Doa dan Niat Sujud Tilawah : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya

2 min read

Doa Sujud Tilawah

Doa dan Niat Sujud Tilawah : Bacaan Arab, Latin, dan Artinya – Bersujud kepada Allah Subhanahu wa ta’ala juga berarti tunduk dan patuh atas segala perintah dan larangan-Nya. Bersujud kepada Allah Subhanahu wa ta’ala memohon ampunan-Nya.

Dalam Al Quran terdiri dari kalimat sajdah. Tahukah kamu apa itu kalimat sajdah? Bagaimana dengan doa sujud tilawah? Tahukah kamu apakah saat melakukan sujud tilawah dilakukan dengan berniat?

Ulasan kali ini akan membahas mengenai ayat sajdah dan apa kaitannya dengan sujud tilawah, serta doa sujud tilawah. Simak terus ya.

Sujud Tilawah

Sujud merupakan salah satu dari rukun sholat. Sujud merupakan tindakan patuh atau kesungguhan kita.

Sujud juga dilakukan ketika kita benar – benar memohon kepada Allah Subhanahu wa ta’ala dan juga sebagai rasa syukur kita. Kita tidak boleh bersujud kepada manusia. Karena dihadapan Allah Subhanahu wa ta’ala, semua manusia sama. Hanya Allah Subhanahu wa ta’ala yang berhak dipuja.

Perintah Allah Subhanahu wa ta’ala perihal untuk bersujud tertera dalam AL Quran yaitu pada surat Al Hajj ayat 77, yang berbunyi,

يَا أَيُّهَا الَّذِيْنَ آمَنُوا ارْكَعُوْا وَاسْجُدُوْا وَاعْبُدُوْا رَبَّكُمْ وَافْعَلُوا الْخَيْرَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُوْنَ

Artinya: “Hai orang – orang yang beriman, rukuklah kamu, sujudlah kamu, sembahlah Tuhanmu, dan berbuatlah kebajikan, supaya kamu mendapat kemenangan.” (QS. Al Hajj ayat 77)

Pada ayat lain dalam Al Quran pun dikatakan bahwa iblis tidak mau bersujud kepada Nabi Adam ‘alaihi sallam dan termasuk ke dalam golongan orang – orang yang kafir. Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,

وَإِذْ قُلْنَا لِلْمَلَائِكَةِ اسْجُدُوْا لِآدَمَ فَسَجَدُوْا إِلَّا إِبْلِيْسَ أَبَىٰ وَاسْتَكْبَرَ وَكَانَ مِنَ الْكَافِرِيْنَ

Artinya: “Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat: “Sujudlah kamu kepada Adam,” maka sujudlah mereka kecuali Iblis, ia enggan dan takabur dan adalah ia termasuk golongan orang – orang yang kafir.” (QS. Al Baqarah ayat 34)

Sujud terdiri dari beberapa macam yaitu:

a. sujud dalam sholat
b. sujud syukur
c. sujud sahwi
d. sujud Tilawah

Saat seseorang membaca atau mendengar potongan kalimat dari salah satu ayat dalam surat di Al Quran yang termasuk ke dalam ayat sajdah, maka lakukanlah sujud. Sujud ini dinamakan dengan Sujud Tilawah.

Sujud tilawah dapat dilakukan tidak hanya saat sholat tetapi saat tidak sholat juga.

Sebagaimana yang telah Allah Subhanahu wa ta’ala firmankan,

أُولٰٓئِكَ الَّذِيْنَ أَنْعَمَ اللهُ عَلَيْهِمْ مِنَ النَّبِیّٖنَ مِنْ ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوْحٍ وَمِنْ ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيْمَ وَإِسْرَائِيْلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا ۚ إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمٰنِ خَرُّوْا سُجَّدًا وَبُكِيًّا

Artinya: “Mereka itu adalah orang – orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu dari para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang – orang yang Kami bawa (dalam kapal) bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang – orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat – ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka tunduk dengan bersujud dan menangis.” (QS. Maryam ayat 58)

Doa Sujud Tilawah

Adapun berikut ini merupakan doa sujud tilawah yang dapat dipanjatkan, yaitu:

Bacaan Doa Sujud Tilawah

Bacaan Arab Doa Sujud Tilawah

3x سُبْحَانَ رَبِّيَ اْلاَعْلَى

سَجَدَ وَجْهِي لِلَّذِي خَلَقَهُ وَصَوَّرَهُ، وَشَقَّ سَمْعَهُ وَبَصَرَهُ، بِحَوْلِهِ وَقُوَّتِه. اللَّهُمَّ اكْتُبْ لِي بِهَا عِنْدَكَ أَجْرًا، وَاجْعَلْهَا لِي عِنْدَكَ ذُخْرًا، وَضَعْ عَنِّي بِهَا وِزْرًا، وَاقْبَلْهَا مِنِّي، كَمَا قَبِلْتَهَا مِنْ عَبْدِكَ دَاوُدَ عَلَيْهِ السَّلَامُ

Bacaan Arab Doa Sujud Tilawah

Subhaana rabbiyal a’laa. (Dibaca tiga kali)

Sajada wajhii lilladzii khalaqahu wa shawwarah, wa syaqqa sam’ahu wa basharah, bi hawlihi wa quwwatih. Allahummaktub lii bihaa ‘indaka ajraa, waj’alhaa lii ‘indaka dzukhraaa, wadha’ ‘annii bihaa wizraa, waqbalhaa minnii, kamaa qabiltahaa min ‘abdika daawuda ‘alihis salaam.

Terjemahan Arti Bacaan Doa Sujud Tilawah

“Maha Suci Allah Yang Maha Tinggi.

Wajahku bersujud kepada Zat yang menciptakan, yang telah membentuknya dan Zat yang membentuk (memberi) pendengaran dan penglihatannya, dengan daya dan kekuatan-Nya. Ya Allah, tetapkanlah pahala untukku di sisi-Mu dengan sujud ini, jadikanlah sujud ini sebagai tabunganku di sisi-Mu, gugurkanlah dosa – dosaku melalui sujud ini, terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Nabi Daud ‘alaihi salam.”

Niat Sujud Tilawah

Adapun niat ketika akan sujud tilawah yaitu sebagai berikut:

Bacaan Arab Niat Sujud Tilawah

نَوَيْتُ سُجُوْدَ التِّلاَوَةِ سُنَّةً ِلله تَعَالَ

Bacaan Latin Niat Sujud Tilawah

Nawaitu sujuudat tilaawati sunnattan lillaahi ta’aala.

Terjemahan Arti Bacaan Niat Sujud Tilawah

“Aku melakukan sujud tilawah sunnah karena Allah Ta’ala.”

Hukum Sujud Tilawah

Hukum melaksanakan sujud tilawah yaitu sunnah. Jika tidak mengerjakan sujud tilawah maka tidak akan berdosa.

Dari Zaid bin Tsabit Radhiyallahu ‘anhu mengatakan bahwa,

قَرَأْتُ عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَالنَّجْمِ فَلَمْ يَسْجُدْ فِيْهَا

Artinya: “Aku pernah membaca surat An Najm kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan Beliau tidak melakukan sujud tilawah.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Apabila mendengar atau membaca ayat sajdah maka dianjurkan untuk bersujud kepada Allah Subhanahu wa ta’ala.

Jenis Sujud Tilawah

Sujud tilawah terdiri dari dua jenis yaitu sebagai berikut:

a. Sujud tilawah yang dikerjakan saat sholat

Ketika sedang melaksanakan sholat dan mendengar ayat sajdah, maka disunnahkan untuk melaksanakan sujud tilawah. Bagaimana caranya?

Sujud tilawah dikerjakan dengan mengucapkan takbir dan dilanjutkan dengan gerakan sujud dan membaca doa sujud tilawah. Sujud ini dilakukan sekali.

Perlu diingat! Jika mengerjakan sholat secara berjamaah tetap harus mengikuti imam.

b. Sujud tilawah yang dikerjakan di luar sholat

Saat tidak melaksanakan sholat tetapi mendengar dan membaca ayat sajdah, maka lakukanlah sujud tilawah. Sujud tilawah dilakukan dengan takbir terlebih dahulu seperti gerakan takbiratul ikhram dan dilanjutkan dengan gerakan sujud dan membaca doa sujud tilawah.

Kerjakanlah sujud tilawah ketika kamu mendengar atau membaca ayat sajdah. Semoga apa yang kamu lakukan mendapatkan pahala yang berlimpah dan semakin meningkatkan iman dan takwa.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan mengenai doa sujud tilawahdengan bacaan Arab, Latin, dan artinya yang telah dijelaskan beserta niat, hukum, jenis, hingga pentingnya sujud tilawah. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

Waktu Mustajab dalam Berdoa

_pur
3 min read

Doa Belajar

Doa ibu
2 min read

Adab Mandi Wajib

Mandi wajib diartikan dengan cara menyiramkan air ke seluruh bagian tubuh dengan tata cara tertentu untuk menghilangkan hadas besar.
_pur
3 min read