Doa Setelah Hujan

2 min read

Doa Setelah Hujan

Doa Setelah Hujan (Hujan Berhenti) Lengkap Bacaan Arab, Latin dan Arti – Hujan merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Jika hujan tidak kunjung tiba, maka akan terjadi kemarau. Apalagi jika kemarau tersebut berkepanjangan. Oleh karena itu, hujan merupakan rezeki yang tak ternilai. Hujan mendatangkan banyak manfaat. Airnya bisa dimanfaatkan untuk aa saja. Meskipun terkadang hujan yang tak henti-henti bisa menyebabkan banjir. Banjir juga disebabkan karena ulah manusia juga.

Terjadinya hujan juga bisa menjadikan seseorang sendu, ya, sendu bisa jadi karena ingat hal-hal yang telah terjadi, seperti ingat mantan, gak penting banget memang.

Semua yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala takdirkan pastinya telah diperhitungkan semua. Baik buruknya yang terjadi telah ditakdirkan. Tidak ada manusia yang dapat mencegahnya. Karena itu semua merupakan karunia yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala tentukan.

Hujan

Saat waktu hujan berhenti pun jangan lupa untuk berdoa kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Berdoa dan berterima kasih atas segala nikmat dan berkah yang telah diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Karena itu hujan yang diturunkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala merupakan rezeki yang melimpah. Dengan rezeki itu kita bisa memanfaatkan banyak hal untuk hidup kita. Manfaatkan secara tepat air yang dihasilkan dari hujan.

Ketika hujan turun, jangan lupa berdoa dan mintalah kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena berdoa saat hujan merupakan salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa. Kemudian saat hujan berhenti, jangan lupa juga berdoa. Berikut ini doa yang dapat diamalkan ketika hujan telah berhenti. Simak artikel ini hingga selesai ya.

Bacaan Doa Setelah Hujan

Adapun berikut ini doa setelah hujan yaitu:

Doa Setelah Hujan
Doa Setelah Hujan

Bacaan Arab Doa Setelah Hujan

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ ورَحْمَتِهِ

Latin Bacaan Doa Setelah Hujan

Muthirnaa bi fadhlillaahi wa rahmatih.

Terjemahan Arti Doa Setelah Hujan

“Diturunkan kepada kami hujan karena anugerah Allah dan rahmat-Nya.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Hujan

Hujan merupakan proses jatuhnya air dari langit. Hujan memiliki banyak manfaat yang dibutuhkan oleh seluruh makhluk hidup. Hujan memberikan air yang cukup untuk makhluk hidup. Air dimanfaatkan oleh tumbuhan untuk hidup. Begitu pula dengan hewan. Air dari hujan dapat dimanfaatkan untuk mandi, minum, atau kebutuhan hidup lainnya.

Selain itu, ketika hujan tiba saat itu merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Doa yang dipinta di waktu mustajab insya Allah akan dikabulkan. Oleh karena itu, berdoalah ketika hujan turun. Berdoa dengan ikhlas dan tulus kepada Allah Subhanahu wa ta’ala. Karena hujan merupakan salah satu waktu mustajab dalam berdoa. Sebagaimana yang telah Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam katakan,

اُطْلُبُوا اسْتِجَابَةَ الدُّعَاءِ عِنْدَ ثَلَاثٍ: عِنْدَ الْتِقَاءِ الْجُيُوشِ، وَإِقَامَةِ الصَّلَاةِ، وَنُزُولِ الْغَيْثِ

Artinya: “Carilah doa yang mustajab pada tiga keadaan yaitu: Saat bertemunya dua pasukan (tentara yang bertempur). Saat menjelang sholat dilaksanakan dan saat hujan turun.” (HR. Al Baihaqi)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada hambanya untuk berdoa ketika hujan telah berhenti. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

أَصْبَحَ مِنْ عِبَادِى مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ فَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللهِ وَرَحْمَتِهِ. فَذَلِكَ مُؤْمِنٌ بِى وَكَافِرٌ بِالْكَوْكَبِ وَأَمَّا مَنْ قَالَ مُطِرْنَا بِنَوْءِ كَذَا وَكَذَا. فَذَلِكَ كَافِرٌ بِى مُؤْمِنٌ بِالْكَوْكَبِ

Artinya: “Pada pagi hari, di antara hamba-Ku ada yang beriman kepada-Ku dan ada yang kafir (kepada-Ku). Siapa yang mengatakan, “Muthirnaa bi fadhlillaahi wa rahmatih” (kita diberi hujan karena karunia dan rahmat Allah). Maka dialah yang beriman kepada-Ku dan kufur terhadap bintang-bintang. Sedangkan siapa yang mengatakan, “Muthirnaa binaui kadzaa wa kadza’ (kita diberi hujan karena sebab bintang ini dan ini). Maka dialah yang kufur kepada-Ku dan beriman pada bintang-bintang.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hadits tersebut, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan kepada hamba-Nya untuk berdoa setelah hujan. Dengan berdoa setelah hujan, dapat menambah amal ibadah kita karena kita melakukan perbuatan-perbuatan yang baik.

Contohlah perbuatan-perbuatan yang baik dan sesuai dengan yang diajarkan oleh Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Dengan begitu, semoga Allah Subhanahu wa ta’ala memberikan keberkahan dan kenikmatan kepada setiap hamba-Nya.

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan mengenai doa setelah hujan yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Amiin ya Rabb. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read