Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti

2 min read

Doa Setelah Sholat Tahajud

Doa Setelah Sholat Tahajud Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Arti – Siapa yang tidak mengetahui mengenai ibadah sholat tahajud? Ya hampir seluruh umat Muslim mengetahuinya. Ibadah yang satu ini memiliki keutamaan yang masya Allah banyaknya.

Oleh karena itu, banyak orang yang mengerjakan ibadah sholat ini secara rutin, selain untuk mendapatkan keberkahan dalam hidupnya juga agar lebih dekat kepada Sang Pencipta, yaitu Allah SWT.

Sholat tahajud ini juga merupakan salah satu ibadah sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Lalu tahukah kamu bagaimana dengan doa yang dibaca ketika selesai melaksanakan ibadah sholat tahajud?

Artikel kali ini akan membahas mengenai doa setelah melaksanakan ibadah sholat tahajud. Artikel kali ini dilengkapi juga dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. So, simak terus artikel kali ini ya.

Sholat tahajud merupakan ibadah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Sebelum melaksanakan ibadah sholat tahajud, kita harus mengetahui terlebih dahulu bagaimana tata cara pelaksanaan dari ibadah sholat tahajud.

Kemudian setelah itu, janganlah lupa untuk berdoa. Sholat sunnah tahajud merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Bahkan Beliau tidak pernah meninggalkan ibadah sholat sunnah ini.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ

Artinya: “Kerjakanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang – orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Tuhan kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa.” (HR. Tirmidzi)

Ibadah sholat tahajud juga diperintahkan untuk dikerjakan oleh Allah SWT., seperti yang tertuang dalam salah satu ayat suci Al Quran. Allah SWT. berfirman,

وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا

Artinya: “Dan pada sebagian malam hari, kerjakanlah sholat tahajud sebagai suatu ibadah tambahan untukmu, mudah – mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al Isra’ ayat 79)

Dengan melaksanakan sholat tahajud, kita memperoleh banyak keutamaan. Tetapi untuk melengkapi ibadah sholat tahajud tersebut ditambahkan pula dengan membaca doa setelah melaksanakannya.

Adapun doa yang dibaca setelah menyelesaikan sholat tahajud yaitu:

Doa Setelah Sholat Tahajud

Bacaan Arab Doa Setelah Sholat Tahajud

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ
اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Bacaan Latin Doa Setelah Sholat Tahajud

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta maalikus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu antal haqqu wa wa’dukal haqqu wa liqaa uka haqqu wa qauluka haqqun wal jannatu haqqun wannaaru haqqun wan nabiyyuuna haqqun Muhammadun shallallaahu ‘alaihi wa sallama haqqun was saa’atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika amantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qaddamtu wa maa akh khartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii, antal muqaddimu wa antal muakh khiru laa ilaha illaa anta, wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Setelah Sholat Tahajud

“Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi, serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua mahkluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar, dan Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah benar, serta hari kiamat adalah benar.

Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertaubat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa – dosaku yang telah lalu dan yang kemudian, serta apa yang aku sembunyikan dan yang aku lakukan dengan terang – terangan, dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tidak ada Tuhan selain Engkau, dan tidak ada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Doa tersebut dapat diamalkan ketika selesai melaksanakan sholat tahajud. Dapat juga ditambahkan dengan membaca dzikir dan memohon kepada Allah SWT. atas ampunan serta keinginan kita yang lain.

Kerjakanlah ibadah sholat tahajud secara ikhlas dan beristiqomahlah dalam mengerjakannya. Semoga kita selalu mendapatkan kebaikan dalam mengerjakan ibadah – ibadah yang Allah SWT. perintahkan.

Salah satu keutamaan dari sholat malam yaitu dikabulkannya permintaan yang dipinta oleh umat Nya yang melaksanakan ibadah sholat tahajud.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ

Artinya: “Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang apabila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam.” (HR. Muslim)

Baca Juga:

Demikianlah artikel kali ini yang membahas mengenai doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat tahajud disertai dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read