mudah dan lengkap untuk dibaca dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda sekalian dan dapat diamalkan di kehidupan sehari – hari. Terima kasih.