Doa Taubat Nasuha (Bacaan Niat, Arti, Keutamaan, dan Doa)

4 min read

Doa Taubat Nasuha

Doa Taubat Nasuha – Taubat merupakan salah satu bentuk penyesalan dan janji untuk tidak mengulangi semua perbuatan jahat yang dilarang Allah SWT.

Taubat yakni berasal dari bahasa Arab taba-yatibu-tawbat yang berarti penyesalan atau bertaubat. Bentuk taubat dalam ajaran Islam bervariasi sesuai dengan ukuran atau derajat kesalahannya.

Manfaat dalam melaksanakan taubat ini adalah bentuk penyesalan tertinggi dalam Islam yang disertai dengan permintaan maaf dan tak akan mengulangi adanya sebuah kesalahan yang dulu pernah di perbuat.

Cara sholat tersebut yakni bisa menjadi panduan jika seorang muslim ingin memperbaiki dengan cara yang menyenangkan Allah. Pertobatan pada dasarnya adalah tindakan yang tidak bisa dihindari. Karena itu, ketika Muslim melakukan dosa atau kejahatan, Allah SWT yakni telah memerintahkan mereka untuk bertobat.

Tidak ada yang bebas dari kesalahan atau dosa. Dosa kecil dan besar yang dilakukan oleh orang-orang terkadang mengarah pada pertobatan dan ingin segera disembuhkan. Untuk alasan ini, umat Islam memberikan saran untuk bertobat.

Dengan menggunakan suatu cara bertaubat adalah dengan sholat nasuha. Taubatan Nasuha atau yang disebut taubat nasuha sendiri adalah taubat nasuha atau taubat untuk menyucikan diri. Niat meminta maaf atas dosa dan kesalahan yang dilakukan oleh seorang pria muslim.

Alangkah diberkatinya tanggapan tulus dari umat Islam yang memiliki rasa sesal dan paling tinggi tidak akan terulang kembali. Karena itu, dia melakukan sholat nasuha untuk mencapai amalan yang tinggi di hadapan Allah. Penting bagi orang-orang untuk mengetahui bagaimana umat Islam berdoa dengan kebenaran yang tulus. Di bawah ini adalah rangkuman shalat nasuha disertai dengan niat membaca dan doa.

Taubat Nasuha

Sholat yang tulus, disebut juga doa mohon ampun, sholat adalah sunnah untuk memperoleh ampunan Tuhan, karena segala dosa dan kesalahan dilakukan oleh umat Islam. Ketika ada orang yang salat dengan tulus, umat Islam tidak bisa mengulangi dosa zina atau masa lalu mereka.

Doa-Taubat-Nasuhaa

Dasar hukum yang disarankan oleh latihan adalah doa yang tulus dalam Alquran di Surat At-Tahrim ayat 8, yaitu: Dia yang beriman bertaubat kepada Allah dengan taubat yang tulus (taubat mungkin). Semoga kelinci menyembunyikan kekuranganmu dan membawamu ke Jannah yang mengalir di bawah sungai.

Dia mencintai Muslim yang benar-benar bertobat dan menghindari kriminal dan tidak bermoral. Sebagaimana tidak diketahui dalam Al-Baqarah 2:22, ini berarti bahwa “Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.”

Niat sholat Taubat

Niat membaca merupakan salah satu pilar dalam melaksanakan segala aktivitas ibadah. Termasuk dalam kasus itu jika Anda ingin berdoa untuk pertobatan.

Membaca niat bertaubat merupakan salah satu sebelum Takbiratul Ikhram. Bacaan niat berdoa memohon taubat bisa diucapkan dengan lembut atau lembut. Bacalah bacaan untuk tujuan doa di bawah ini.

Niat-Sholat-Taubat

“Ushollii sunnatat taubati rok’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya:
“Aku berniat melakukan sholat sunnah taubat dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

Kumpulan Doa Taubat Nasuha

Adapun berbagai jenis doa taubat nasuha, diantaranya akan dijelaskan sebagai berikut:

1. Doa Taubat Nabi Adam AS

Nabi Adam yakni dahulu pernah memanjatkan doa pertobatan saat melakukan dosa di surga. Berdasarkan Al-Quran Surah Taha ayat 20, Nabi Adam dan istrinya menghampiri sebuah pohon yang dilarang oleh Allah SWT karena bisikan setan.

Beliau juga menyesali perbuatannya dan mengucapkan doa taubat sesuai dengan Alquran Surah Al A’raf ayat 23

Doa-Taubat-Nabi-Adam-AS

Qala Rabbana ẓalama anfusana il wa wa lam tagfir Lana tar-Kamna lanakụnanna Minal-khāsirīn

Artinya:
Keduanya berkata, “Ya Tuhan kami, kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika Engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang rugi.”

2. Doa Taubat Nabi Yunus AS

Nabi Yunus AS, yang dipilih dari karya “Doa Ajaran Ilahi” oleh Anis Masykhur dan Jejen Musfah, pernah mengucapkan doa tobat ketika berbicara tentang penindasan terhadap dirinya sendiri.

Dalam hal ini, orang tua Yunus marah dengan keadaan dan keputusasaan karena itu tentang mengajar. Itu menjadi murah hati kepada Allah dengan membaca doa dalam Alquran Surah 87

Doa-Taubat-Nabi-Yunus-AS

wa żan-nụni iż żahaba mugāḍiban fa ẓanna al lan naqdira ‘alaihi fa nādā fiẓ-ẓulumāti al lā ilāha illā anta sub-ḥānaka innī kuntu minaẓ-ẓālimīn

Artinya:
“Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika dia pergi dalam keadaan marah, lalu dia menyangka bahwa Kami tidak akan menyulitkannya, maka dia berdoa dalam keadaan yang sangat gelap, “Tidak ada tuhan selain Engkau, Mahasuci Engkau. Sungguh, aku termasuk orang-orang yang zalim.”

3. Doa Taubat yang di Ajarkan Rasulullah SAW

Dalam hadist Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad (SAS) pernah meriwayatkan doa yang dimohonkan oleh kekuasaan Allah SWT. Dari Abu Bakar Ash Shiddiq dia berkata kepada Nabi Muhammad SAW

“Ajari aku sebuah doa yang mengingatkanmu pada doa itu. Jadi, kata Nabi Muhammad, yakni membaca ‘Allahumma innii zholamtu nafsii zhulman katsiiran wa laa yaghfirudz dzunuuba ilaa anta faghfirlii maghfiratan min’ indika warhamnii ‘innaka antal ghafuurur rahiim’ innaka antal ghafuurur rahiim ‘inn

Artinya:
“Ya Allah, sungguh aku telah menzhalimi diriku sendiri dengan kezhaliman yang banyak, sedangkan tidak ada yang dapat mengampuni dosa-dosa kecuali Engkau. Maka itu ampuni lah aku dengan suatu pengampunan dari sisi-Mu, dan rahmati lah aku. Sesungguhnya Engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Syarat Taubat

Syarat-Taubat

Proses taubat yakni harus dilakukan dengan ketulusan yang setinggi-tingginya kepada Tuhan, tidak sekedar dibicarakan. Persyaratan taubat yang harus dipenuhi merupakan proses prosedur yang dapat ditangani dengan baik. Terkait dengan Alquran Qurat At-Tahrim ayat 8:

“Wahai orang-orang yang beriman, bertobatlah kepada Allah dengan tobat yang semurni-murninya. Mudah-mudahan Tuhanmu akan menghapus kesalahan-kesalahanmu”.

Adapun berbagai jenis syarat dalam melaksanakan sholat taubat ini ialah:

a. Beragama Islam

Ini adalah versi QS yang benar. An-Nisa ayat 18,

“Dan tidak (pula diterima tobat) orang-orang yang mati sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan siksa yang pedih”.

b. Mengakui Dosa

Syarat pertobatan adalah penipuan dengan mengakui semua dosa yang dilakukan. Jika Allah (SWT) tidak melakukan apapun, Anda tidak dapat menjangkau mereka dengan pikiran yang benar.

c. Tulus Ikhlas

Jika Anda benar-benar menyesali dengan adanya suatu kesalahan yang Anda buat, maka Anda sangat berharap ridho hanyalah kepada Allah SWT.

d. Menyesali Perbuatan

Rasa pertobatan yang kuat untuk pengampunan dosa dan penerapan pengampunan akan memperkuat hati saat seseorang semakin takut akan Tuhan. Merasa bahwa ketakutan yang membuat mereka pergi bukanlah kesalahan yang sama.

e. Menyelesaikan Urusan

Syarat pembalikan yang Anda terima dari Allah SWT lanjutkan semua bisnis. Hubungan manusia yang baik dengan orang lain adalah salah satu bentuk pola.

Jika Anda belum pernah melihat sebelumnya, Anda berhutang pada diri Anda sendiri untuk mencobanya. Pahami perokok dan habluminallah tubuh Anda sendiri dengan hati-hati. Dikatakan bahwa Islam adalah satu-satunya agama di dunia tempat tinggal Allah SWT.

f. Meninggalkan Perbuatan Dosa

Kondisi tersebut harus dilanjutkan dengan menghilangkan tindakan yang sama. Jika dosa ingin melepaskan ajaran agama, maka Anda akan menjadi lebih baik hari ini daripada sebelumnya.

Jika Anda berdosa dengan melakukan hal-hal yang tidak religius, Anda akan melupakannya. Hal ini sesuai dengan yang tertulis dalam Alquran Surat Al-Imran ayat 135:

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui”.

Baca Juga :

Demikianlah pembahasan yang telah kami sampaikan secara lengkap dan jelas yakni mengenai Doa Taubat Nasuha. Semoga ulasan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

Doa Sehat Jasmani Rohani

_pur
3 min read

Doa Agar Keluarga Harmonis

_pur
3 min read