Doa Sore Hari

2 min read

Doa Sore Hari

Doa Sore Hari – Berikut ini adalah materi tentang doa ketika sore hari, bacaan arab, latin dan artinya serta penjelasan yang lengkap.

Sore hari merupakan waktu setelah masuknya waktu ashar sampai dengan masuknya waktu Maghrib. Waktu Maghrib ditandai oleh matahari terbenam di ufuk barat.

Waktu sore hari adalah waktu penghubung atau waktu peralihan antara siang dan malam. Beralih di antara waktu terang dan gelap. Intinya, sore hari merupakan waktu akhir dari berbagai rutinitas atau kegiatan yang dilakukan orang untuk mencari nafkah.

Karena itu, Rasulullah menasehati umatnya untuk bersyukur atas berkah Allah atas semua kegiatan yang telah dilakukannya dari pagi hari hingga siang hari. Sore hari atau waktu petang merupakan waktu yang tepat untuk memanjatkan doa sebagai rasa bersyukur kepada Allah.

Doa Ketika Sore Hari

Sesuai dengan ajaran Nabi Saw, ada banyak dzikir dan doa yang dianjurkan untuk dibaca pada sore hari.

Doa dan dzikir ketika sore hari adalah sebagai berikut:

  1. Baca Ayat Kursi (1x)
  2. Membaca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas (3x)
  3. Pembacaan Sore Hari (1x)
  4. Membaca Doa Syukur (1x)
  5. Baca Doa Kesaksian (4x)
  6. Membaca Doa Kerelaan (3x)
  7. Berdoa untuk memohon perlindungan dari keburukan dan bencana (3x)
  8. Baca doa dan minta ampun kepada Allah (1x)

Baca ulasan untuk setiap bacaan doa ketika sore hari atau doa petang dalam bahasa Arab, bacaan Latin dan artinya di bawah ini.

Bacalah Ayat Kursi

Ayat kursi merupakan salah satu ayat dalam Al-Quran yang memiliki manfaat luar biasa. Ayat kursi tersebut terkandung dalam Al Quran Yakni dalam surat Al Baqarah ayat 255.

Barang siapa yang membaca ayat kursi di sore atau malam hari maka mereka akan dilindungi oleh Allah sampai pagi. Dan barang siapa yang membaca ayat kursi di pagi hari maka akan dilindungi sampai petang.

Baca Surat Al Ikhlas, Al Falaq, An Naas

Doa ketika sore hari selanjutnya membaca surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas dan masing-masing dibaca sebanyak tiga kali.

Bacaan Doa

Bacaan doa sore ini merupakan doa untuk meminta pengampunan dari Allah karena semua berkah datang dari Allah dan akan kembali kepada-Nya.

Bacaan doa sore hari bahasa arab

doa sore hari bahasa arab

Bacaan Latinnya :
“Allahumma Bika Amsaynaa Wa Bika Ash-bahnaa Wa Bika Nahyaa Wa Bika Namuutu Wa Ilaikal Mashiir.”

Artinya :
“Ya allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami masuk di waktu petang, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami masuk di pagi hari. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup dan dengan kehendak-Mu kami akan mati. Dan hanya kepada-Mu tempat kami kembali.”

Baca Doa Syukur

Bacaan Doa Syukur

Syukurilah apa pun yang terjadi hari ini. Dalam keadaan apapun, lihat sisi baik dan positifnya. Bersyukurlah bahwa Anda masih bisa bernafas sementara banyak orang yang untuk bernafas saja masih membutuhkan bantuan.

Membaca Doa Kesaksian

Menegaskan kembali komitmen terhadap iman dan keikhlasan tauhid kita dengan mengungkapkan bacaan doa kesaksian kepada Allah.
Bacaan doa kesaksian

Membaca Doa Kesaksian Sore Hari
Membaca Doa Kesaksian Sore Hari

Baca Doa Kerelaan

Ketika sore hari tiba, kita juga harus menegaskan kembali bahwa kita benar-benar ikhlas bahwa Allah menjadi Rabb kita, Islam menjadi agama kita, dan Muhammad menjadi nabi kita.

Itulah mengapa Anda mengucapkan doa kerelaan di bawah ini sebagai salah satu doa ketika sore ini dengan penuh ketulusan.

Bacaan Doa Arab

Bacaan Doa Arab Sore Hari

Ucapkan Doa untuk Perlindungan dari Kejahatan dan Bencana

Berlindunglah kepada Allah dari kejahatan dari setiap makhluk-Nya, sehingga kita selalu berada di bawah perlindungan dan pemeliharaan-Nya dari sore hingga pagi.

Baca Doa dan Mohon Ampun Kepada Allah

Nabi Saw mengajarkan bahwa kita berdoa dengan doa yang dia pernah ajarkan kepada Sayyidah Umum Salamah Ra.

Baca Juga :

Demikian pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Sore Hari. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semua.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read