Doa Selesai Sholat Dhuha Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti

2 min read

Doa Selesai Sholat Dhuha

Doa Selesai Sholat Dhuha Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti – Berdoa merupakan salah satu cara kita berkomunikasi kepada Allah SWT. Mengharapkan sesuatu, memohon ampunan, dan menceritakan apapun kepada Allah SWT. merupakan cara terbaik yang dapat kita lakukan sebagai manusia biasa.

Berserah diri kepada Nya dan percaya kepada Nya. Mengharapkan dan memohon sesuatu kepada selain Allah SWT. merupakan hal yang sia – sia. Hanya allah SWT. yang dapat mengetahui apa yang kita inginkan dan kita butuhkan.

Salah satunya perihal rezeki. Dengan melakukan ibadah sholat sunnah dhuha bisa menjadi salah satu cara kita dalam meminta rezeki kepada Allah SWT. yang tentunya kita juga harus berusaha.

Selain itu kita juga berdoa kepada Allah SWT. Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa yang dapat kita baca selesai melaksanakan ibadah sholat dhuha yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Ibadah sholat dhuha merupakan salah satu doa yang dianggap memiliki keutamaan dalam rezeki. Sholat dhuha dapat memperlancar rezeki kita.

Salah satu keutamaan dari sholat dhuha yaitu dicukupkan untuknya di sepanjang hari itu, baik itu perihal rezeki atau pun yang ainnya.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

قَالَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ يَا ابْنَ آدَمَ لاَ تَعْجِزْ عَنْ أَرْبَعِ رَكَعَاتٍ مِنْ أَوَّلِ النَّهَارِ أَكْفِكَ آخِرَهُ

Artinya: “Sesungguhnya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman, “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat sholat di awal hari kamu, niscaya Aku cukupkan untukmu di sepanjang hari itu”.” (HR. Abu Daud, Ahmad, dan Tirmidzi)

Tentunya dengan istiqomah dan ikhlas dalam melaksanakan ibadah sholat sunnah dhuha ini ya. Kita juga harus tahu mengenai apa itu ibadah sholat dhuha, tata cara pelaksanaan sholatnya, waktu pelaksanaannya, dan keutamaan dari sholat ini.

Berdoa merupakan salah satu cara kita dalam memohon kepada Allah SWT. Begitu pentingnya berdoa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, setelah selesai melaksanakan ibadah sholat dhuha janganlah lupa untuk berdoa.

Adapun doa yang biasa dibaca sesudah selesai melaksanakan ibadah shalat dhuha yaitu:

Doa Selesai Sholat Dhuha

Bacaan Arab Doa Selesai Sholat Dhuha

اَللهُمَّ اِنَّ الضُّحَآءَ ضُحَاءُكَ، وَالْبَهَاءَ بَهَاءُكَ، وَالْجَمَالَ جَمَالُكَ، وَالْقُوَّةَ قُوَّتُكَ، وَالْقُدْرَةَ قُدْرَتُكَ، وَالْعِصْمَةَ عِصْمَتُكَ. اَللهُمَّ اِنْ كَانَ رِزْقِى فِى السَّمَآءِ فَأَنْزِلْهُ، وَاِنْ كَانَ فِى اْلاَرْضِ فَأَخْرِجْهُ، وَاِنْ كَانَ مُعَسَّرًا فَيَسِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ حَرَامًا فَطَهِّرْهُ، وَاِنْ كَانَ بَعِيْدًا فَقَرِّبْهُ، بِحَقِّ ضُحَاءِكَ، وَبَهَاءِكَ، وَجَمَالِكَ وَقُوَّتِكَ، وَقُدْرَتِكَ، آتِنِىْ مَآاَتَيْتَ عِبَادَكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latin Doa Selesai Sholat Dhuha

Allahumma innadh dhuhaa a dhuhaa uka, wal bahaa a bahaa uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwwatuka, wal qudrata qudratuka, wal ‘ismata ‘ismatuka. Allahumma in kaana rizqi fis samaa i fa anzilhu, wa in kaana fil ardhi fa akhrijhu, wa in kaana mu’assaran fa yassirhu, wa in kaana haraaman fathahhirhu, wa in kaana ba’iidan faqarribhu, bihaqqi dhuhaa ika, wa bahaa ika, wa jamaalika, wa quwwatika, wa qudratika, aatinii mas atayta ‘ibasdakas shaalihiin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Selesai Sholat Dhuha

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha itu ialah waktu dhuha-Mu, dan keagungan itu ialah keagungan-Mu, dan keindahan itu ialah keindahan-Mu, dan kekuatan itu ialah kekuatan-Mu, dan penjagaan itu ialah penjagaan-Mu. Ya Allah, jika rezekiku masih berada di atas langit, maka turunkanlah, dan jika berada di dalam bumi, maka keluarkanlah, dan jika masih sukar, maka mudahkanlah, dan jika (ternyata) haram, maka sucikanlah, dan jika masih jauh, maka dekatkanlah, dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan, keindahan, kekuatan, dan kekuasaan-Mu, limpahkanlah kepada kami segala yang telah Engkau limpahkan kepada hamba – hamba-Mu yang saleh.”

Doa tersebut merupakan doa yang umum untuk dipergunakan dalam berdoa setelah selesai melaksanakan ibadah sholat dhuha.

Selain itu, kita juga dapat memperbanyak dzikir kepada Allah SWT. atas segala nikmat yang telah Allah SWT. berikan kepada kita.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga pernah membaca doa lain ketika selesai melaksanakan ibadah sholat dhuha.

‘Aisyah Radhiyallahu ‘anha berkata bahwa ketika menyelesaikan sholat dhuha Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengucapkan,

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي، وَتُبْ عَلَيَّ، إِنَّكَ أَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمِ

Allahhummaghfirlii, wa tub ‘alayya, innaka antat tawwabur rahiim.

Artinya:

“Ya Allah, ampunilah aku dan terimalah taubatku, sesungguhnya Engkau Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang) sampai Beliau membacanya seratus kali.” (HR. Al Bukhari)

Doa tersebut merupakan doa yang disunnahkan untuk dibaca. Jika belum hafal kamu dapat membaca doa – doa tersebut dengan melihat teks nya. Tetapi tetap perlu dihafal agar lebih khusyuk lagi dalam berdoa. Kamu juga dapat berdoa selain dengan bahasa Arab, Allah Maha Mengetahui Segala Sesuatu.

Salah satu perintah untuk berdoa setelah melaksanakan ibadah sholat terdapat pada suatu hadits berikut ini:

إِذَا هَمَّ أَحَدُكُمْ بِالأَمْرِ فَلْيَرْكَعْ رَكْعَتَيْنِ مِنْ غَيْرِ الْفَرِيضَةِ ثُمَّ لِيَقُلِ

Artinya: “Jika kalian bertekad melaksanakan suatu perkara, maka kerjakanlah sholat dua rakaat selain sholat wajib, lalu bacalah doa ….” (HR. Al Bukhari)

Baca Juga:

Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai doa yang dibaca setelah selesai melaksanakan ibadah sholat dhuha beserta dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya yang telah dijelaskan secara lengkap ya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian dan dapat diamalkan dengan baik. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read