Bacaan Doa Sebelum Makan dengan Arab, Latin, dan Artinya

3 min read

Doa Sebelum Makan

Bacaan Doa Sebelum Makan dengan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap manusia membutuhkan asupan makanan untuk beraktivitas. Jika manusia tidak mengonsumsi makanan dan minuman berhari – hari bisa menyebabkan tubuh lemah dan akhirnya sakit.

Makanan merupakan hal pokok yang dibutuhkan oleh manusia. Bagi umat Islam, setiap tindakan harus diawali dengan doa. Sama halnya ketika hendak makan. Jika tidak maka akan diganggu oleh setan.

Kita tidak pernah tahu kapan setan akan mengganggu kita. Jika kita tidak memohon perlindungan Allah Subhanahu wa ta’ala, maka setan akan dengan mudahnya mengganggu kita.

Tahukah kamu bagaimana bacaan doa sebelum makan? Ulasan kali ini akan membahas mengenai doa sebelum makan yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan Indonesia yang dapat memudahkan kamu membacanya. Simak ya.

Perintah Berdoa Sebelum Makan

Setiap hal yng kita kerjakan sebaiknya didahului dengan membaca doa dan diakhiri dengan doa pula. Sama halnya dengan makan. Ketika kita hendak makan, maka sebaiknya berdoa terlebih dahulu. Begitu pula saat kita selesai makan, janganlah lupa untuk berdoa.

Segala sesuatu yang diawali dengan berdoa, maka akan diberkahi oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Selain itu, kita juga harus memperhatikan makanan yang kita makan. Karena makanan yang kita makan dapat mempengaruhi tumbuh – kembang diri kita. Allah Subhanahu wa ta’ala bahkan mengingatkan kita dalam ayat Al Quran untuk menjaga asupan yang kita makan. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

فَلْيَنْظُرِ الۡاِنْسَانُ اِلٰی طَعَامِهِ

Artinya: “Maka, seharusnya manusia memerhatikan makanannya.” (QS. ‘Abasa ayat 24)

Makanan yang masuk ke dalam tubuh kita bukan hanya harus memiliki kandungan yang bergizi, berserat, dan lain sebagainya. Tetapi juga kita harus memperhatikan apakah makanan tersebut termasuk dalam makanan yang sehat dan tidak berbahaya bagi kita. Tentunya juga harus berasal dari cara yang halal. Baik itu cara mendapatkannya atau cara membelinya.

Membeli atau menanam dengan cara yang halal akan mendatangkan keberkahan dalam makanan yang kita sajikan. Keluarga dan orang lain yang memakan makanan yang didapatkan secara halal dan baik juga akan mendatangkan keberkahan dan hal – hal baik lainnya.

Setan pun tidak akan mengganggu kita dengan apa yang akan kita konsumsi. Mencari rezeki untuk makan secara tidak halal, maka setan akan tertawa dengan sangat keras. Setan akan merasa menang jika kita mengikuti bisikannya. Oleh karena itu, kita harus menjauhi cara – cara yang tidak halal.

Sebagaimana firman Allah Subhanahu wa ta’ala pada surat Al Baqarah ayat 168.

يَا أَيُّهَا النَّاسُ كُلُوا مِمَّا فِي الْأَرْضِ حَلَالًا طَيِّبًا وَلَا تَتَّبِعُوا خُطُوَاتِ الشَّيْطَانِ إِنَّهُ لَكُمْ عَدُوٌّ مُبِينٌ

Artinya: “Hai sekalian manusia, makanlah dari (makanan) yang halal dan baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah – langkah setan. Karena sesungguhnya setan itu musuh yang nyata bagimu.” (QS. Al Baqarah ayat 168)

Jadi, makanlah makanan yang didapatkan dengan cara yang halal dan makanan yang baik untuk tubuh. Hindarilah makanan yang mendatangkan kemudharatan. Jika ragu perihal kehalalan makanan tersebut, maka tinggalkan.

Lebih baik meninggalkan hal yang meragukan, dari pada melakukan hal tersebut dan ternyata hal tersebut merupakan hal yang tidak baik.

Bahkan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah mengingatkan hamba-Nya perihal hal ini. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim telah disebutkan bahwa,

عَنْ أَبِي عَبْدِ اللهِ النُّعْمَانِ بْنِ بَشِيْرٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا قَالَ سَمِعْتُ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ: إِنَّ الْحَلاَلَ بَيِّنٌ وَإِنَّ الْحَرَامَ بَيِّنٌ وَبَيْنَهُمَا أُمُوْرٌ مُشْتَبِهَاتٌ لاَ يَعْلَمُهُنَّ كَثِيْرٌ مِنَ النَّاسِ، فَمَنِ اتَّقَى الشُّبُهَاتِ فَقَدْ اسْتَبْرَأَ لِدِيْنِهِ وَعِرْضِهِ، وَمَنْ وَقَعَ فِي الشُّبُهَاتِ وَقَعَ فِي الْحَرَامِ، كَالرَّاعِي يَرْعىَ حَوْلَ الْحِمَى يُوْشِكُ أَنْ يَرْتَعَ فِيْهِ، أَلاَ وَإِنَّ لِكُلِّ مَلِكٍ حِمًى أَلاَ وَإِنَّ حِمَى اللهِ مَحَارِمُهُ أَلاَ وَإِنَّ فِي الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ أَلاَ وَهِيَ الْقَلْب

Artinya: “Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir Radhiyallahu ‘anhuma,”Saya mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara – perkara yang syubhat (samar – samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka barang siapa yang takut terhadap syubhat, berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan barang siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan gembalaannya di sekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa dia adalah hati.”” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut dikatakan bahwa makanan yang kita makan akan membentuk tubuh dan diri kita. Karena makanan yang kita makan memiliki pengaruh pada tubuh kita.

Bukankah sebagai orang tua kita ingin memberikan yang terbaik untuk anak? Jadi mulailah untuk memberi makan berupa makanan yang tidak hanya baik dan sehat juga yang halal. Baik itu cara memperolehnya atau pun jenis makanannya.

Doa Sebelum Makan

Adapun doa yang dapat diamalkan ketika mau makan yaitu sebagai berikut:

Doa Sebelum Makan

Bacaan Arab Doa Sebelum Makan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Bacaan Latin Doa Sebelum Makan

Alaahumma barik lanaa fiimaa razaqtanaa waqinaa ‘adzaa bannar.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sebelum Makan

“Ya Allah, semoga Engkau berkenan memberikan berkah kepada kami atas apa yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka yang menyakitkan.” (HR. Ibnu Sunni)

Kamu dapat membaca doa ini sebelum memulai makan. Jangan lupa juga untuk membaca Bismillah terlebih dahulu.

Membiasakan membaca doa ini akan menjadikan kita terbiasa. Jika lupa membaca doa ini saat makan, maka segeralah membacanya.

HAl inilah yang menyebabkan pentingnya membiasakan kebiasaan yang dilakukan di kehidupan sehari – hari. Bahkan sejak dini kita harus membiasakan anak – anak kita dari kecil mengetahiu doa – doa sehari – hari.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa sebelum makan yang telah dijelaskan dengan jelas beserta bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Doa Mayit

_pur
2 min read

Niat Puasa Wajib

_pur
2 min read