Doa Tahajud Sesuai Sunnah

3 min read

Doa Tahajud Sesuai Sunnah

Doa Tahajud Sesuai Sunnah – Sholat tahajud merupakan sholat sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Keutamaan sholat tahajud yang begitu banyak membuat umat Muslim berlomba-lomba mengerjakannya.

Bahkan Nabi Muhammad SAW. menganjurkan untuk melaksanakan sholat tahajud setiap malam. Oleh karena itu, penting juga untuk mengetahui doa dan dzikir yang dibaca sesudah melaksanakan sholat tersebut agar doa lebih mustajab dan dikabulkan oleh Allah SWT.

Berikut ini akan dijabarkan mengenai doa dan dzikir yang dibaca sesudah sholat tahajud. Simak dengan baik yaa… Untuk lebih mengetahui tentang sholat tahajud bisa juga membaca artikel sebelumnya mengenai sholat tahajud dan doa sholat tahajud dengan doa yang pendek.

Berdoa adalah cara untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT., karena Allah adalah tempat meminta. Dengan sholat tahajud yang memiliki banyak keutamaan dapat membantu untuk lebih dekat dengan Allah SWT. dan melakukan amalan yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut ini merupakan amalan berdasarkan sunnah setelah sholat tahajud, yaitu:

  1. Membaca doa sesudah sholat tahajud
  2. Membaca istighfar
  3. Membaca sayyidul istighfar
  4. Membaca tasbih
  5. Membaca tahmid
  6. Membaca takbir
  7. Membaca tahlil
  8. Membaca sholawat Nabi Muhammad SAW.
  9. Membaca surat Al Ikhlas, surat Al Falaq, dan surat An Nas
  10. Membaca surat Al Fatihah

Doa dan Dzikir Tahajud Sesuai Sunnah

Sesudah melaksanakan sholat tahajud sebaiknya kita membaca dzikir dan doa sebagai berikut:

Doa sesudah sholat tahajud

اَللّٰهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ قَيِّمُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ مَالِكُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَاْلاَرْضِ وَمَنْ فِيْهِنَّ، وَلَكَ الْحَمْدُ اَنْتَ الْحَقُّ وَوَعْدُكَ الْحَقُّ وَلِقَاءُكَ حَقٌّ وَقَوْلُكَ حَقٌّ وَالْجَنَّةُ حَقٌّ وَالنَّارُ حَقٌّ وَالنَّبِيُّوْنَ حَقٌّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَقٌّ وَالسَّاعَةُ حَقٌّ

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.

Artinya: “Ya Allah bagi-Mu-lah segala puji, Engkaulah yang mengurus langit dan bumi serta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Raja langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau cahaya langit dan bumi beserta semua makhluk yang ada pada keduanya. Dan bagi-Mu segala puji, Engkau Maha benar, janji-Mu adalah benar, pertemuan dengan-Mu adalah benar, ucapan-Mu adalah benar, surga adalah benar, neraka adalah benar, para nabi adalah benar dan Nabi Muhammad SAW. adalah benar, serta hari kiamat adalah benar.”

اَللّٰهُمَّ لَكَ اَسْلَمْتُ وَبِكَ اَمَنْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلْتُ وَاِلَيْكَ اَنَبْتُ وَبِكَ خَاصَمْتُ وَاِلَيْكَ حَاكَمْتُ فَاغْفِرْلِيْ مَاقَدَّمْتُ وَمَا اَخَّرْتُ وَمَا اَسْرَرْتُ وَمَا اَعْلَنْتُ وَمَا اَنْتَ اَعْلَمُ بِهِ مِنِّيْ، اَنْتَ الْمُقَدِّمُ وَاَنْتَ الْمُؤَخِّرُ لاَاِلَهَ اِلاَّ اَنْتَ، وَلاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ اِلاَّ بِاللهِ

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.

Artinya: “Ya Allah hanya kepada-Mu aku berserah diri, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku bertawakal, hanya kepada-Mu aku kembali (bertobat), kepada-Mu aku mengadu, dan kepada-Mu aku meminta keputusan, maka ampunilah dosa-dosaku yang telah lampau dan yang kemudian, serta apa yang kusembunyikan dan yang kulakukan dengan terang-terangan dan apa yang lebih Engkau ketahui dariku, Engkau yang mendahulukan dan yang mengakhirkan, tidak ada Tuhan selain Engkau, dan tidak ada daya (untuk menghindar dari kemaksiatan) dan tidak ada kekuatan (untuk melakukan ibadah) kecuali dengan pertolongan Allah.”

Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْهِ

Astaghfirullaahal ‘azhiim alladzii laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyuum wa atuubu ilaih.

Artinya: “Aku meminta ampunan kepada Allah Yang Maha Agung, tidak ada tuhan selain Dia Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri dan aku bertobat kepada Allah.

Istighfar tersebut dibaca sebanyak 33 kali, jika tidak malas bisa sampai 100 kali.

Sayyidul istighfar

اللَّهُمَّ أَنْتَ رَبِّي لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وَأَنَا عَبْدُكَ وَأَنَا عَلَى عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ مَااسْتَطَعْتُ أَعُوْذُُ بِكَ مِنْ شَرِّ مَا صَنَعْتُ أَبُوْءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبُوْءُ بِذَنْبِي فَاغْفِرْلِي فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ إِلاَّ أَنْت

Allahumma anta rabbi, laa ilaaha illa anta, kholaqtani wa ana abduka, wa ana ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu, audzubika min syarri maa shana’tu, abu’u laka bi ni’matiKa ‘alaiyya wa abu’u laka bidzanbi faghfirlii fainnahu laa yaghfiru dzunuuba illa anta.

Artinya: “Ya Allah, Engkaulah Rabbku, tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau, Engkaulah Yang menciptakan aku, dan aku adalah hamba-Mu, aku berada di atas ikatan dan janji-Mu selama aku mampu, aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan yang aku perbuat, aku mengakui kepada-Mu atas nikmat-Mu kepadaku, dan aku juga mengakui kepada-Mu dosa-dosaku, maka ampunilah aku karena sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau.”

Tasbih

سُبْحَانَ اللهِ

Subhaanallaah

Artinya“Maha Suci Allah.”

Tahmid

الْحَمْدُلِلهِ

Alhamdulillaah

Artinya“Segala Puji Bagi Allah.”

Takbir

اللهُ اَكْبَرُ

Allaahuakbar

Artinya“Allah Maha Besar.”

Tahlil

لَااِلٰهَ اِلَّا اللهُ

Laa ilaaha illallaah

Artinya“Tidak ada tuhan selain Allah.”

Sholawat Nabi

اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma shalli ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘ala aali sayidina muhammadin.

Artinya: “Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan kepada keluarganya.”

Surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas

Surat al-ikhlas
Surat al-falaq
Surat an-nas

Surat Al Fatihah

بِسْمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ . الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ . الرَّحْمَٰنِ الرَّحِيم . مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ . إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ . اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ . صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ

Bismillahir rahmaa nirrahiim. Alhamdu lilla hi rabbil ‘alamin. Ar rahmaa nirrahiim. Maaliki yaumiddiin. Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin. Ihdinash shirraatal musthaqiim. Shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghduubi ‘alaihim waladh dhaalliin.

Artinya:Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam, Yang Maha Pengasih, Lagi Maha Penyayang, Pemilik hari pembalasan. Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami memohon pertolongan. Tunjukkanlah kami jalan yang lurus, (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepadanya, bukan (jalan) mereka yang dimurkai, dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat. Semoga Allah memperkenankan.”

Baca Juga:

Demikianlah doa dan dzikir sesudah sholat tahajud. Semoga doa tahajud sesuai sunnah dapat diamalkan dan bermanfaat bagi kita semua.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *