Doa Tahlil

2 min read

Doa Tahlil

Berikut ini adalah materi tentang Doa Tahlil. Mulai dari Pengertian Tahlil, Doa Tahlil, Doa Sesudah Tahlil, serta Pengertian dan tata cara istighosah.

Tahlil atau Tahlilan merupakan acara dzikiran yang biasanya disertai oleh Yasinan (membaca surat Yasin) dan dilakukan oleh sebagian besar orang Indonesia yang berafiliasi dengan NU atau Nahdlatul Ulama.

Acara Tahlil biasanya berlangsung setiap hari Jumat. Jika seseorang meninggal, Tahlil dilakukan pada tujuh hari berturut-turut setelah hari pertama kematian;hari ke-empat puluh; pada hari ke seratus dan; pada hari ke seribu atau pada pengambilan acara tahunan dari kematian seseorang.

Tahlil tidak dilakukan oleh mereka yang berafiliasi dengan Muhammadiyah atau Wahabi Salafi, Kedua kelompok ini melihat acara Tahlil sebagai bid’ah.

Pengertian Tahlil

Tahlil secara estimologi atau pengertian secara bahasa ialah membaca kalimat la ilaha ill-Allah. Dalam istilah sosial-budaya, Tahlil di Indonesia adalah upacara sosial-keagamaan untuk memperingati dan berdoa untuk orang yang telah mati pada saat yang sama. Ini disebut sebagai acara sosial budaya karena Tahlil hanya diketahui dan dipraktikkan oleh beberapa Muslim Indonesia. Disebut sebagai acara keagamaan karena sebagian besar bacaan dalam Tahlil berasal dari Alquran dan Al Hadits.

Khusus Tasawul Al-Fatihah Tahlil

Acara Tahlil dimulai dengan pembacaan Tawasul ialah pembacaan Al Fatihah yang ditujukan pada para nabi, sahabat, para ulama dan roh orang telah mati, terutama pada arwah orang mereka yang diwakilitahlil.

Berikut ini adalah bacaan untuk tawasul :

اِلَى حَضْرَةِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيهِ وَسَلَّمَ وَاَلِهِ وصَحْبِهِ شَيْءٌ لِلهِ لَهُمُ الْفَاتِحَةُ

Bacaan Tahlil

Ada sedikit perbedaan antara wilayah dalam pembacaan rinci Tahlil, meskipun tidak secara prinsip. Bacaan berikut adalah standar umum untuk membaca Tahlil.

Berikut ini merupakan contoh bacaan tahli :

Bacaan Tahlil
Tahlil-3
Tahlil-4
Tahlil-5

Catatan: Surat Al-Ikhlas dibaca 3 kali. Sementara surat-surat dari Al Falaq dan An Nas keduanya dibaca satu kali.

Doa Sesudah Tahlil

Tawasul atau menyebutkan nama orang yang dimaksud dalam Tahlil juga di lakukan pada akhir Tahlil, yaitu pada saat doa. Berikut tata cara Tawasul ketika berdoa sesudah Tahlil dan Istighosah :

Tahlil-doa

Pengertian dan Makna Istighotsah

Itighotsah (istighasah) dalam bahasa Arab memiliki arti meminta pertolongan (bantuan). Istilah istighotsah berasal dari kata astagits dari pembacaan doa Ya Hayyu ya Qoyyum birohmatika astaghits, Artinya Wahai Dzat Yang Maha Hidup dan Maha Berdiri Sendiri, dengan rahmat-Mu aku mohon pertolongan-Mu.

Bacaan ketika dzikir istigotsah dalam tradisi masyarakat Islam Indonesia yang berafiliasi NU (Nahdatul Ulama) bukan Muhammadiyah atau Wahabi, sering dibaca bersama dengan Tahlil atau dibaca secara terpisah di dalam acara-acara riyadhoh atau wiritan yang dilakukan oleh pengikut tarekat (ejaan lain: Tarikat, Thoriqot) seperti Naqshabandiyah, Qodiriyah, Syadziliyah dan Tijaniyah dll. Dalam perkembangan selanjutnya, Istigotsah sering diadakan secara massal di lapangan terbuka di dalam acara acara keagamaan NU (Nahdlatul Ulama).

Tata Cara Istighosah

Istighotsah pada umumnya diimami oleh Murshid Tarekat atau ditunjuk atau dipimpin oleh Ulama/Kyai. Lafadz/dzikir berbunyi sebagai berikut:

  1. Istighfar : astagfirullahal adzim, yang bertujuan untuk memohon ampun kepada Allah
  2. Hauqolah : la haula wala quwwata illa billahil aliyyil adzim, meminta diberi kekuatan oleh Allah
  3. Sholawat atau doa untuk Nabi Muhammad dan keluarganya
  4. Lafadz tahlil panjang dengan kalimat “La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minadzolimin” sebagai konfirmasi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah dan bahwa hamba yang sedang berdoa telah melakukan tindakan oleh Dzolim.
  5. Puji nama-nama Allah dengan Lafadz: “Ya Allah, ya Qodim, ya Sami, ya Basir, ya Mubdi, ya Kholiq, ya Hafidz, ya Nasir, ya Wakjlu, ya Allah, ya Lathif.” atau membaca Asma Allah.
  6. Kemudian membaca bacaan istighotsah “Ya Hayyu ya Qoyyum birohmatika astaghits”

Baca Juga :

Demikian pembahasan kali ini, yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Tahlil. Semoga ulasan ini, dapat berguna dan bermanfaat abgi Anda semuanya.

Doa Iftitah

Doa ibu
2 min read

Doa Turun Hujan

Doa ibu
1 min read

Syair Abu Nawas

Doa ibu
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *