Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya – Terlengkap

7 min read

Doa Setelah Sholat Fardhu

Doa Setelah Sholat Fardhu – Dalam melakukan dzikir yakni setelah sholat wajib yang disarankan oleh Nabi kepada umatnya. Bagaimana cara melakukan zikir dan shalat setelah shalat wajib?

Imam Nawawi mengatakan bahwa dalam sebuah karyanya adalah kitab Al-Adzkar. Kitab tersebut merupakan salah satu buku referensi sekaligus buku master tentang sholat dan dzikir yang populer di dunia Islam.

Dalam kitab tersebut menyatakan bahwa setelah shalat, para ulama menyepakati Sunnah Dzikir (ijma’) yang didukung oleh banyak hadits asli dengan bacaan yang berbeda.

Salah satu bentuk ibadah yang mendekatkan manusia dengan hambanya dalam Islam adalah sholat. Bentuk ibadah ini adalah salah satu tugas manusia terpenting yang diciptakan di dunia ini. Doa juga merupakan ekspresi iman kita kepada Tuhan, diungkapkan melalui kata-kata, keyakinan, dan perbuatan.

Sholat merupakan sebuah kewajiban terpenting menurut dua kata iman dan salah satu rukun Islam. Nabi Sallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Islam didasarkan pada lima hal: yaitu bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak beribadah selain Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah, salat, zakat, haji di Baitulloh, dan puasa di bulan Ramadhan. ” (HR Muslim 16).

Pengertian Sholat Fardhu Secara Bahasa

Secara linguistik kata sholat yakni berasal dari bahasa arab artinya doa, sedangkan sholat menurut istilah tersebut diartikan sebagai bentuk ibadah yang berupa rangkaian kegiatan yang diawali dengan takbiratul ikram dan diakhiri dengan tuturan.

Sholat adalah cara beribadah kepada Allah yang sudah ada sejak pengiriman terakhir Nabi Muhammad Shallallahu ‘alayhi wa sallam. Hanya berkat rahmat Allah Ta’ala Rasulullah diberi wahyu untuk memperbarui hukum sholat yang diturunkan kepada rasul sebelumnya.

Pesan ini tercatat dalam beberapa ayat Alquran seperti yang tercatat dalam Surat Maryam ayat 55, yang menjelaskan tentang doa-doa Nabi Muhammad ‘alaihissalam:

Surat-Maryam-ayat-55

Artinya:
“Dan dia (Ismail) menyuruh keluarganya untuk melaksanakan sholat dan zakat, dan ia adalah seorang yang diridloi disisi Tuhan-Nya”

Sholat wajib juga diakhiri ketika Allah menurunkan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW pada acara Isra dan Mi’raj yang berlangsung sekitar 18 bulan sebelum acara Hijrah. Dalam hal ini Rasulullah Sallallahu ‘alayhi wa sallam didaraskan hingga lima shalat per hari.

Seperti dijelaskan dengan sebuah hadits asli yakni oleh Muslim (No. 163) dan Imam Bukhari (No. 342):

Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Loteng rumahku terbuka ketika aku di Mekah, kemudian Jibril turun. Dia meraih tanganku dan mengangkatku ke surga. Kemudian Allah harus berdoa 50 kali untuk umat, jadi aku kembali dan Dia (Allah) bersabda: “Doa ke-5 (pahala) sama dengan) 50 kali doa, kata-kataku tidak berubah”.

Bacaan Doa Setelah Sholat Fardhu dan Artinya

Adapun berbagai jenis mengenai doa setelah sholat fardhu, berikut ialah penjelasannya:

1. Membaca Istighfar

Bacaan-Istighfar

2. Dilanjutkan dengan membaca :

“Laa ilaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai-in qodiir.”

3. Mohon perlindungan dari siksa api neraka, (membacanya dengan 3 kali)

Allohumma ajirnii minanar dibaca 3 x

4. Memuji Allah Dengan Kalimat

Allahumma Antas-Salaamu Wamingkas-Salaamu Wa Ilaika Ya Uudus-Salaamu Fa Hayyinaa Rabbanaa Bis-Salaami Wa Adkhilna-Jannata Daaros-Salaami Tabaarokta Robbanaa Wa Ta Aalaita Ya Dzal-Jalaali Wal Ikroom”

Artinya :
“Ya allah, engkau adalah zat yang mempunyaikesejahtraan dan daripadamulah kesejahtraan itu da kepadamulah akan kembali lagi segala kesejahtraan itu, maka hidupkanlah kami ya allah dengan sejahtera. dan masukanlah kami kedalam surga kampung kesejahtraan, engkaulah yang kuasa memberi berkah yang banyak dan engkaulah yang maha tinggi, wahai zat yang memiliki ke agungan dan kemulyaan.”

5. Membaca Surat Al-Fatihah

Surat-Al-Fatihah

6. Membaca Ayat Kursi

Bacaan-Ayat-Kursi

7. Membaca Syahadat (Surat Ali Imran: 18-19)

Syahadat-Surat-Ali-Imran-18-19

8. Membaca Tasbih, Tahmid, dan Takbir 33 kali

Membaca-Tasbih-Tahmid-dan-Takbir

Sholat Fardhu – Fardhu A’in dan Fardhu Kifayah

Sholat merupakan salah satu bentuk ibadah yang dilakukan oleh umat Islam, memperlakukan Allah SWT dengan hati-hati. Pelaksanaannya dalam bentuk kata-kata dan tindakan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan ucapan salam sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh hukum Syariah.

Sholat wajib itu sendiri juga dibagi menjadi dua bagian, yakni:

1. Fardhu Ain

Fardhu Ain adalah adanya suatu kewajiban untuk sholat bagi Muslim atau Mukallaf dan tidak ditinggalkan atau diwakili oleh orang lain.

Syarat – Syarat Melaksanakan Sholat

  • Muslim
  • Memiliki akal yang sehat dan sudah baligh
  • suci dari hadast kecil maupun hadast besar
  • Menyucikan seluruh bagian tubuh, pakaian dan ruang
  • Dianjurkan untuk menutup uarat baik laki-laki dan perempuan
  • Menghadap ke arah kiblat
  • Memahami bahwa itu termasuk sholat sunnah dan sunnah

Klasifikasinya adalah semacam doa wajib. Dalam hukun ini ialah:

a. Shalat Lima Waktu

Ini adalah jenis sholat wajib (wajib) yang dilakukan lima kali sehari bagi setiap mukallaf atau muslim, kecuali tidak bisa dilakukan karena alasan tertentu seperti haid bagi wanita.

Perintah sholat lima hari diawali dengan peristiwa penting di tahun baru dalam Islam, yaitu isra ‘dan mi’raj, yang ditulis Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wassalam pada tanggal 27 Rajab tahun 621 M atau sekitar tiga tahun sebelum Telah mengalami migrasi.

b. Sholat Subuh

Ini adalah bagian dari sholat lima waktu yang diucapkan di awal, yaitu sebelum matahari terbit hingga sebelum matahari terbit. Sholat dilakukan hingga 2 siklus, dengan siklus menyarankan membaca sholat Qunut dua kali dengan berdiri tegak dan tidak rukuk.

c. Sholat Dzuhur

Sholat fardhu (wajib) ini yakni telah dilakukan dari adanya suatu matahari sampai waktu Ashar. Doa ini dilakukan dalam 4 raka’at.

d. Shalat Ashar

Waktu sholat wajib ini ialah pada saat bayangan benda melebihi panjang benda itu sendiri atau dua kali panjang benda tersebut.

e. Sholat Maghrib

Waktu matahari yakni telah dimulai di bawah sinar matahari sampai waktu sholat magrib. Sholat magrib berakhir sebanyak 3 raka’at

f. Sholat Isya

Shalat Isya dilakukan selama 4 raka’at yang pelaksanaannya dimulai ketika lampu merah (Syafaq) di langit barat telah menghilang pada pagi Shadiq berikutnya.

2. Fardhu Kifayah

Fardhu Kifayah adalah adanya sebuah komitmen bagi umat Islam atau mukallaf yang dianggap cukup atau sah meskipun jumlahnya sedikit. Jika tidak, itu akan menyebabkan dosa. Yang termasuk dalam sholat wajib kifaya adalah:

Sholat Jenazah

Adapun dalam sebuah persyaratan untuk melakukan sholat jenazah ialah:

  • Seperti halnya sholat umum, pada saat sholat jenazah seseorang harus merawat aurat, kesucian hadast (baik hadits besar maupun kecil) dan jenis-jenis najis dalam Islam seperti tubuh, pakaian dan tempat ibadah serta wajah. Mendekati kiblat
  • Jenazah dimandikan dan dikfani.
  • Papan kiblat di sebelah mereka yang berdoa, tetapi ketika sholat ghaib atau pun dalam sholat dilakukan di kuburan.

Keutamaan Dzikir Setelah Sholat

Adapun berbagai jenis atau macam keutamaan dalam melakuan dzikir sesudah solat fardhu, yakni:

1. Menambah Rasa Khusyu’ dalam Berdoa Setelah Shalat

”Hai Orang-Orang yg beriman, Berdzikirlah dengan menyebut nama Allah, Dzikir yg sebanyak-banyaknya. Dan bertasbilah kepadanya diwaktu pagi dan petang (QS. Al-Ahzab, Ayat 41 dan Ayat 42) ”.

Doa terbaik tentunya diucapkan dengan ikhlas dan tidak terburu-buru sobat. Hal tersebut bisa dicapai dengan rutin mengaji dzikir setelah sholat dan melakukan dzikir pagi dan sore sehingga setelah sholat pasti ada waktu untuk menghampiri dan memperkuat dalam suatu keimanan.

2. Pahala Mulia

“Pria dan Wanita yang berpuasa, Pria dan Wanita yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan ampunan dan pahala yang besar (QS. Al-Ahzab, Ayat 35).”

Termasuk anugrah di Hadirat Allah sobat, jika sempat mengenang setelah sholat usai, manfaatnya pasti akan didapat bersama teman-teman yaitu amalan baik dan anugrah sholat yang sempurna, apalagi bila mereka ada di sisi kebaikan. Doa dalam sujud terakhir.

3. Bagian dari Rangkaian Sholat

”Maka apabila km sudah menyelesaikan Sholat-Mu, ingatlah Allah di waktu berdiri, di waktu duduk dan di waktu berbaring. (QS. An-Nisa, Ayat 103).”

Tentunya, jika dzikir juga merupakan bagian dari sholat, maka tentunya segera setelah sholat anda meninggalkan tanda bahwa anda tidak melaksanakan sholat dengan sempurna, misalnya dalam berdoa dengan cepat dan tidak berdoa sujud terakhir dalam sebuah sholat

4. Jalan Masuk Surga

“Barang siapa mengucapkan Dzikir ini di Siang hari dlm keadaan yg penuh keyakinan, lalu Dia Mati di Hari tersebut sebelum Sore Hari, maka dia termasuk kedalam Penghuni Surga. Dan barangsiapa yg membacanya di malam hari dlm keadaan penuh keyakinan, lalu dia Mati sebelum Subuh maka dia termasuk kedalam penghuni surga (Hadits Shahih Riwayat Bukhari).”

Jika ada yang bisa mati kapan saja, jika mereka mati sebelum berbuat baik, itu cara yang bagus untuk menghindari hukuman.

5. Diampuni Dosa Dosa

”Barang siapa yang membaca Dzikir Subhanallah disetiap Sholat Wajib sebanyak 33 kali, dan membaca Dzikir Alhamdulillah sebanyak 33 kali, dan membaca Dzikir Takbir (Allahu Akbar) sebanyak 33 kali dan untuk menyempurnakannya .. maka akan diampuni dosa – dosa nya walaupun dosanya sebanyak Buih di lautan (HR. Muslim) ”.

Pengampunan dosa hanya diketahui oleh Tuhan sobat, namun tidak ada salahnya melakukan yang terbaik untuk mendapatkan pengampunan itu.

6. Amalan Terbaik di Mata Allah

Hadits Sahih Diceritakan oleh Tirmidzi dan Ahmad bahwa Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam bersabda:

” Maukah Aku beritahukan Amalan mu yg terbaik, yg paling tinggi dlm derajat-mu, paling bersih disisi Tuhan mu dan lebih baik daripada menerima Emas dan Perak, Lalu Para Sahabat menjawab pertanyaan Rasulullah SAW tersebut : ‘ Ya Rasul ‘. Lantas Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wasallam berkata : ” Zikrullah (Berzikir) ”.

Dia senang dengan hambanya melakukan dzikir setelah sholat secara teratur. Hal ini dikarenakan adanya bukti bahwa ada orang yang sholat dengan ikhlas dan datang dengan poin-poin penuh dari poin atau tindakan hingga langkah sunnah wajjib yang menambah keutamaan sholat itu sendiri.

7. Semakin Dekat dengan Allah

”Karena itu, ingat-lah km kepada-ku niscaya Aku ingat pula kepada-mu, dan bersyukur-lah kepada-Ku dan janganlah km mengingkari nikmat-ku (QS. Al-Baqarah, Ayat : 152).”

Berdoa atau dzikir setelah sholat akan menjadi cara mendekati Allah dengan Doa sepenuhnya terlaksana, dengan ekspresi pujian dan permohonan pengampunan dari Allah dengan memori seperti itu.

8. Termasuk Sedekah

”Disetiap Ruas Tulang (Persendian) Manusia itu ada kewajiban untuk bersedekah setiap Paginya. Tiap tiap Bacaan Dzikir itu adalah Sedekah dan memerintahkan kepada kebaikan juga sedekah, mencegah dari perbuatan kemungkaran itu juga termasuk sedekah….. (Hadits Riwayat Muslim)”.

Saudara tidak perlu mencari uang, tentunya sobat, bahkan dzikir yang diucapkan dengan sepenuh hati adalah cara yang mulia untuk menjadi saudara tuhan.

9. Menambah Rasa Iman

”Agar km sekalian beriman kepada Allah dan Rasul-nya, menguatkan agama -nya, membesarkan -nya. Dan bertasbih kepada -nya di Waktu Pagi dan Petang (QS. Fath, Ayat : 9)”.

Tentu saja, tindakan apa pun yang Anda lakukan akan meningkatkan kepercayaan Anda kepada Allah sobat. Ini juga termasuk berlatih zikir setelah sholat, di mana kata-kata zikir yang diucapkan akan membuat Anda lebih tahu tentang keagungan Allah.

10. Memberi Ketenangan Hati

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (surat al-Ra’ad ayat 28).

Tidak bisa Akan disangkal bahwa ingatan tidak pernah bisa mendatangkan kedamaian dan jiwa-Nya karena kamu selalu mengingat Tuhan. Jika kamu ingin hati yang bebas dari rasa takut, tentu kamu dapat melakukan latihan ini mulai sekarang, sobat.

11. Melembutkan Hati

QS Al – Anfal 45 yang bermakna, “Maka sebutlah nama Allah SWT sebanyak – banyaknya demikian itu akan melembutkan dirimu.”

Tentunya dalam kehidupan sehari-hari, banyak hal yang menguji kesabaran sobat terkadang bisa menyakitkan, tapi kamu dapat meringankan hatimu dengan meningkatkan dzikir.

Setelah berdoa semoga jiwa tenang dan hati lemah serta tidak jauh dari perbuatan atau perbuatan kotor.

12. Jauh dari Sesat dan Godaan Syetan

“Allah telah menurunkan perkataan yang paling baik (yaitu) Al Qur’an yang serupa (mutu ayat-ayatnya) lagi berulang-ulang, gemetar karenanya kulit orang-orang yang takut kepada Tuhannya, kemudian menjadi tenang kulit dan hati mereka di waktu mengingat Allah (Az Zumar 23)”.

Iblis akan senang menggoda orang karena dia memiliki banyak teman dan ingin menjadi tangguh terhadap mereka di neraka. Salah satunya dengan menyela saat sholat jangan dilayani, tergesa-gesa, dan lain sebagainya, dengan melakukan dzikir setelah sholat biasa, iblis tidak bisa menyela teman karena dia sudah terpenuhi, bukan untuk mengingatkan Tuhan. Setan mendapat kesempatan untuk berpisah dengan buruk.

13. Menaikkan Derajat Seseorang

Tentunya kesemuanya ada pada derajat yang berbeda-beda dengan perbuatan dan perbuatannya sobat, dzikir secara teratur tentu di mata orang yang melakukannya mempunyai sebutan yang berbeda-beda, lebih tinggi dan lebih baik karena membutuhkan waktu yang lebih lama. untuk mengingat dan menyebut nama Tuhan. .

14. Jalan Istiqomah

Jika dilakukan secara rutin pasti akan menjadi cara untuk melakukan istiqomah sobat, dimana amalan ini lebih menyenangkan bagi Allah yang lebih baik tapi rutin daripada banyak tapi hanya sekali. Jika Anda mengingat hal ini setelah sedikit atau banyak berdoa, itu pasti akan menjadi jalan kebaikan bagi teman-teman Anda.

15. Mendapat Keutamaan Sholat yang Sesungguhnya

Tentu dalam sholat yang benar adalah yang dilakukan dengan penghormatan dari awal sampai akhir dan berakhir, atau dilakukan dengan sunnah, sehingga bila dilakukan dengan tekun dan tenang, tidak ada tergesa-gesa.

Itu juga merupakan keputusan dan hadiah terpisah untuk melakukan doa Anda. Tentunya berbeda dengan sholat gegas hanya dalam menunaikan kewajiban dengan sholat yang dilakukan dari hati dengan harapan akan damai sejahtera dan berkah dari Tuhan, dilakukan dengan melalui doa dan dzikir.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Setelah Sholat Fardhu. Semoga bermanfaat.