Doa Setelah Wudhu Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Doa Setelah Wudhu

Doa Setelah Wudhu Lengkap dengan Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Wudhu merupakan dasar dari semua kegiatan kita dalam beribadah kepada Allah SWT. Karena beribadah kepada Allah SWT. harus dalam keadaan yang bersih dan terbebas dari najis dan kotoran.

Oleh karena itu, berwudhu merupakan hal yang utama dan penting untuk dilakukan. Berwudhu juga dapat melindungi kita dari godaan setan – setan dan menjadikannya sebuah perisai untuk kita.

Apakah kamu tahu setelah berwudhu terdapat doa yang kita ucapkan? Apakah doa tersebut bisa menjadi penyempurna dari wudhu kita?

Nah artikel kali ini akan membahas mengenai penyempurna dari wudhu kita yaitu doa setelah wudhu yang dapat kita baca ya. Artikel kali ini akan disertai dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya. Simak terus ya.

Berwudhu merupakan salah satu cara menyucikan diri dengan air. Wudhu dilakukan sebelum kita melaksanakan ibadah baik itu sholat atau pun mengaji.

Perintah Allah SWT. mengenai kewajiban wudhu sebelum beribadah tertuang dalam ayat suci Al Quran yaitu pada surat Al Maidah. Allah SWT. berfirman,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلَاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْنِ ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ جُنُبًا فَاطَّهَّرُوا ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Artinya: “Wahai orang – orang yang beriman, jika kamu akan melaksanakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak memperoleh air, maka bertayammumlah dengan debu yang baik (bersih), usaplah mukamu dan tanganmu dengan debu itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.” (QS Al Maidah ayat 6)

Berdasarkan ayat tersebut, wudhu merupakan hal utama yang diutamakan sebelum melaksanakan ibadah. Jika ingin ibadah kita sah, maka lakukanlah wudhu dengan baik dan sempurna.

Wudhu memiliki tata cara pelaksanaannya. Sehabis melaksanakan wudhu kita dapat berdoa agar wudhu kita lebih sempurna.

Nabi Muhammad SAW. mencontohkan doa yang dapat dibaca ketika kita selesai melaksanakan wudhu.

Umar bin Khatab Radhiyallahu ‘anhu pernah berkata bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَنْ تَوَضَّأَ فَأَحْسَنَ الْوُضُوءَ ثُمَّ قَالَ: أَشْهَدُ أَنْ لاَ اِلٰهَ إِلاَّ اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اللَّهُمَّ اجْعَلْنِى مِنَ التَّوَّابِينَ وَاجْعَلْنِى مِنَ الْمُتَطَهِّرِينَ، فُتِحَتْ لَهُ ثَمَانِيَةُ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ يَدْخُلُ مِنْ أَيِّهَا شَاءَ

Artinya: “Barang siapa yang berwudhu dengan menyempurnakan wudhunya kemudian ia mengucapkan:

“Asyhadu allaa ilaaha illallaah wahdahu laa syariikalah wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rasuluh, allahummaj ’alnii minat tawwaabiina waj ’alnii minal mutathahhiriin” (artinya: aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan kecuali Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang – orang yang bertaubat dan jadikanlah aku pula sebagai orang – orang yang menyucikan diri),

dengan ia membacanya melainkan akan dibukakan baginya delapan pintu surga, ia dapat masuk melalui pintu mana saja yang ia kehendaki.” (HR. At Tirmidzi)

Selain itu pada hadits lain pun disebutkan bawa terdapat doa lainnya yang dapat dibaca ketika selesai melaksanakan wudhu. Adapun doa setelah wudhu yang dimaksud yaitu:

سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَـهَ إِلاَّ أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Subhaanakal lahumma wa bihamdika, asyhadu allaa ilaha illaa anta, astaghfiruka wa atuubu ilaik.

Artinya: “Maha Suci Engkau, ya Allah dengan memuji-Mu, aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, aku memohon ampunan kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu.” (HR. An Nasa’i)

Pada umumnya kita membaca doa setelah wudhu yang lebih lengkap. Adapun berikut ini merupakan doa setelah wudhu:

Doa Setelah Wudhu

Bacaan Arab Doa Setelah Wudhu

اَشْهَدُاَنْ لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ. وَاَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًاعَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. اَللّٰهُمَّ اجْعَلْنِىْ مِنَاالتَّوَّابِيْنَ، وَجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ، وَجْعَلْنِىْ مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ

Bacaan Latin Doa Setelah Wudhu

Asyhadu allaa ilaaha illallahu, wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Muhammadan ’abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj ‘alnii minat tawwaabinna, waj ‘alnii minal mutathahiirina, waj ‘alnii min ‘ibaadikash shaalihiin.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Setelah Wudhu

“Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah Yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah hamba dan utusan Allah. Ya Allah, jadikanlah aku dari golongan orang – orang yang bertaubat, dan jadikanlah aku dari golongan orang – orang yang menyucikan diri, dan jadikanlah aku bagian dari golongan hamba – hamba-Mu yang sholeh.”

Baca Juga:

Demikianlah penjelasan artikel kali ini yang membahas tentang doa yang dapat dibaca setelah selesai melakukan wudhu yang dilengkapi dengan bacaan Arab, Latin, dan artinya menggunakan bahasa Indonesia. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda sekalian dan dapat diamalkan di setiap waktunya. Terima kasih.