Doa Sehat Jasmani Rohani

3 min read

Doa Sehat Jasmani Rohani

Doa Sehat Jasmani Rohani Lengkap Bacaan Arab Latin dan Artinya – Kesehatan merupakan hal yang utama. Jika sakit maka akan menghambat setiap pekerjaan atau aktivitas seseorang. Oleh karena itu kesehatan merupakan hal yang utama. Biaya berobat juga kian mahal, apalagi di masa pandemi ini. Kita harus bisa menjaga kesehatan tubuh kita dan juga orang lain. Berobat ke rumah sakit pun menjadi was was karena rumah sakit saat ini menjadi tempat yang kalau bisa dihindari.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang jatuh sakit, bisa karena faktor makanan, lingkungan, atau pun diri sendiri. Apalagi cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini. Kemarau yang panjang dan hujan angin yang kencang karena memasuki musim peralihan dari kemarau ke musim hujan. Hal itu bisa menjadi penyebab penyakit bermunculan. Permasalahan yang mengganggu pikiran pun bisa menjadi sebuah penyakit. Karena tidak hanya tubuh saja yang harus sehat, tetapi juga rohani harus sehat.

Seperti pepatah men sana in corpore sano. Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Oleh karena itu, penting sekali untuk menjaga kesehatan jasmani dan rohani kita. Kita harus mengatur pola makan, tidur, dan juga olahraga. Selain itu juga harus menjaga pikiran dan hati kita hari yang namanya negatif thinking. Hal tersebut yang menjadi sumber dari segala sumber penyakit hati.

Ketika kita telah memenuhi kebutuhan tubuh kita, kita juga harus memenuhi kebutuhan rohani kita yaitu dengan beribadah dan berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sehingga, artikel berdoa kali ini berisi tentang doa sehat jasmani dan rohani yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak terus artikel hingga selesai ya.

Bacaan Doa Sehat Jasmani Dan Rohani Panjang

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada para sahabat untuk membaca doa berikut ini agar tidak mudah sakit:

Doa Sehat Jasmani Dan Rohani
Doa Sehat Jasmani Dan Rohani

Adapun berikut ini doa sehat jasmani dan rohani yang lebih lengkap,

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى. اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى. اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِيْ. اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنَ الْكُفْرِ وَالْفَقْرِ. اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُبِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ. لاَإِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma ‘aafinii fii badanii. Allahumma ‘aafinii fii sam’ii. Allahumma ‘aafinii fii basharii. Allahumma innii a’uudzu bika minal kufri wal faqri. Allahumma innii a’uudzu bika min ‘adzaabil qabri. Laa ilaha illaa anta.

Artinya: “Ya Allah, berilah kesehatan pada badanku. Ya Allah, berilah kesehatan pada pendengaranku. Ya Allah, berilah kesehatan pada penglihatanku. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kekufuran dan kefakiran. Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. Tidak ada Tuhan yang pantas disembah selain Engkau.” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Al Bukhari)

Perlu diingat. Jagalah kesehatan, jangan malah mencari sakit.

Bacaan Doa Sehat Jasmani Dan Rohani Pendek

Berikut ini merupakan doa sehat jasmani dan rohani,

اَللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَدَنِى. اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى سَمْعِى. اللَّهُمَّ عَافِنِى فِى بَصَرِيْ. لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allaahumma ‘aafinii fii badanii. Allaahumma ‘aafinii fii sam’ii. Allaahumma ‘aafinii fii basharii. Laa ilaaha illaa anta.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadamu sehatkanlah badanku. Ya Allah, aku memohon kepadamu sehatkanlah pendengaranku. Ya Allah, aku memohon kepadamu sehatkanlah pengelihatanku. Tidak ada Tuhan yang pantas disembah selain Engkau.”

Doa tersebut dapat diamalkan setiap harinya setiap selesai melaksanakan sholat baik itu sholat wajib atau pun sholat sunnah serta di waktu yang mustajab dalam berdoa. Doa tersebut juga dibaca pada doa pagi dan doa sore hari sebanyak tiga kali.

Salah satu doa yang dibaca pada dzikir pagi dan sore yaitu doa sehat jasmani dan rohani. Insya Allah ketika membaca doa tersebut akan membuat tubuh kita sehat dan tidak gampang sakit. Sungguh besar nikmat yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada tiap hamba-Nya yang bertawakal.

Memohon atas kesehatan untuk jasmani dan rohani merupakan hal yang sebaiknya dilakukan karena sehat merupakan kunci utama dalam menjalani setiap aktivitas. Dengan begitu kita tidak akan kesulitan untuk bekerja atau melakukan hal-hal yang biasa kita lakukan.

Bacaan Doa Tidak Mudah Terserang Penyakit

Selain membaca doa sehat jasmani dan rohani yang telah disebutkan di atas, kamu juga dapat membaca doa agar tidak mudah terserang penyakit. Adapun berikut ini doa yang dapat dibaca,

اَللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْزَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ

Allaahumma innii a’uudzu bika min zawaali ni’matika, wa tahawwuli ‘aafiyatik, wa fujaa ati niqmatika, wa jamii’i sakhathik.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya kenikmatan yang telah Engkau berikan, dari berubahnya kesehatan yang telah Engkau anugerahkan, dari siksa-Mu yang datang secara tiba-tiba, dan dari segala kemurkaan-Mu.”

Dengan membaca doa tersebut di atas dapat membantu kita agar lebih mensyukuri atas nikmat sehat yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena sehat merupakan salah satu nikmat rezeki yang besar. Ketika sakit semua pekerjaan yang harus kita kerjakan menjadi tertunda. Pekerjaan yang harusnya dapat diselesaikan hari itu juga malah jadi bertumpuk.

Banyak orang yang sampai rela pergi ke luar negeri hanya untuk berobat. Padahal sumber dari penyakit tersebut diakibatkan pola hidup yang berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan. Jika kita mengikuti kebiasaan yang telah dicontohkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam insya Allah akan sehat. Tetapi berkembangnya zaman tentunya menghadirkan banyak hal yang dapat mengganggu kestabilan hidup. Seperti munculnya banyak makanan fast food, gadget yang mengganggu konsentrasi anak dalam belajar atau pun bermain, dan masih banyak yang lainnya.

Sehingga, hidup menjadi seperti kurang terarah dan terkontrol. Padahal jika kita mengikuti apa yang diajarkan atau dicontohkan Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka hidup yang dijalani penuh rasa syukur, berkah, dan sehat.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa sehat jasmani dan rohani yang telah dijelaskan lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat diamalkan di setiap harinya. Amiin ya rabb. Terima kasih.

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read

Doa Agar Diampuni Dosa

_pur
2 min read