Doa Sesudah Belajar Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahannya

2 min read

Doa Sesudah Belajar

Doa Sesudah Belajar Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahannya – Belajar merupakan kata yang akan selalu kita pakai dan dengar. Meskipun kita telah menjadi tua dan renta, belajar akan tetap dilakukan. Belajar tidak hanya perihal sekolah.

Menjadi seseorang yang berada dalam suatu komunitas atau forum pun kita bisa belajar banyak hal. Selain itu, menjadi seorang pelajar juga merupakan hal yang harus dilakukan untuk menuntut ilmu di suatu lembaga seperti sekolah atau pondok.

Terus belajar dan menambah ilmu merupakan hal yang baik. Tetapi apakah dengan berdoa ilmu yang kita pelajari akan lebih meresap di otak kita? Apakah terdapat doa ketika kita selesai belajar? Tentu ada dong.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai doa sesudah belajar yang akan dijelaskan secara jelas dan lengkap beserta bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya. Simak terus ya.

Menuntut Ilmu

Menuntut ilmu bukanlah sesuatu kegiatan yang dilakukan hanya dalam rentang waktu dekat. Menuntut ilmu merupakan suatu cara agar kita belajar dan memahami banyak hal, baik ilmu yang bersifat umum atau pun yang bersifat sosial.

Menuntut ilmu dapat dilakukan di mana saja, tidak harus di sekolahan. Belajar dan mencari ilmu di sekolah merupakan salah satu awal dari seorang pelajar.

Menuntut ilmu merupakan salah satu hal yang Allah SWT. perintahkan. Dalam sebuah ayat Al Quran terdapat perintah untuk menuntut ilmu yaitu pada surat Al Mujadilah ayat 11, Allah SWT. berfirman:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا۟ فِى ٱلْمَجَٰلِسِ فَٱفْسَحُوا۟ يَفْسَحِ ٱللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ ٱنشُزُوا۟ فَٱنشُزُوا۟ يَرْفَعِ ٱللَّهُ ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ مِنكُمْ وَٱلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْعِلْمَ دَرَجَٰتٍ ۚ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Artinya: “Hai orang – orang yang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang – lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah, niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “Berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang – orang yang beriman di antaramu dan orang – orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (QS. Al Mujadilah ayat 11)

Dalam mencari ilmu waktu yang kita gunakan tidak terbatas, kecuali ketika kita menuntut ilmu dalam sebuah lembaga pendidikan. Dalam lembaga pendidikan terdapat batas waktu.

Baik itu laki – laki atau pun perempuan dapat menuntut ilmu. Bahkan bagi siapa pun itu wajib untuk menuntut ilmu. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةُ عَلَى كُلَّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ

Artinya: “Setiap orang muslim diwajibkan untuk mencari ilmu, baik yang laki – laki maupun yang perempuan.” (HR. Bukhari)

Oleh karena itu, terus mencari ilmu dan belajar merupakan hak dan kewajiban bagi tiap orang, siapapun itu.

Belajar merupakan suatu upaya atau pun proses yang dilakukan oleh tiap orang dalam mencari ilmu baik itu ilmu pengetahuan, keterampilan, sikap, atau nilai yang positif. Allah SWT. telah berfirman:

أَمَّنْ هُوَ قَٰنِتٌ ءَانَآءَ ٱلَّيْلِ سَاجِدًا وَقَآئِمًا يَحْذَرُ ٱلْءَاخِرَةَ وَيَرْجُوا۟ رَحْمَةَ رَبِّهِۦ ۗ قُلْ هَلْ يَسْتَوِى ٱلَّذِينَ يَعْلَمُونَ وَٱلَّذِينَ لَا يَعْلَمُونَ ۗ إِنَّمَا يَتَذَكَّرُ أُو۟لُوا۟ ٱلْأَلْبَٰبِ

Artinya: “(Apakah kamu hai orang musyrik yang lebih beruntung) ataukah orang yang beribadat di waktu – waktu malam dengan sujud dan berdiri, sedangkan ia takut kepada (azab) akhirat dan mengharapkan rahmat Tuhannya? Katakanlah: “Adakah kesamaan orang – orang yang mengetahui dengan orang – orang yang tidak mengetahui?” Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran.” (Qs. Az Zumar ayat 9)

Doa Sesudah Belajar

Ketika kita belajar, tentunya kita akan memulainya dengan berdoa. Begitu pun ketika kita telah selesai belajar. Memulai dan mengakhiri segala sesuatu dengan berdoa merupakan suatu hal yang baik.

Berdoa setelah belajar merupakan salah satu cara agar kita bersyukur atas ilmu yang telah kita pelajari dan dapat bertahan lama ilmu yang kita pelajari tersebut.

Adapun beberapa doa sesudah belajar yang dapat diamalkan ketika usai belajar. Berikut ini doa – doa yang dapat digunakan dalam keseharian:

a. Doa pertama

Doa Sesudah Belajar

Bacaan Arab Doa Sesudah Belajar

اَللَّهُمَّ أَرِنَاالْحَقَّ حَقَّاوَارْزُقْنَا اتَّبَاعَهُ وَأَرِنَاالْبَا طِلَ بَاطِلًا وَارْزُقْنَااجْتِنَابَهُ

Bacaan Latin Doa Sesudah Belajar

Allaumma arinal haqqa haqqan warzuqnat tabaa’ahu wa ariinal baathiila baathiilan warzuqnaj tiinaabah.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar

“Ya Allah, tunjukkanlah kepada kami kebenaran, sehingga kami dapat selalu mengikutinya. Dan tunjukkanlah kepada kami kejelekan sehingga, kami dapat selalu menjauhinya.”

b. Doa kedua

Doa Sesudah Belajar

Bacaan Arab Doa Sesudah Belajar

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Sesudah Belajar

Allaahumma innii istawdi’uka maa ‘allamtaniihi fardud hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa rabbal ‘aalamiin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar

“Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku di saat aku membutuhkannya. Janganlah Engkau membuat aku lupa kepadanya. Wahai Tuhan pemelihara alam.”

c. Doa ketiga

Doa Sesudah Belajar

Bacaan Arab Doa Sesudah Belajar

رَبَّنَا انْفَعْنَا بِمَاعَلَمْتَنَا الَّذِيْ يَنْفَعُنَا وَزِدْنَا عِلْمًا وَالْحَمْدُلِلهِ عَلَى كُلِّ حَالٍ

Bacaan Latin Doa Sesudah Belajar

Rabbanan fa’naa bimaa ‘alamtanaldzii yanfa’unaa wa zidnaa ‘ilman walhamdulillaahi ‘ala kulihal.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sesudah Belajar

“Ya Tuhan kami, jadikanlah ilmu kami ilmu yang bermanfaat, ajarkan kami apa – apa yang bermanfaat bagi kami, serta tambahkan ilmu bagi kami, segala puji hanya bagi Allah dalam setiap keadaan.”

Doa – doa tersebut bisa kamu amalkan salah satunya ketika setelah belajar. Dengan mengamalkan doa tersebut dalam keseharian kita, semoga menjadikan ilmu yang kita pelajari menjadi lebih berkah dan lebih kita serap.

Dengan berdoa menjadikan kita lebih tenang dalam menerima dan mengamalkan ilmu yang telah kita dapatkan.

Janganlah lupa untuk berdoa ketika usai belajar. Semoga Allah SWT. selalu menjaga ilmu yang telah kita pelajari dan dapat memberikan manfaat untuk tidak hanya untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa sesudah belajar beserta bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya yang telah diulas secara jelas. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu kamu ya. Terima kasih.