Do’a Sehari-Hari dari Al-Hadits

6 min read

doa sehari hari lengkap

Kumpulan Do’a Sehari-Hari dari Al-Hadits lengkap menggunakan bahasa Arab, Latin dan Arti Indonesia agar mudah dipahami oleh pemula. Berikut adalah selengkapnya

  1. Rosululloh shollallohu ‘alaihi wasallam merapatkan dua tangannya lantas ditiup dan dibacakan : Surat Al Ikhlas [ Qul Huwallohu Ahad], Surat Al Falaq [Qul A’udzubi Robbil falaq] dan Surat An Nas [Qul A’udzubi Robbin nas], kemudian mengusap tubuhnya yang dapat dijangkau dengan dua telapak tangannya yang dimulai dari kepala, wajah hingga tubuh bagian depan sebanyak 3 kali.
  2. Membaca Ayat Kursi [ Allohu Laa Ilaaha Illaa Huwal Hayyul Qoyyum].
  3. Membaca dua ayat terakhir [ 285 – 286 ] dari Surat Al Baqoroh.

Do’a – Do’a Hendak Tidur

Do’a Sehari-Hari yang pertama adalah doa ketika hendak tidur, karna sebagian manusia umumnya tidur untuk mengistirahatkan badan nya dari lelahnya rutinitas bekerja dan beribadah sehari-hari.

Berikut ini doa yang dapat kamu gunakan dan beberapa doa selain yang umum di lazimkan oleh masyarakat Indonesia ketika hendak tidur

بِاسْمِكَ اللَّهُمَّ اَمُوْتُ وَاَحْيَا

“Dengan nama-Mu, Ya Alloh, aku mati dan aku hidup.”

Namun kamu juga dapat menggunakan beberapa doa dibawah ini ketika hendak tidur untuk digunakan sehari-hari.

اَللَّهُمَّ اَسْلَمْتُ نَفْسِي اِلَيْكَ وَوَجَّهْتُ وَجْهِيَ اِلَيْكَ وَفَوَّضْتُ اَمْرِى اِلَيْكَ وَاَلْجَأْتُ ظَهْرِى اِلَيْكَ رَغْبَةً وَرَهْبَةً اِلَيْكَ لَا مَلْجَأَ وَلَا مَنْجَا مِنْكَ اِلَّا اِلَيْكَ اَمَنْتُ بِكِتَابِكَ الَّذِى اَنْزَلْتَ وَبِنَبِيِّكَ الَّذِى اَرْسَلْتَ

“Ya Alloh aku menyerahkan diriku kepada-Mu, dan aku menghadapkan wajahku kepada-Mu, aku menyerahkan semua urusanku kepada-Mu, dan aku menyandarkan diriku kepada-Mu karena mengharap dan takut kepada-Mu. Sesungguhnya tidak ada tempat untuk berlindung dan menyelamatkan diri dari ancaman-Mu selain kepada-Mu. Aku beriman Kitab yang Engkau turunkan dan beriman kepada Nabi-Mu yang Engkau utus”.

بِاسْمِكَ رَبِّى وَضَعْتُ جَنْبِى وَبِكَ اَرْفَعُهُ اِنْ اَمْسَكْتَ نَفْسِى فَارْحَمْهَا وَاِنْ اَرْسَلْتَهَا فَاحْفَظْهَا بِمَا تَحْفَظُ بِهِ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

“Dengan Nama-Mu ya Tuhanku, aku meletakkan lambungku [tidur]. Dengan Nama-Mu pula aku bangun. Jika Engkau menahan nyawaku [mematikannya], maka berilah rahmat-Mu padanya dan jika Engkau menurunkannya [membiarkannya hidup] maka peliharalah, sebagaimana Engkau memelihara hamba-hamba-Mu yang sholih”.

اَللَّهُمَّ خَلَقْتَ نَفْسِيْ وَاَنْتَ تَوَفَّاهَا لَكَ مَمَاتُهَا وَمَحْيَاهَا اِنْ اَحْيَيْتَهَا فَاحْفَظْهَا وَاِنْ اَمَتَّهَا فَاغْفِرْلَهَا اَللَّهُمَّ اِنِّيْ اَسْئَلُكَ الْعَافِيَةَ

“Ya Alloh, sesungguhnya Engkau telah menciptakan diriku, Engkaulah yang akan mematikanya. Mati dan hidupnya hanyalah milik-Mu. Jika Engkau menghidupkan jiwaku ini, maka peliharalah ia. Dan jika Engkau mematikannya, maka ampunilah ia. Ya Allah, sesungghunya aku mohon kesalamatan kepada-Mu.”

َاَللَّهُمَّ قِنِيْ عَذَابَكَ يَوْمَ تَبْعَثُ عِبَادَك

“Ya Alloh, lindungilah diriku ini dari siksaan-Mu pada hari ketika Engkau membangkitkan hamba-hamba-Mu.”

Do’a Memohon Dihilangkan Kegelisahan

Do’a sehari-hari berikutnya adalah Do’a Memohon Dihilangkan Kegelisahan Dan Rasa Takut Serta menolak Gangguan Syaithon Saat Tidur. Doa ini perlu untuk dibaca sehari-hari untuk kamu yang sedang memiliki kegelisahan apapun.

ِاَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ مِنْ غَضَبِهِ وَعِقَابِهِ وَشَرِّعِبَادِهِ وَمِنْ هَمَزَاتِ الشَّيَاطِيْنِ وَاَنْ يَحْضُرُوْنَ

“Aku berilindung dengan Kalimat-kalimat Alloh yang sempurna dari murka dan siksa-Nya, serta dari kejahatan hamba-hamba-Nya, dan dari godaan syaitan-syaitan, juga dari kedatangan mereka kepadaku.”

اَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللهِ التَّامَّاتِ الَّتِى لاَ يُجَاوِزُهُنَّ بَرٌّ وَلاَ فَاجِرٌ مِنْ شَرِّ مَا خَلَقَ وَذَرَءَ وَبَرَءَ وَمِنْ شَرِّ مَا يَنْزِلُ مِنَ السَّمَاءِ وَمِنْ شَرِّ مَا يَعْرُجُ فِيْهَا وَمِنْ شَرِّ مَا ذَرَءَ فِى الْاَرْضِ وَمِنْ شَرِّ مَا يَخْرُجُ مِنْهَا وَمِنْ شَرِّ فِتَنِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَمِنْ شَرِّ كُلِّ طَارِقٍ اِلَّا طَارِقًا يَطْرُقُ بِخَيْرٍ يَا رَحْمَنُ

“Aku berlindungan dengan Kalimat-kalimat Alloh yang sempurna, yang tidak akan dapat ditembus oleh orang yang baik maupun yang jahat, dari kejahatan apa yang Dia ciptakan, Dia tanamakan dan Dia adakan. Serta dari kejahatan yang turun dari langit, dari kejahatan yang naik ke langit, dari kejahatan yang ditanamkan ke bumi, dari kejahatan fitnah malam dan siang, dan dari kejahatan setiap yang datang kecuali apa-apa yang datang dengan membawa kebaikan, wahai Rabb Yang Maha Pemurah.”

Baca Juga : Pengertian dan Adab Adab Doa

Dzikir [Do’a] Apabila Membalikkan Badan Ketika Tidur Malam

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ الْوَاحِدُ الْقَهَّارُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَالْاَرْضِ وَمَا بَيْنَهُمَا الْعَزِيْزُ الْغَفَّارُ

“Tidak ada tuhan yang patuh disembah kecuali Alloh Yang Maha Esa, Maha Perkasa, Rabb Yang Menguasai langit dan bumi dan apa yang ada diantara keduanya, Yang Maha Mulia lagi Maha Penghampun.”

Do’a Bangun Tidur

Do’a sehari-hari yang berikutnya yaitu doa ketika bangun tidur, Do’a ini sebaiknya juga dibaca setelah bangun tidur, Minimal sebagai rasa syukur sudah kembali dihidupkan di dunia ini. Karna pada umumnya manusia saat tertidur sudah tidak dapat menjamin akan dikembalikan hidup oleh yang Maha Hidup, sudah selayaknya kita mensyukuri itu.

Berikut adalah do’a nya

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَحْيَانَا بَعْدَ مَا اَمَاتَنَا وَاِلَيْهِ النُّشُوْرِ

“Segala puji bagi Alloh, yang telah menghidupkan kami setelah mematikan kami dan kepada-Nya kami dibangkitkan.”

Do’a Masuk WC

Do’a sehari-hari yang selanjutnya adalah doa masuk da keluar wc/toilet, Mengapa masuk dan keluar wc kita berdoa ? Krna Doa adalah senjata bagi orang islam, terlebih lagi wc adalah tempat kita membuang kotoran yang sejatinya sebagai manusia kita adalah ingin hal yang suci, seba itu kita berdoa agar dihindari dari hal-hal kotor di dalam dan diluar wc.

Berikut adalah do’a nya

بِسْمِ اللهِ اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخُبُثِ وَالْخَبَائِثِ

“Dengan nama Alloh. Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hal-hal yang keji dan kotor”.

Do’a Keluar WC

غُفْرَانَكَ

“[Ya Alloh] aku memohon ampunan Mu.”

Do’a Sebelum Makan

Doa Sehari-hari berikutnya yaitu doa makan, Ada yang unik dari doa ini. meskipun kamu makan sendiri, berdua, dan ramai-ramai namun doa yang dilantunkan adalah sama. padahal arti dari doa ini adalah berkahi kami. perhatikan arti kata kami dari doa ini

Nah maksud kalimat kami disitu artinya adalah mereka yang menanam tumbuhan, merawat tumbuhan, memanen, memasarkan, memasak hingga menjadi makanan. artinya semua yang mengolah makanan dari menanam hingga memakan termasuk mendapat berkah dari orang yang berdoa ketika mau makan.

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 

“Ya Alloh, berkahilah kami dalam rezeki yang Engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka”

Doa mau makan lainya yang singkat d mudah di ingat.

بِسْمِ الله الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ

“Dengan Nama Alloh Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang (aku makan).”

Adapun apabila lupa membaca pada permulaannya, hendaklah membaca:

بِسْمِ اللهِ اَوَّلُهُ وَالْآخِرُهُ

“Dengan Nama Alloh (aku makan) pada awalnya dan pada akhirnya.”

Do’a Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى اَطْعَمَنِيْ هَذَا وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةِ

“Segala Puji bagi Alloh yang telah memberi makanan ini kepadaku dan yang telah memberi rizki kepadaku tanpa daya dan kekuatan dariku.”

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ مَكْفِيٍّ وَلَا مُوَدَّعٍ وَلَا مُسْتَغْنًى عَنْهُ رَبَّنَا

“Segala Puji bagi Alloh (aku memuji-Nya) dengan pujian yang banyak, yang baik dan penuh berkah, yang senantiasa dibutuhkan, diperlukan dan tidak bisa ditinggalkan (pengharapan kepada-Nya) wahai Tuhan kami.”

Do’a Untuk Orang Yang Telah Memberi Makan Dan Minum

اَللَّهُمَّ اَطْعِمْ مَنْ اَطْعَمَنِيْ وَاسْقِ مَنْ سَقَانِيْ

“Ya Alloh, berilah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.”

Do’a Tamu Untuk Tuan Rumah Yang Menghidangkan Makanan

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَهُمْ فِيْمَا رَزَقْتَهُمْ وَاغْفِرْلَهُمْ وَارْحَمْهُمْ

“Ya Alloh, berkahilah terhadap apa yang Engkau rizkikan kepada mereka, ampunilah mereka dan Rohmatilah mereka.”

Do’a Memakai Pakaian

اَلْحَمْدُ ِللهِ الَّذِى كَسَانِى هَذَا الثَّوْبَ وَرَزَقَنِيْهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنّى وَلَا قُوَّةٍ

“Segala puji bagi Alloh yang memberi aku pakaian ini sebagai rizki dari-Nya, tanpa daya dan kekuatan dariku.”

Do’a Mengenakan Pakaian Baru

اَلَّلهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ كَسَوْتَنِيْهِ اَسْئَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا صُنِعَ لَهُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا صُنِعَ لَهُ

“Ya Alloh, hanya milik-Mu segala puji, Engkaulah yang memberi pakaian ini kepadaku. Aku mohon kepada-Mu untuk memperoleh kebaikannya dan kebaikan dari tujuan pembuatan pakaian ini. Aku pun berlindung kepada-Mu dari keburukannya serta keburukan tujuan dibuatnya pakaian ini.”

Do’a Ketika Bercermin

ْاَللَّهُمَّ اَحْسَنْتَ خَلْقِيْ فَاَحْسِنْ خُلُقِي

“Ya Alloh, Engkau telah menciptakanku dengan baik, maka perbaikilah pula akhlaqku”.

Do’a Keluar Rumah

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ

“Dengan nama Alloh (aku keluar). Aku bertawakal kepada Alloh, tidak ada daya dan upaya kecuali karena pertolongan Alloh semata.”

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُبِكَ اَنْ اَضِلَّ اَوْ اُضَلَّ اَوْ اَزِلَّ اَوْ اُزَلَّ اَوْ اَظْلِمَ اَوْ اُظْلَمَ اَوْ اَجْهَلَ اَوْ يُجْهَلَ عَلَيْهِ

“Ya Alloh, sesungguhnya aku berlidung kepadu-Mu, janganlah sampai aku tersesat atau disesatkan (syaithon atau orang jahat), tergelincir atau digelincirkan orang lain, menganiaya atau dianiaya orang lain, dan berbuat bodoh atau dibodohi orang.”

Do’a Masuk Rumah

بِسْمِ اللهِ

“Dengan nama Alloh (aku masuk rumah).”

Do’a Pergi Ke Masjid

اَللَّهُمَّ اجْعَلْ فِى قَلْبِيْ نُوْرًا وَفِى لِسَانِي نُوْرًا وَاجْعَلْ فِى سَمْعِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ فِى بَصَرِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ مِنْ خَلْفِيْ نُوْرًا وَمِنْ اِمَامِيْ نُوْرًا وَاجْعَلْ مِنْ فَوْقِيْ نُوْرًا وَمِنْ تَحْتِيْ نُوْرًا اَللَّهُمَّ اَعْطِنِيْ نُوْرًا

“Ya Alloh, jadikanlah cahaya pada hatiku, cahaya pada lidahku, cahaya pada pendengaranku, dan cahaya pada penglihatanku, cahaya dari belakangku, cahaya dari depanku, cahaya dari atasku, serta cahaya dari bawahku. Ya Alloh, berikanlah padaku cahaya.”

Do’a Masuk Masjid

اَعُوْذُ بِاللهِ الْعَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

“Aku berlidung kepada Alloh Yang Maha Agung, dengan Wajah-Nya Yang Mulia dan Kekuasaan-Nya yang abadi dari syaihon yang terkutuk.”

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اَللَّهُمَّ افْتَحْ لِى اَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

“Dengan Nama Alloh, semoga shalawat dan salam tercurah kepada Rosululloh. Ya Alloh, bukankahlah untukku pintu-pintu rahmat-Mu.”

Do’a Keluar Masjid

بِسْمِ اللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى رَسُوْلِ اللهِ اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ اَللَّهُمَّ اعْصِمْنِى مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ

“Dengan Nama Alloh, semoga shalawat dan salam selalu terlimpahkan kepada Rosululloh. Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia-Mu, Ya Alloh, lindungilah aku dari godaan syaithon yang terkutuk.”

Do’a Untuk Pengantin

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَهُمَا فِى خَيْرِ

“Semoga Alloh memberimu keberkahan dan memberkahi atas pernikahanmu, dan semoga Dia mengumpulkan kalian berdua dalam kebaikan.”

Do’a Pengantin Pria Kepada Pengantin Wanita

Peganglah ubun-ubunnya, bacalah Bismillah dan do’akanlah dengan do’a berikut ini ;

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّ مَا جَبَلْتَهَا عَلَيْهِ

 ‘Ya Alloh, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan tabi’atnya (wataknya). Dan aku mohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan tabiatnya.’

Do’a Berlindung Dari Gangguan Syaithon

ِاَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ مِنْ هَمَزَةِ وَنَفْخِهِ وَنَفْثِه

“Aku berlindung kepada Alloh Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui dari gangguan syaithon yang terkutuk, dari kegilaannya, kesombongannya dan syairnya yang tercela”.

Do’a Sebelum Jima [ Bersetubuh ]

بِسْمِ الله اَللَّهُمَّ جَنِّبْنَا الشَّيْطَانَ وَجَنِّبِ الشَّيْطَانَ مَا رَزَقْتَنَا

“Dengan nama Alloh, Ya Alloh, jauhkanlah kami dari syaithon dan jauhkan syaithon agar tidak menggangu terhadap apa-apa (anak) yang Engkau karuniakan kepada kami.”

Do’a Untuk Orang Yang Berbuat Baik kepada Kita

جَزَاكَ اللهُ خَيْرًا

“Semoga Alloh membalasmu dengan suatu yang lebih baik.”

doa-sehari hari

Do’a Akan Bepergian [ Safar ]

اَسْتَوْدِعُكُمُ اللهَ الَّذِى لَا تَضِيْعُ وَدَائِعُهُ

 “Aku menitipkan kalian kepada Alloh yang tidak akan hilang titipan-Nya.”

Do’a Naik Kendaraan

بِسْمِ اللهِ اَلْحَمْدُ ِللهِ ( سُبْحَان الَّذِى سَّخَّرَلَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِيْنَ وَاِنَّا اِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ ) اَلْحَمْدُ ِللهِ اَلْحَمْدُ ِللهِ اَلْحَمْدُ ِللهِ ، اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ اَللهُ اَكْبَرْ ، سُبْحَانَكَ اِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِيْ فَاغْفِرْلِي فَاِنَّهُ لَا يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ اِلَّا اَنْتَ

“Dengan Nama Alloh, segala Puji bagi Alloh, Maha Suci Tuhan yang menundukkan kendaraan ini untuk kami, padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Dan sesungguhnya kami akan kembali Tuhan kami [ di hari Kiamat ]. Segala Puji bagi Alloh (3 x), Alloh Maha Besar (3 x), Maha Suci Engkau. Ya Alloh, sesungguhnya aku telah zholim kepada diriku sendiri, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Do’a Masuk Pasar

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِى وَيُمِيْتُ وَهُوَ حَيٌّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرِ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٍ

“Tidak ada tuhan yang berhak disembah dengan benar melainkan hanya Alloh, Yang Maha Esa, Tiada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan, bagi-Nya segala puji. Dialah Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan. Dialah Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan, Dialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Do’a Apabila Angin Kencang

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَاَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهَا

“Ya Alloh, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, dan aku berlindung kepada-Mu dari kejelekannya”.

Do’a Meminta Diturunkan Hujan

ٍاَللَّهُمَّ اسْقِنَا غَيْثًا مُغِيْثًا مَرِيْئًا مَرِيْعًا نَافِعًا غَيْرَ ضَارٍّ عَاجِلاً غَيْرَآجِل

“Ya Alloh, berilah kami hujan yang merata yang menyegarkan tubuh dan menyuburkan tanaman, bermanfaat yang tidak berbahaya, yang dengan segera tidak ditunda-tunda”.

Do’a Orang Yang Terkena Musibah

اِنَّا ِللهِ وَاِنَّا اِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ ، اَللَّهُمَّ اَجُرْنِي فِى مُصِيْبَتِي وَاخْلِفْ لِي خَيْرًا مِنْهَا

“Sesungguhnya kami milik Alloh dan kepada-Nya kami akan kembali. Ya Alloh, berikanlah ganjaran pahala kepadaku didalam musibahku dan gantilah untukku dengan yang lebih baik daripadanya”.

Do’a Ziarah Kubur

D’oa Sehari-hari selanjutnya adalah doa ziarah kubur, meskipun belakangan ini banyak yang berkata bahwa ziarah kubr adalah musrik, namun itu menolak logika kita sebagai manusia.

Karna kita sebagai manusia memiliki akal dan pikiran, Sungguh kalimat lailahailalloh adalah kalimat yang mampu membuat seorang kafir menjadi islam, Bagaimana mungkin kalimat yang sama kita lantunkan menjadikan kita musrik? Disitu akal dan pikiran kita pasti menolaknya.

Sebaiknya lantunkan doa sehari-hari ini untuk mendoakan orang tua, saudara, tema, guru, yang sudah mendahului kita.

اَلسَّلَامُ عَلَيْكُمْ اَهْلَ الدِّيَارِ مِنَ الْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُسْلِمِيْنَ وَاِنَّا اِنْشَآءَ اللهُ بِكُمْ لَا حِقُوْنَ نَسْئَلُ اللهَ لَنَا وَلَكُمُ الْعَافِيَةَ

“Semoga keselamatan atas kamu sekalian wahai penghuni kubur dari orang-orang yang beriman dan orang-orang Islam. Dan Insya Alloh kami menyusul kalian, kami memohon kepada Alloh untuk kami dan untuk kalian semuanya, supaya diberi keselamatan dari segala apa yang tidak di inginkan”.

doa-sehari-hari-2

Do’a Berlindung Dari Kesengsaraan

Doa Sehari-hari berikutnya adalah doa berlindung dari kesengsaraan, Berikut adalah doanya

اَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْجُوْعِ فَاِنَّهُ بِئْسَ الضَّجِيْعُ وَاَعُوْذُبِكَ مِنَ الْخِيَانَةِ فَاِنَّهَا بِئْسَتِ الْبِطَانَةِ

Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena ia adalah seburuk-buruk teman berbaring. Dan aku berlindung kepada-Mu dari pengkhianatan, karena ia adalah seburuk-buruk kawan”.

Do’a Berlindung Dari Segala Penyakit

Doa Sehari-hari berikutnya adalah untuk berlindung dari segala penyakit,berikut adalah Doa nya

ِاَللَّهُمَّ اِنِّي اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْبَرَصِ وَالْجُنُوْنِ وَالْجُذَامِ وَمِنْ شَيْئِ الْاَسْقَام

Ya Alloh, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari penyakit belang, gila, lepra dan dari keburukan segala macam penyakit”.

Do’a Agar Diberi Ketetapan Hati

َيَا مُقَلِّبَ الْقُلُوْبِ ثَبِّتْ قَلْبِيْ عَلَى دِيْنِك

“Wahai Dzat yang membolak – balikkan hati, tetapkan hatiku pada Agama-Mu”

Do’a Meminta Lima Perlindungan

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذبِكَ مِنْ عَذَابَ الْقَبْرِ وَمِنْ عَذَابِ النَّارِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيْحِ الدَّجَّالِ

“Ya Alloh, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari siksa neraka Jahannam, siksa kubur, fitnah kehidupan dan fitnah setelah mati, serta dari fitnah al-Masih ad-Dajjal.”

Wallohu A’lam.

Do’a Lainnya :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara jelas dan lengkap yakni mengenai Do’a Sehari-Hari dari Al-Hadits. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.