Doa Sesudah Sholat Lengkap : Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan

3 min read

Doa Sesudah Sholat

Doa Sesudah Sholat Lengkap : Bacaan Arab, Latin, dan Terjemahan – Berdoa untuk mengharapkan sesuatu merupakan sesuatu yang manusiawi. Meminta kepada Allah SWT. merupakan cara yang telah Allah SWT. dan Nabi Muhammad SAW. perintahkan dan ajarkan.

Bagi tiap – tiap orang selalu mempunyai harapan, tujuan hidup, dan juga keinginan yang terkadang di luar logika seseorang. Mengharapkan sesuatu yang bahkan sulit diraih. Tetapi tidak ada salahnya untuk terus memohon kepada Allah SWT.

Sehabis sholat merupakan waktu yang tepat untuk berdoa dan memohon kepada Allah SWT. Terdapat doa – doa yang dapat kita panjatkan untuk diri kita sendiri maupun orang lain. Bagaimanakah doa – doa yang dapat kita panjatkan ketika selesai melaksanakan sholat?

Berikut ini akan dijabarkan mengenai doa – doa yang dapat dibaca sesudah sholat beserta dengan bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya. Simak terus ya.

Berdoa

Sholat merupakan salah satu ibadah wajib yang dikerjakan oleh tiap – tiap umat Muslim, baik dia laki – laki atau pun perempuan.

Setelah selesai melaksanakan sholat, berdoa di waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab. Allah SWT. mendengar doa kita.

Berdoa merupakan suatu ibadah. Selain doa kita akan dikabulkan kita juga akan mendapatkan pahala dari ibadah dari doa tersebut.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ

Artinya: “Doa itu adalah ibadah.” (HR. Abu Daud, Ahmad, At Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

Dengan berdoa kita juga dapat berinteraksi dengan Allah SWT. Kita dapat menceritakan apa saja kepada Allah SWT, keluh kesah kita, harapan kita, rasa sakit karena manusia, apa pun itu. Bercerita kepada Allah SWT. merupakan cara yang terbaik dalam melepaskan semua beban kita. Allah SWT. merupakan satu – satunya tempat kita mengadu, bercerita, bersyukur, dan memohon.

Tidak ada tempat selain kepada Allah SWT. yang dapat menjadi tempat kita bersandar. Memohon ampunannya. Sujud dan sajadah merupakan hal yang baik bagi manusia. Kedua hal tersebut dapat menenangkan hati kita.

Menggelar sajadah dan dilanjutkan dengan sholat. Kemudian menceritakan segala hal. Hanya Allah SWT. yang akan menjaga semua aib dan rahasia kita.

Berbeda dengan manusia, mereka terkadang lalai dan keceplosan menceritakan hal yang kita sampaikan, meskipun hal itu bersifat rahasia. Manusia bukanlah manusia sempurna. Terkadang dapat lalai dan ingkar terhadap janjinya. Mencari seseorang yang amanah pun sangat sulit.

Oleh karena itu, berdoalah kepada Allah SWT. ketika kita merasa senang, bersyukur, sedih, dan begitu putus asa.

Adapun doa – doa sesudah sholat yang dapat diamalkan di tiap harinya:

اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مَنْكَ الْجَدُّ, لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Allahumma laa mani’a limaa a’thaita wa laa mu’thiya limaa mana’ta wa laa yanfa’u dzal jaddi mankal jaddu, laa ilaha illaa anta.

Artinya: “Ya Allah tidak ada yang menghalangi bagi apa yang telah Engkau berikan dan tidak kepada orang – orang yang kaya di sisi Engkau segala kekayaannya selain dari kebesaran-Mu ya Rabb. Tidak ada Tuhan yang patut disembah selain Engkau.”

اَللهُمَّ اغْفِرْلِىْ وَلِوَالِدَىَّ وَارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِىْ صَغِيْرًا

Allaahummagh firlii wa liwaalidayya war hamhumaa kamaa rabbayaanii shaghiiraa.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah aku dan kedua orang tuaku, sayangilah keduanya sebagaimana mereka menyayangiku semenjak kecil.”

رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا الَّذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَانِ وَلَا تَجْعَلْ فِي قُلُوبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آَمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Rabbanaghfirlanaa wali ikhwaaninal ladziina sabaquunaa bil iimaan wa laa taj’al fii quluubinaa ghillaa lilladziina aamanuu rabbanaa innaka ra uufur rahiim.

Artinya: “Ya Allah, ampunilah kami dan saudara – saudara kami yang telah beriman lebih dahulu dan janganlah Engkau biarkan ghill (dengki) dalam hati kami terhadap orang – orang yang beriman. Ya Tuhan kami, sesungguhnya Engkau Maha Penyantun lagi Maha Penyayang.”

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

Rabbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyaatinaa qurrata a’yunin waj’alnaa lil muttaqiina imaamaa.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, karuniakanlah kepada kami istri – istri dan keturunan – keturunan sebagai penyejuk hati dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang – orang yang bertakwa.”

رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا اِنَّكَ اَنْتَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ وَتُبْ عَلَيْنَا اِنَّكَ اَنْتَ التَّوَّابُ الرَّحِيْمُ

Rabbanaa taqabbal minnaa innaka antas samii’ul ‘aliim watub ‘alainaa innaka antat tawwaabur rahiim.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, perkenankanlah (permohonan) dari kami, sesungguhnya Engkau Maha Mendengar Lagi Maha Mengetahui. Dan terimalah taubat kami, sesungguhnya Engkau Maha Menerima Taubat lagi Maha Penyayang.”

رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fid dunyaa hasanah wa fil aakhirati hasanah waqinaa ‘adzaabannar.

Artinya: “Wahai Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka.”

وَصَلَّى اللهُ عَلى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Wa shallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam wal hamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.

Artinya: “Semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan kepada penghulu kami, Nabi Muhammad, keluarga, dan sahabatnya. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Doa – doa tersebut dapat kita amalkan dalam keseharian sesudah melaksanakan sholat.

Ketika kita melaksanakan sholat secara berjamaah biasanya imam akan memandu kita dalam berdzikir dan berdoa.

Jika kita melaksanakan sholat sendiri atau munfarid, maka kita dapat berdoa kepada Allah SWT. dengan suara yang lembut dan lirih. Meminta apapun kepada Allah SWT. dengan bersungguh – sungguh. Hal ini terdapat dalam sebuah ayat Al Quran yaitu pada surat Al A’raf ayat 55, Allah SWT. berfirman:

ادْعُوا رَبَّكُمْ تَضَرُّعًا وَخُفْيَةً ۚ إِنَّهُ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ

Artinya: “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang – orang yang melampaui batas.” (QS. Al A’raf ayat 55)

Jika dalam berdoa merasa kesulitan karena belum mengetahui atau hafal doa – doa setelah sholat, kita dapat melakukan dzikit setelah sholat dan berdoa dengan bahasa yang dapat kita gunakan. Tidak apa – apa.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa – doa sesudah sholat yang telah diterangkan secara jelas dan lengkap dengan bacaan Arab, Latin, dan terjemahannya. Semoga kita semakin istiqomah dan semakin bertakwa kepada Allah SWT. Terima kasih.