Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

3 min read

Doa Sholat Tahiyatul Masjid

Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid Lengkap Bacaan Arab, Latin, dan Arti – Selain melaksanakan ibadah sholat wajib, umat Muslim juga melaksanakan ibadah sunnah. Salah satunya yaitu melaksanakan sholat sunnah. Islam mengajarkan perihal ibadah sunnah seperti sholat sunnah. Sholat sunnah tentunya bermacam-macam. Tidak hanya satu jenis sholat sunnah saja. Sholat sunnah yang dapat dikerjakan umat Islam tentunya banyak, seperti sholat Tahajud, sholat Dhuha, sholat Istikharah, sholat tahiyatul masjid, dan masih banyak sholat sunnah lainnya.

Sholat berjamaah di masjid tentunya akan mendatangkan banyak keutamaan yang diberikan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala. Tidak hanya laki-laki, perempuan pun dapat melakukan sholat di masjid. Sebelum melaksanakan sholat fardhu, umat Islam juga dapat melaksanakan sholat sunnah yaitu sholat sunnah tahiyatul masjid. Tahukah kamu doa setelah sholat tahiyatul masjid?

Masjid
Masjid

Artikel berdoa kali ini akan membahas mengenai doa setelah sholat tahiyatul masjid lengkap dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Simak terus ya.

Sholat Tahiyatul Masjid

Ketika seseorang memasuki masjid, akan ada pahala yang mengikuti kita selama berada di masjid. Karena masjid merupakan rumah Allah Subhanahu wa ta’ala. Setelah kamu masuk masjid, jangan duduk terlebih dahulu. Kerjakanlah sholat tahiyatul masjid. Sebagaimana yang telah disampaikan pada sebuah hadits berikut ini,

قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: اِذَادَخَلَ اَحَدُكُمُ الْمَسْجِدَ فَلَا يَجْلِسَ حَتّٰى يُصَلِّى رَكْعَتَيْنَ

Artinya: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu masuk masjid, janganlah langsung duduk sebelum sholat dua rakaat (sholat Tahiyatul Masjid).”” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Sholat tahiyatul masjid merupakan sholat sunnah yang dikerjakan sebanyak dua rakaat saat masuk masjid sebelum duduk. Sholat ini dilakukan sebelum melaksanakan sholat wajib.

Bacaan Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

Berikut ini merupakan doa yang dapat diamalkan setelah melaksanakan sholat tahiyatul masjid,

Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid
Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

Bacaan Arab Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

اَللَّهُمَّ افْتَحْ عَلَيْنَا حِكْمَتَكَ وَانْشُرْ عَلَيْنَا مِنْ خَزَائِنِ رَحْمَتِكَ يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allaahummaftah ‘alainaa hikmataka wansyur ‘alainaa min khazaa ini rahmatika yaa arhamar raahimiin.
Artinya: “Ya Allah, anugerahilah kami hikmah dari-Mu, dan curahan rahmat-Mu, wahai Dzat yang Maha Pengasih, Maha Penyayang.”

Bacaan Latin Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

Terjemahan Arti Doa Setelah Sholat Tahiyatul Masjid

Keutamaan Sholat Tahiyatul Masjid

Pelengkap dari sholat fardhu yaitu sholat sunnah. Melaksanakan sholat sunnah tahiyatul masjid bisa jadi sebagai penghormatan kita terhadap Allah Subhanahu wa ta’ala karena telah masuk dalam rumah-Nya yaitu masjid. Selain itu juga, sholat sunnah tersebut sebagai pelengkap dari sholat fardhu kita.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ النَّاسُ بِهِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ أَعْمَالِهِمُ الصَّلاَةُ قَالَ يَقُولُ رَبُّنَا جَلَّ وَعَزَّ لِمَلاَئِكَتِهِ وَهُوَ أَعْلَمُ انْظُرُوا فِى صَلاَةِ عَبْدِى أَتَمَّهَا أَمْ نَقَصَهَا فَإِنْ كَانَتْ تَامَّةً كُتِبَتْ لَهُ تَامَّةً وَإِنْ كَانَ انْتَقَصَ مِنْهَا شَيْئًا قَالَ انْظُرُوا هَلْ لِعَبْدِى مِنْ تَطَوُّعٍ فَإِنْ كَانَ لَهُ تَطَوُّعٌ قَالَ أَتِمُّوا لِعَبْدِى فَرِيضَتَهُ مِنْ تَطَوُّعِهِ ثُمَّ تُؤْخَذُ الأَعْمَالُ عَلَى ذَاكُمْ

Artinya: “Sesungguhnya amalan yang pertama kali akan diperhitungkan dari manusia di hari kiamat nanti dari amalan-amalan mereka adalah sholat. Kemudian Allah Ta’ala mengatakan kepada malaikat-Nya dan Dia lebih mengetahui segala sesuatu, “Lihatlah kalian pada sholat hamba-Ku, apakah sholatnya sempurna ataukah memiliki kekurangan? Apabila sholatnya sempurna, maka akan dicatat baginya pahala yang sempurna. Namun, apabila dalam sholatnya terdapat sedikit kekurangan, maka Allah berfirman, “Lihatlah kalian, apakah hamba-Ku memiliki amalan sholat sunnah? Apabila dia memiliki sholat sunnah, maka sempurnakanlah pahala bagi hamba-Ku dikarenakan sholat sunnah yang ia kerjakan. Kemudian amalan-amalan lainnya akan diperlakukan sama seperti itu.” (HR. Abu Daud, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Berdasarkan hasits tersebut, sholat sunnah memiliki kedudukan yang dapat melengkapi sholat wajib. Dengan begitu, sholat kita menjadi lebih sempurna. Tidak ada satu manusia pun yang akan mengetahui apakah sholat yang telah ia lakukan akan diterima oleh Allah Subhanahu wa ta’ala.

Sedangkan sholat merupakan ibadah wajib dan yang utama yang akan di hisab di akhirat kelak.

Oleh karena itu, kerjakanlah sholat sunnah sebagai pelengkap dari sholat wajib.

Hikmah Sholat Tahiyatul Masjid

Setiap perbuatan yang dilakukan manusia pasti memiliki hikmah dibaliknya. Allah Subhanahu wa ta’ala memerintahkan hamba-Nya dalam beribadah pun semua dilakukan demi kebaikan hamba-Nya kelak di akhirat. Selain itu, Nabi Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga menganjurkan kepada umatnya untuk melaksanakan apa yang telah diajarkannya.

Seperti melaksanakan ibadah sholat tahiyatul masjid diharapkan mendapatkan keberkahan dalam hidupnya. Sholat pun semakin khusyuk. Melaksanakan ibadah sunnah ketika di masjid tidak hanya mendatangkan pahala bagi yang mengerjakannya, juga dapat memberikan kebaikan pada orang sekitarnya.

Dilindungi dari mara bahaya dan juga hal-hal buruk yang dapat menimpa. Percaya dan yakin kepada Allah subhanahu wa ta’ala dalam beribadah. Ikhlas dan hanya mengharap ridho Allah Subhanahu wa ta’ala.

Dengan membiasakan diri melakukan ibadah yang sunnah tentunya membuat kita menjadi lebih baik lagi. Tidak akan malas atas gangguan setan. Melaksanakan segala perintah yang Allah Subhanahu wa ta’ala berikan baik itu ibadah wajib atau pun sunnah. Berharap memperoleh segala keberkahan dengan ikhlas dan tulus hanya untuk beriman dan taat kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Saran saat Berangkat ke Masjid

Hal yang sebaiknya dilakukan ketika akan melaksanakan sholat di masjid yaitu:

a. Sebaiknya sudah dalam keadaan suci ketika akan ke masjid.
b. Berwudhu terlebih dahulu.
c. Berdzikir selama perjalanan ke masjid.
d. Membaca doa masuk masjid sebelum masuk.
e. Jangan duduk, kerjakan sholat tahiyatul masjid.
f. Jika masih ada waktu sebelum melaksanakan sholat fardhu, sebaiknya melaksanakan sholat Rawatib.

Bagaimana? Bukankah Allah Subhanahu wa ta’ala Maha Berkuasa atas Segala Sesuatu. Dengan melakukan sholat di masjid, kita akan memperoleh banyak amal ibadah dan pahala yang besar. Sungguh besar karunia dan nikmat yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala berikan kepada hamba-Nya.

Baca Juga:

Demikianlah artikel mengenai doa setelah sholat tahiyatul masjid yang dilengkapi dengan bacaan Arab, latin, dan artinya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda sekalian. Terima kasih.