Doa Selamat Dunia Akhirat

5 min read

Tentunya bagi seorang muslim, ingin selamat di dunia maupun di akhirat. Karena itulah merupakan tujuan hidup bagi umat muslim dan mengharapkan ridho dari Allah SWT.

Bila terjadinya masalah doa merupakan tujuan yang terpenting dan anjuran menurut Agama. Seperti halnya terhadap doa qunut, ialah salah satu bagian dari sifat butuh yang sangat teramat dari seorang hambanya kepada sang kholik.

Apakah kalian mengerti apa itu doa? Dan bagaimana doa untuk selamat di dunia maupun di akhirat? Dalam ulasan kali ini, kami akan membahas secara jelas dan singkat mengenai doa tersebut. Untuk ulasan selanjutnya akan di jelaskan sebagai berikut.

Apa itu Doa ?

Dalam bahasa, kata “Doa” berarti seruan. Dalam doa berarti mengucap, menyeru, dan memanggil. Sedangkan dalam istilah “Doa” merupakan permintaan atau permohonan serta ucapan kepada Allah SWT sebagai penguasa alam semesta di dunia ini.

Misalnya sebagai meminta pengampunan, bantuan dari hal-hal yang ditakuti, ucapan rasa bersyukur, keamanan atau keselamatan pada hidup, meminta keberkahan, dan tekad iman dan Islam dan lain-lain.

Terdapat begitu sangat banyak doa. Secara umum, doa harus diamalkan serta dihafalkan pada kalangan muslim. Memohon atau berdoa terhadap Allah SWT, tidak hanya untuk selesai solat saja, tetapi wajib dikerjakan sesudah berdzikir, sesudah azan, ketika sedang naik pada kendaraan, makan, dan lain sebagainya.

Pengertian Selamat

Selamat merupakan bebas dari bahaya, terhindar dari malapetaka, jauh dari bencana, tidak terganggu oleh kerusakan, tidak kekurangan apa-apa dan mencegah dari melakukan kesalahan.

Jadi, ketika setiap Muslim akam mengucapkan doa untuk mengucapkan selamat kepada dunia luar, itu berarti meminta dan memohon kepada Allah untuk diselamatkan di dunia dan akhirat.

Untuk menjauhkan dunia yang bahagia dari hal-hal yang tidak baik di dunia, dan diselamatkan di akhirat, harus dijauhkan dari api neraka dan dijaga ketika akan menghitung hisab.

Tujuan Doa Keselamatan

Tujuan dari doa keselamatan diantaranya ialah:

  • Dapat keselamatan dunia dan akhirat.
  • Di jauhkan dengan siksaan api dari neraka.
  • Dapat menyelamatkan dari orang-orang zalim.
  • Selamat dari para pelaku penguasa zalim.
  • Dapat terhindar dari malapetaka maupun dari bencana
  • Dapat menghindari dari tipu dayang terhadap orang-orang kafir.

Tentu saja, semua umat muslim ingin mereka masing-masing diselamatkan dari keburukan dan kejahatan di seluruh dunia dan akhirat.

Untuk menerima berkah ini, setiap Muslim harus mengikuti pada setiap kepemimpinan agama dan larangan bagi agama. Selain itu, mereka juga dapat membaca doa-doa berkah akhirat untuk mencoba menyelamatkan dari kejahatan maupun keburukan.

Doa Untuk Keselamatan

Beberapa sejumlah doa selamat yang bisa untuk dipraktikkan atau di amalkan. Mulai dari doa keselamatan yang singkat atau doa keselamatan yang panjang, semua doa ucapan selamat ini memiliki makna yang sama yaitu perlindungan dari semua kejahatan untuk di dunia maupun di akhirat.

Berikut merupakan beberapa bacaan doa selamat, diantaranya ialah:

1. Doa Selamat Dunia dan Akhirat

Doa untuk keselamatan di akhirat merupakan sebuah bacaan doa yang dipersembahkan kepada Tuhan untuk mencapai keselamatan di dunia dan keselamatan di akhirat, serta sebagai menjaga dan di jauhkan dari sisksaan dari api neraka.

Sangat disarankan agar membaca bacaan doa keselamatan dunia dan akhirat dibaca setelah sholat wajib dibacakan bersama dengan doa yang lainnya.

Bacaan doa selamat dunia dan akhirat ialah:

Doa-Selamat-Dunia-dan-Akhirat

Artinya:
Ya Allah, sungguh, kami meminta Engkau untuk keselamatan jika memiliki agama, kesehatan fisik dan badan, banyak pengetahuan, berkah terhadap kebahagiaan, pertobatan sebelum kematian, rahmat pada saat kematian dan pengampunan setelah kematian. “

“Ya Tuhan, berilah kemudahan bagi kami dalam menghadapi kematian, berikanlah kami untuk keselamatan dari api neraka dan pengampunan pada saat terjadinya perhitungan atau hisab.”

2. Doa Selamat Dari Siksa Neraka

Pembacaan doa ucapan selamat ini sering disebut sebagai doa sapu universal. Doa keselamatan ini adalah doa yang sering dikatakan Nabi disimpan dari siksaan api neraka.

Bacaan doa selamat dari siksa api neraka ialah:

Doa-dari-Siksa-Api-Neraka

Artinya:
“Ya Rabb, berikanlah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat serta selamatkan kami dari siksaan neraka.”

3. Doa Selamat Pendek

Doa keselamatan singkat ini merupakan doa keselamatan sesuai dengan hadis otentik yang telah diriwayatkan dengan para imam Muslim.

Bacaan doa selamat pendek, ialah:

Doa-Keselamatan

Artinya:
“Ya Allah, hanya Engkaulah Tuhan yang memberikan keselamatan, kemuliaan bagi Allah, dari keselamatan, pemilik kebesaran dan kehormatan.”

4. Doa Selamat Nabi Luth

Doa Nabi Luth merupakan sebuah doa dari Nabi Luth untuk mendapatkan perlindungan keselamatan dari Allah. Doa ini ditemukan dalam Al-quran yakni Surah Asy Syu’ara ayat 169.

Bacaan doa keselamatan dari Nabi Luth, ialah:

Doa-Selamat-Nabi-Luth

Artinya:
“Ya Tuhanku, selamatkan aku dan keluargaku dari perbuatan yang mereka lakukan.”

5. Doa Selamat Dari Orang Zalim

Doa keselamatan para penjahat adalah doa Nabi Musa kepada para penjahat. Doa ini dapat ditemukan dalam Surat Al-Qur’an yakni At-Tahrim pada ayat 11.

Doa selamat dari orang-orang zalim, ialah:

Doa-dari-Orang-Zalim

Artinya:
“Ya Tuhanku, lindungilah dan selamatkanlah aku dari para pelaku kejahatan”.

6. Doa Selamat Dari Tipu Daya Orang Kafir

Orang-orang kafir dari zaman kuno telah mencoba menyesatkan umat Islam. Dengan berbagai macam hasutan, tipu daya, dan seruan bagi umat Islam untuk melakukan hal-hal yang dilarang dengan Tuhan. Berdoalah untuk tujuan ini dari sebuah doa berkat dari tipu daya orang yang tidak percaya ini yang terkandung dalam ayat 85 dan 86 dari Surah Yunus.

Bacaan doa selamat dari tipu daya orang kafir ialah:

Tipu-Daya-Orang-Kafir

Artinya:
“Ya Tuhan kami, janganlah menjadikan kami target pencemaran nama baik atau fitnah, dan menjauhkan diri dari pencemaran nama baik atau fitnah sebagai orang jahat, dan selamatkanlah kami terhadap rahmat-Mu dari tipu daya mereka yang tidak percaya.”

7. Doa Selamat Dari Penguasa Zalim

Banyak pelaku pria di zaman kuno menganggap diri mereka merupakan penguasa yang tidak mengenal adanya Tuhan. Doa ini telah dipersembahkan oleh istri Firaun untuk melindungi Firaun, yang menjadi penguasa dari para penjahat dan sewenang-wenang bagi bangsanya.

Doa dalam selamat atas kesalahan ini dapat ditemukan dalam Al Quran Surah dalam Tahrim ayat 11.

Bacaan doa selamat dari penguasa zalim, ialah:

Doa-Penguasa-Zalim

Artinya:
“Ya Tuhanku, bangunkan aku sebuah rumah di sisi-Mu di surga dan selamatkan aku dari Firaun dan perbuatannya, serta selamatkanlah aku dari para penjahat.”

Dalam doa keselamatan di atas merupakan doa yang meminta keselamatan terhadap Allah untuk tetap dilindungi oleh-Nya dan dijauhkan dari siksaan api neraka.

Waktu yang Tepat Membaca Doa Selamat

doa-selamat

Berbagai doa yang direkomendasikan untuk dibaca dapat dipraktikkan kapan saja, di mana saja, serta berlatih selamat.

Tetapi harus tahu bahwa ada waktu-waktu tertentu ketika mudah untuk menjawab doa. Saat-saat ini istimewa karena tidak semua orang bebas pada saat ini.

Jika ada orang yang mengingat nama Allah dan berdoa pada waktu terbaik, ia dapat menerima hak istimewa khusus. Ini mungkin karena pemenuhan doanya. Kemudian Anda juga dapat berdoa untuk keselamatan Anda sendiri, untuk orang-orang terdekat, kerabat, keluarga, dan lain sebagainya, di dunia dan di akhirat mereka.

Adapun saat-saat di mana doa dijawab dan, mengamalkan dengan yang baik untuk bertahan hidup di dunia dan akhirat.

1. Setelah azan

Bahwa setelah adzan adalah waktu yang tepat untuk sholat, karena saat ini dianggap wajib, agar shalat dapat dijawab. Doa yang diucapkan setelah panggilan doa harus dibacakan setelah panggilan doa. Kemudian berdoalah untuk keselamatan dunia dan akhirat, agar Anda selalu terlindungi dan selalu menginginkan-Nya.

2. Setelah Sholat Malam

Pada saat sepertiga malam merupakan sebuah waktu yang tepat untuk melakukan shalat malam seperti shalat tengah malam, shalat, dan shalat sunnah lainnya.

Waktu sepertiga malam ini ialah antara jam 1 pagi dan sebelum matahari terbit. Setelah sholat, malam ini juga merupakan keharusan untuk sholat. Masa-masa ini sangat istimewa karena setiap orang biasanya tidur pada masa-masa ini. Bahkan dipercaya bahwa malaikat turun untuk membawa doa orang ke hadapan Tuhan.

3. Setelah Menunaikan Sholat 5 Waktu

Ada banyak waktu yang baik dalam Islam, dan memang doa dapat dijawab setiap kali orang merendahkan Tuhan. Melafalkan Selamat juga sangat baik dan tepat jika Anda telah mengulangi shalat wajib lima kali.

Anda dapat menempatkan bacaan ini di akhir seri, setelah membaca dzikir, sehingga Anda selalu ingat ukuran dan perlindungannya.

4. Malam 23 Bulan Ramadhan

Ramadhan adalah bulan terbaik dari bulan-bulan baik lainnya. Karena bulan ini semua Muslim di seluruh dunia sedang mengerjakan puasa wajib di bulan Ramadhan.

Allah memberi banyak berkah kepada para pelayannya bulan ini. Pada malam 23 bulan Ramadhan, diyakini bahwa aplikasi Anda akan dipenuhi selama 23 tahun, jika Anda dapat beribadah malam ini.

5. Malam Lailatul Qadar

Setiap Muslim pasti tahu hak istimewa malam ini dan jarang ada yang bisa benar-benar mengalami malam seribu bulan.

Semua Muslim bersaing untuk hak istimewa malam dengan Beritikaf di masjid, zikir dan sebagainya. Jika Anda yang cukup beruntung untuk bertemu malam ini, jangan lupa untuk mengucapkan doa penebusan dunia dan akhirat.

Dalam doa keselamatan ini, merupakan tujuan hidup bagi umat muslim dan mengharapkan ridho dari Allah SWT. Permintaan atau permohonan serta ucapan kepada Allah SWT sebagai penguasa alam semesta di dunia ini.

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini yang telah dijelaskan secara singkat dan jelas, yakni mengenai Doa Selamat Dunia Akhirat. Semoga ulasan kali ini dapat berguna dan dapat bermanfaat bagi Anda.