Doa Sebelum Tidur

2 min read

Doa Sebelum Tidur

Berikut ini ialah materi tentang doa sebelum tidur. Doa sebelum tidur bahasa arab, Do’a sebelum Tidur Latin, Arti bacaan doa sebelum tidur serta makna do’a sebelum tidur.

Tidur merupakan kegiatan sehari-hari untuk seluruh umat manusia. Orang butuh istirahat di malam hari setelah bekerja banyak atau melakukan berbagai kegiatan di pagi, siang, sampai sore hari.

Ketika Anda ingin tidur, membaca do’a sebelum tidur dianjurkan agar Anda dapat tidur dalam perlindungan Allah. Karena ketika kita tidur, kita seperti halnya mati karena tidur adalah sahabatnya mati.

Seperti yang dianjurkan oleh Nabi, kita didorong untuk berdoa sebelum tidur atau ketika kita ingin tidur. Namun, kita dianjurkan tidak hanya melafalkan do’a, tetapi juga membersihkan atau berwudhu sebelum tidur. Dengan harapan kita akan kondisi suci saat tidur.

Doa Sebelum Tidur

Ada begitu banyak praktik, baik itu zikir atau do’a, yang harus dibaca ketika tidur atau sebelum tidur. Do’a sebelum tidur meliputi:

Do’a Sebelum Tidur untuk Menghayati Kematian. Rasulullah sudah mengajarkan do’a singkat dan bermakna yang sering kita dengar dan baca sebelum tidur.

Doa Sebelum Tidur Bahasa Arab

بِسْمِكَ اللّهُمَّ اَحْيَا وَ بِسْمِكَ اَمُوْتُ

Doa Sebelum Tidur Bahasa Latin

“Bismika Allahumma ahyaa wa bismika amuut”.

Arti Bacaan Doa Sebelum Tidur

“Dengan nama-Mu aku hidup, ya Allah. dan dengan nama-Mu aku mati”. (HR.Bukhari dan Muslim).

Makna Doa sebelum Tidur

Do’a Sebelum Tidur ini setidaknya memiliki tiga arti, sebagai berikut:

A. Tidur Sama dengan Mati (Tidur Adalah Saudaranya Mati)

Rasulullah Saw Bersabda : “Tidur itu temannya mati.” (H.R Baihaqi, Thabrani dan Bazzar)

Mengapa tidur harus menjadi saudaranya mati? Karena ketika tidur panca indera dan kesadaran manusia tidak bekerja, juga dikenal sebagai kematian. Hanya detak jantung, pernapasan, dan aspek fisik lainnya yang masih hidup.

Doa Sebelum Tidurr

Al-Qur’an menggambarkan peristiwa-peristiwa tidur seperti yang dijelaskan dalam Al-Quran, yang berarti bahwa:

“Allah memegang jiwa (orang) ketika dia mati dan memegang jiwa (orang) yang belum mati di dalam tidur. Kemudian Dia tahanlah (orang) yang telah Dia perintahkan kematiannya dan Dia membebaskan jiwa-jiwa lain pada waktu yang ditentukan …” ( Surat Az-Zumar ayat 42).

Ayat di atas menjelaskan bahwa ada dua jenis kematian.

  1. Berbentuk tertahannya ruh atau jiwa sehingga tidak bisa lagi kembali ke wadahnya (tubuh) dan ini disebut kematian.
  2. Allah membebaskan ruh seseorang dari cengkeraman-Nya sehingga ia dapat kembali ke wadah aslinya (tubuh). Dan itu disebut tidur.

Hal tersebut dapat dibandingkan dengan orang yang sedang tidur, seperti layang-layang yang terbang jauh di langit, tetapi talinya masih dipegang oleh pemainnya. Sedangkan saat mati ialah layang-layang yang putus tali sehingga terbang dan tidak kembali.

B. Ketika Kita Pergi Tidur, Kita diundang untuk Menjalani Makna Hidup dan Mati

Karena sebelum kita tidur, kita merupakan orang hidup yang alias hidup dengan panca inderanya. Dan sementara kita tidur, kita dimatikan oleh Allah untuk sementara waktu. Karena alasan ini, dianjurkan untuk membaca do’a sebelum tidur.

Contoh kematian yang Allah ajarkan kepada orang-orang di dunia ini untuk menerima pelajaran berharga untuk kehidupan setelah kematian di akhirat kelak.

C. Menyerah Pada Pemilik Hidup dan Mati

Doa ini berisi pesan pengabdian kepada pemilik kehidupan dan kematian. Sungguh, orang-orang terlalu lemah, seperti yang kita lihat ketika kita sedang tidur.

Kita tidak bisa mengendalikan diri dalam tidur kita. Kita tidak memiliki kekuatan lagi untuk mengendalikan tubuh ini. Faktanya, kita tidak bisa menentukan judul mimpi kita.

Berdasarkan ketiga pesan ini, jika dipahami dengan baik, semua karakteristik sombong, kecemburuan, takabur dan sebagainya yang ada pada manusia akan menghilang dan menghilang dengan sendirinya.

Karena semuanya bermuara pada kenyataan bahwa kita hanyalah hamba yang lemah yang dapat dihidupkan dan dimatikan oleh Allah kapan saja.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Do’a Sebelum Tidur. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.