Doa Sesudah Makan

2 min read

Doa Sesudah Makan

Berikut ini materi tentang doa sesudah makan. Penjelasan, Bacaan doa sesudah makan bahasa arab, bacaan doa setelah makan latin, arti doa setelah makan, dan makna bersyukur kepada Allah

Ketahuilah bahwa menikmati makanan sebenarnya tergantung pada pikiran dan suasana hati kita saat makan.

Sejak awal kita berpikir bahwa makanan itu tidak enak. Apa yang terjadi selanjutnya adalah bahwa makanannya tidak enak, meskipun makanan itu sebenarnya cukup enak.

Sebaliknya, jika kita berpikir bahwa makanan itu yang paling enak dan makanan itu tidak akan kembali. Kemudian kita akan memiliki perasaan bahwa makanannya sedap dan lezat walaupun makanan itu tergolong sederhana mungkin.

Nah, intinya sangat tergantung pada bagaimana kita mengatur pikiran kita saat makan. Dengan membaca doa sesudah makan sebagai rasa syukur kita  atas makanan yang telah kita makan.

Mungkin sebagian dari kita lupa membaca doa setelah makan malam. Melafalkan doa sesudah makan sebagai bentuk rasa syukur atas makanan dan berkah yang telah kita makan.

Bacaan Doa Setelah Makan Bahasa Arab

Bacaan Doa Setelah Makan Bahasa Arab

Bacaan Doa Setelah Makan Latin

“Alhamdu lillahhil-ladzi ath-amanaa wa saqaana waja’alanaa minal Muslim”

Arti Doa Setelah Makan

“Puji Syukur kepada Allah yang telah memberi kami makanan dan minuman serta menjadikan kami termasuk golongan orang Muslim.” (HR Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi)

Yang diajarkan oleh Nabi Muhammad dalam doa tersebut ialah untuk selalu bersyukur atas kenikmatan dalam makanan yang diberikan Allah kepada kita.

Ketika kita membaca doa setelah makan ini, kita diingatkan tentang sifat Allah Rubbubia dan sifat kuasa-Nya.

Kekuasaan Allah dalam hal apa? Yakni kekuasaannya dalam mendatangkan makanan, memasukkan makanan, dan membuat kenyang dengan makanan. Sesungguhnya, proses makan dari awal hingga akhir hanyalah kekuasaan Allah, bukan atas kemauan kita.

Bersyukur atas kuasa Allah yang memberi makanan

1. Makanan yang ada adalah dari Allah

Jika Anda dihadapkan dengan makanan yang tepat di depan meja makan Anda, maka perlu anda ketahui bahwa makanan sebenarnya adalah sumbernya dari Allah.

Karena jika kita mengikuti sumber makanan dari awal hingga akhir, akhirnya pasti akan sampai pada Allah.

2. Makanan juga dapat menjangkau Anda karena kuasa Allah

Makanan dapat menjangkau Anda, itu juga karena kekuasaan dan kemauan-Nya. Jika Allah menghendaki, mudah bagi-Nya untuk membawanya tanpa adanya alasan apa pun yang Anda curigai.

Jika Allah menghendaki, juga mudah bagi-Nya untuk menahan makanan itu sehingga tidak ada di hadapan Anda. Begitu banyak orang diluar sana yang menderita kekurangan makanan dan kelaparan.

Jika Anda mendapatkan makanan pada waktu itu, itu juga karena kekuasaan dan rahmat dari Allah.

Sebagai contoh:

jika Anda berpuasa Bahkan jika Anda tertarik pada makanan lezat, Anda tetap bersikeras untuk tidak makan karena Anda benar-benar tidak mau makan.

Siapa yang kemudian membangkitkan keinginan untuk berpuasa dan keinginan untuk tidak membatalkan puasa?

Apabila bukan karena Allah, tentu Anda tidak ingin capek-capek puasa.

Jika anda berkeinginan untuk makan, belum tentu makanan itu bisa mencapai mulut dan perut anda. Anda ingin makan, tetapi Anda tidak punya cara untuk makan, jadi tidak mungkin makanan itu masuk ke mulut Anda.

Padahal, makanan yang Anda makan hanyalah sarana untuk mendapatkan kekuatan dan kesehatan. Sisanya, merupakan urusan Allah.

Apakah makanan yang Anda makan menciptakan kekuatan atau tidak adalah kekuasaan Allah. Apakah makanan yang Anda makan itu akan menyehatkan atau menyebabkan penyakit, itu juga merupakan kekuasaan Allah.

Karena rasa bersyukut, setiap hidangan yang kita makan terasa lezat dan nikmat. Namun, jika makanan yang kita dapatkan tidak disyukuri, maka makanan selezat apapun yang tersedia tidak akan terasa enak di lidah.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Sesudah Makan. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read