Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Doa Setelah Sholat Hajat

Doa Setelah Sholat Hajat Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Setiap manusia memiliki keinginan dan hajatnya masing – masing. Meskipun tidak diucapkan, pasti ada satu keinginan yang sangat ingin dicapai.

Lantas bagaimana caranya kita agar bisa mewujudkan apa yang kita inginkan tersebut. Berikhtiar terus – menerus untuk mewujudkannya. Berusaha mencapai dengan segala upaya yang kita bisa dan tentunya berdoa memohon kepada Allah SWT. agar dimudahkan dan dapat mencapai apa yang kita inginkan tersebut.

Bagaimana caranya? Dengan melaksanakan ibadah sholat sunnah hajat. Lantas bagaimana dengan doa yang dapat kita panjatkan setelah melaksanakan ibadah sholat hajat?

Artikel kali ini akan membahas tentang doa yang dapat dipanjatkan setelah selesai melaksanakan ibadah sholat hajat dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya dengan Bahasa Indonesia. Simak terus ya.

Sholat hajat merupakan ibadah sholat yang dilaksanakan karena mempunyai hajat atau keinginan supaya diperkenankan hajat nya oleh Allah SWT.

Sholat sunnah ini salah satu cara kita dalam berikhtiar kepada Allah SWT. Selain itu, juga dapat memperkuat iman kita dan terus mendekatkan diri kepada Sang Pencipta.

Karena sholat merupakan cara kita untuk terus dekat kepada Allah SWT.

Setelah melaksanakan sholat hajat, janganlah lupa untuk berdoa. Memanjatkan doa setelah sholat merupakan hal yang Allah SWT. perintahkan.

Adapun doa setelah sholat hajat yaitu sebagai berikut:

Doa Setelah Sholat Hajat

Bacaan Arab Doa Setelah Sholat Hajat

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ. اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّوَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لَاتَدَعْ لِيْ ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً إِلاَّ هِيَ لَكَ رِضًا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Bacaan Latin Doa Setelah Sholat Hajat

Laa ilaha iilallaahul haliimul kariimu subhaanallaahi rabbil ‘arsyil ‘adzhiim. Alhamdu lillaahi rabbil ‘aalamiin. As aluka muujibaati rahmatika wa ‘azaa ima maghfiratika wal ghaniimata min kulli birrin was salaamata min kulli itsmin laa tada’ lii dzanban illaa ghafartahu wa laa hamman illaa farajtahu wa laa haajatan illaa hiya laka ridhan illaa qadhaytahaa yaa arhamar raahimiin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Setelah Sholat Hajat

“Tidak ada Tuhan selain Allah, Yang Maha Penyantun lagi Maha Mulia. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara alam Yang Agung. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam. Hanya kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang menyebabkan datangnya rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu, dan memperoleh keuntungan dari kebaikan dan selamat dari segala dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa (yang ada pada diriku) melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kesusahan melainkan Engkau memberi jalan keluar, dan tidak pula ada sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang.” (HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Selain itu, Nabi Muhammad SAW. juga mengajarkan kita untuk berdoa menggunakan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ وَأَتَوَجَّهُ إِلَيْكَ بِنَبِيِّكَ مُحَمَّدٍ نَبِيِّ الرَّحْمَةِ. يَا مُحَمَّدُ، إِنِّي تَوَجَّهْتُ بِكَ إِلَى رَبِّي فِي حَاجَتِي هَذِهِ فَتُقْضَى لِى. اللَّهُمَّ فَشَفِّعْهُ فِيَّ

Allahumma innii as aluka wa atawajjahu ilayka binabiyyika Muhammadin nabiyyir rahmati. Yaa Muhammad, innii tawajjahtu bika ilaa Rabbii fii haajatii hadzihi fatuqdla lii. Allahumma fasyafi’hu fiy.

Artinya: “Ya Allah sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dan menghadap kepadaMu dengan Nabiku Muhammad, Nabi (pembawa) rahmat. Wahai Muhammad, sesungguhnya aku menghadap kepada Tuhanku denganmu dengan kebutuhanku ini agar dipenuhi-Nya. Ya Allah, terimalah syafaatnya padaku.” (HR. At Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Doa tersebut bisa digunakan setelah kita melaksanakan ibadah sholat, tidak hanya saat melaksanakan ibadah sholat hajat.

Nabi Muhammad SAW. mengerjakan ibadah sholat hajat. Beliau menyerukan hambanya untuk melaksanakan ibadah sholat hajat agar diberikan apa – apa yang umatnya inginkan dan butuhkan.

Abu Darda Radhiyallahu ‘anhu pernah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَسْبَغَ الْوُضُوءَ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ يُتِمُّهُمَا أَعْطَاهُ اللَّهُ مَا سَأَلَ مُعَجِّلاً أَوْ مُؤَخِّراً

Artinya: “Barang siapa berwudhu dan menyempurnakannya, kemudian mengerjakan sholat dua rakaat dengan sempurna maka Allah memberi apa saja yang ia minta, baik segera maupun lambat.” (HR. Ahmad)

Salah satu keutamaan dari melaksanakan ibadah sholat hajat yaitu diberikan apa yang dibutuhkan. Semua yang telah Allah SWT. tetapkan akan datang di saat dan waktu yang tepat.

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh At Tirmidzi dikatakan bahwa,

ثُمَّ يَسْأَلُ اللَّهَ مِنْ أَمْرِ الدُّنْيَا وَالآخِرَةِ مَا شَاءَ فَإِنَّهُ يُقَدَّرُ

Artinya: “Kemudian ia meminta pada Allah urusan dunia dan akhiratnya, maka ia akan ditetapkan.” (HR. At Tirmidzi)

Oleh karena itu, jika menginginkan sesuatu teruslah dekati Yang Maha Pemilik dan Pemberi Segala. Jangan pernah bosan meminta kepada Allah SWT. Karena hanya Allah SWT. yang dapat memberikan apa yang kita butuhkan. Teruslah bersabar menanti apa yang kita harapkan agar terwujud. Semua telah Allah SWT. persiapkan.

Baca Juga:

Demikianlah artikel kali ini. Semoga doa setelah selesai melaksanakan sholat hajat ini dapat diamalkan ya dan artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.